ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PADA APLIKASI CIZGI RENT A CAR MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK

Jamilah Karaman -  Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Arin Yuli Astuti* -  Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Fauzan Masykur -  Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/mtkind.v16i1.5408

Abstrak

Mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap sebuah sistem aplikasi yang merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas dari aplikasi tersebut. Aplikasi yang memiliki tingkat kepuasan yang baik mencerminkan kualitas aplikasi yang baik pula. Tingkat kepuasan merupakan gambaran tentang adanya kesamaan antara harapan dan kenyataan yang didapat oleh pengguna setelah menggunakan sebuah produk atau aplikasi. Tingkat kepuasan dapat dicari dengan menggunakan banyak metode. Namun pada penelitian ini tingkat kepuasan yang akan dianalisis menggunakan metode PIECES Framework. Metode PIECES Framework sendiri merupakan suatu  metode yang dapat digunakan sebagai acuan mencari nilai dari tingkat kepuasan dengan melibatkan penggunanya secara langsung. Ada beberapa variabel pada penilaian dengan metode ini yaitu Kinerja, Informasi dan Data, Ekonomi, Kontrol dan Keamanan, Efisiensi, dan Layanan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan responden yang merupakan user aplikasi Cizgi Rent A Car ini. Instrumen penelitian akan dilakukan dalam bentuk kuesioner yang mengulas pernyataan-pernyataan berkaitan dengan format penilaian pada metode PIECES Framework. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah berupa tingkat kepuasan pada variabel Perfomance, Information and Data, Economics, dan Efficiency berada pada level “Puas”. Sedangkan untuk variabel Kontrol, Keamanan dan Perbaikan tingkat kepuasannya berada di level “Sangat Puas”.

 

Abstract

Knowing the level of user satisfaction with an application system is one step that can be taken to determine the quality of the application. Applications that have a good level of satisfaction reflect good application quality as well. The level of satisfaction is a description of the similarity between expectations and reality obtained by users after using a product or application. The level of satisfaction can be found using many methods. However, in this study, the level of satisfaction will be analyzed using the PIECES Framework method. The PIECES Framework method itself is a method that can be used as a reference to find the value of the level of satisfaction by involving users directly. There are several variables in the assessment with this method, namely Performance, Information and Data, Economy, Control and Security, Efficiency, and Service. In this study, this type of research uses quantitative descriptive with respondents who are users of this Cizgi Rent A Car application. The research instrument will be carried out in the form of a questionnaire that reviews statements related to the assessment format in the PIECES Framework method. The results of the research carried out are in the form of satisfaction levels on the variables of Performance, Information and Data, Economics, and Efficiency which are at the level of "Satisfied". As for the variables of Control, Security and Improvement, the level of satisfaction is at the level of "Very Satisfied".

Keywords
Analisis, Pieces Framework, Tingkat kepuasan
  1. Cizgirentacar.com. 2020. You Are Being Redirected.... [online] Available at: [Accessed 2 October 2020].
  2. J. Karaman, “Analisis Usability Aplikasi Cizgi Rent A Car Berbasis Mobile Menggunakan Metode WEBUSE,” J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 3, no. No.2, pp. 93–100, 2020.
  3. I. Labolo, R. P. Al Hamid, and A. R. Ismail, “Mobile System Menggunakan Metode Pieces,” Semin. Nas. Konf. Ilmiah, Sist. Informasi, Inform. Komun., pp. 181–185, 2021, [Online]. Available: https://publikasi.uyelindo.ac.id/index.php/semmau/issue/view/64.
  4. P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D. Lantara, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, Sep. 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.
  5. A. Supriyatna and V. Maria, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 88, 2018, doi: 10.23917/khif.v3i2.5264.
  6. S. Ramadhani and W. A. Kusuma, “PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi,” 2018.
  7. Sahrul, S. Aji, and A. Hidayatullah, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayan Aplikasi Gojek Dengan Metode PIECES Framework,” J. Sist. Inf., vol. 2, no. No.2, pp. 1–7, 2019, [Online]. Available: http://ojs.stmik-borneo.ac.id/index.php/J-SIm/article/view/46.
  8. V. K. Gow, S. Kosasi, T. Wijaya, and R. Laipaka, “PENERAPAN TEKNOLOGI RESTFUL WEB SERVICE APLIKASI MOBILE JASA MAKE UP IMPLEMENTATION OF RESTFUL WEB SERVICE TECHNOLOGY MAKE UP SERVICE,” Inf. Syst. J., vol. 6, no. No. 2, pp. 127–140, 2022, [Online]. Available: https://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/INFOSYS/article/download/1532/1910.
  9. M. Rahmawati and Y. Yaumaidzinnaimah, “Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Java Desktop,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 6, no. 1, p. 51, 2021, doi: 10.35314/isi.v6i1.1856.
  10. H. A. Mumtahana and S. Riyanto, “Evaluasi Kebergunaan Sistem Informasi Kepegawaian Universitas PGRI Madiun Dengan Pieces Framework Dan Usability Testing,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2019, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/869/836.
  11. A. Supriyatna, “Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework,” Pilar Nusa Mandiri, vol. XI, no. 1, pp. 43–52, 2015. [12] N. Junaedi, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Merdeka Madiun Menggunakan Framework Pieces,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 2, p. 59, 2018, doi: 10.25273/research.v1i02.3364.
  12. N. Junaedi, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Merdeka Madiun Menggunakan Framework Pieces,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 2, p. 59, 2018, doi: 10.25273/research.v1i02.3364.
  13. D. Putri Sekti Ari and L. Hanum, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Djp Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Modifikasi E Govqual,” Profit J. Adm. Bisnis, vol. 15, no. 01, pp. 104–111, 2021, doi: 10.21776/ub.profit.2021.015.01.11.
  14. A. Zaky, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Mutu,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 536–541, 2018, doi: https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.397.
  15. W. Widiati, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan PIECES Framework (Studi Kasus : STMIK Nusa Mandiri kampus Depok),” J. Komput. dan Inform., vol. 18, no. 2, pp. 81–88, 2018.
  16. M. F. Syafii, I. Fitri, and R. Nuraini, “Analisa Efektifitas Kepusaan Penggunaan Aplikasi LARASKA ANRI Menggunakan Sistem Pengembangan Waterfall dan PIECES Framework,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 6, no. 2, pp. 174–184, 2022, doi: 10.35870/jtik.v6i2.406.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-06-24
Published: 2022-08-02
Section: Artikel
Article Statistics: