PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA FLIPPED LEARNING CLASSROOM PADA MATEMATIKA BILANGAN BULAT DI MTS BERBASIS MICROSOF 365

Nurmawati Nurmawati* -  Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
Marianus Subandowo -  Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
Atiqoh Atiqoh -  Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/muaddib.v1i1.4527

Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk Model Blended Learning dengan Media Flipped Learning Classroom di MTS Berbasis Microsoft 365 dengan menggunakan model pengembangan ADDIE untuk mata pelajaran pada Matematika Bilangan Bulat. Penggunaan Model Blended Learning dengan Media Flipped Learning Classroom ini efektif   dapat   meningkatkan   interaksi belajar aktif. Dalam memanfaatkan Model Blended Learning dengan Media Flipped Learning Classroom siswa SMP untuk mata pelajaran Matematika Bilangan Bulat ini, disarankan untuk: secara konsisten dan kontinu mempelajarinya dan mengikuti instruksi yang diberikan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Produk Model Blended Learning dengan Media Flipped Learning Classroom ini memiliki tingkat kelayakan materi 97,5%, kelayakan desain pembelajaran 96,25%, dan kelayakan media pembelajaran 95%. Sedangkan tingkat kelayakannya berdasarkan uji coba perorangan adalah 99,16 %, berdasarkan uji coba kelompok kecil adalah 96,67% dan berdasarkan uji coba lapangan 94,71% dengan kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi. 

Keywords
Blended Learning, Flipped Learning Classroom, Microsof 365
  1. Abidin, Z. (2012). Pentingnya Pemahaman Konseptual Dan Prosedural Dalam Pembelajaran Matematika. Matematika Unisma.
  2. Adri, M., Ganefri, Sri Wahyuni, T., Zakir, S., & Jama, J. (2020). Using Addie Instructional Model To Design Blended Project-Based Learning Based On Production Approach. International Journal Of Advanced Science And Technology, 29(06).
  3. Baidowi, B., Sarjana, K., Novitasari, D., & Kurniawan, E. (2021). Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Dengan Lesson Study Melalui Blended Learning. Jurnal Pijar Mipa, 16(3). Https://Doi.Org/10.29303/Jpm.V16i3.2267
  4. Hapsari, M. J. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny.
  5. Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1). Https://Doi.Org/10.31942/Mgs.V10i1.2714
  6. Hasna, H. R., Fajriyah, K., & Saputra, H. J. (2021). The Effect Of Blended Learning Based On The Problem-Based Learning Model Assisted By Puzzle Media On The Critical Thinking Skills Of Fifth Grade Students On Ecosystem Themes. Journal Of Education Technology, 5(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V5i1.29770
  7. Herliana, F., Astra, I. M., Supriyati, Y., Mazlina, H., & Musdar. (2020). The Differences In Physics Learning Outcomes Based On Gender After Using Blended Problem-Based Learning Model. Journal Of Physics: Conference Series, 1460(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1460/1/012125
  8. Irawan, V. T., Sutadji, E., & Widiyanti. (2017). Blended Learning Based On Schoology: Effort Of Improvement Learning Outcome And Practicum Chance In Vocational High School. Cogent Education. Https://Doi.Org/10.1080/2331186x.2017.1282031
  9. Kurniawan, R., Kurniasari, F., & Rakhmawati, R. (2021). Pengembangan Animasi Virtual Karakter Anak Dengan Autisme Dengan Model Addie. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 10(1). Https://Doi.Org/10.22146/Jnteti.V10i1.894
  10. Mulyadi, M., Sutrisno, S., Paeno, P., Harjianto, P., & Winata, H. (2020). Penyuluhan Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Pengembangan Karang Taruna Mekarsari Rumpin Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. Https://Doi.Org/10.32493/J.Pdl.V2i2.3984
  11. Mulyati, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Kecepatan Penerapan Model Realistik Mathematics Education ( Rme ) Siswa Kelas V Upt. Sd Negeri 09 Baringin. Ensiklopedia Education Review, 3(1). Https://Doi.Org/10.33559/Eer.V3i1.700
  12. Novalić, F., Azizović, E., Selimović, F., & Saračević, M. (2021). The Importance Of Implementing A Multimedia Application Created According To The Addie Instructional Design Model In Writing And Reading The Letters Of The Alphabet. Croatian Journal Of Education, 23(1). Https://Doi.Org/10.15516/Cje.V23i1.3888
  13. Nur Miyanti, I. (2021). Blended Learning Menggunakan Whatsapp Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 8, Issue 1).
  14. Putra, O. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematikamenggunakan Powerpoint Denganperpaduanmind Mappada Siswa Kelas X Mipa Smanegeri 7 Padang. Jangka Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1).
  15. Rasmitadila, Widyasari, Humaira, M. A., Tambunan, A. R. S., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using Blended Learning Approach (Bla) In Inclusive Education Course: A Study Investigating Teacher Students’ Perception. International Journal Of Emerging Technologies In Learning. Https://Doi.Org/10.3991/Ijet.V15i02.9285
  16. Sidik;, & Annisa, N. (2017). Animasi Interaktif Pengetahuan Dasar Bahasa Dan Matematika Berbasis Multimedia. None.
  17. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (25th Ed.). Alfabeta.
  18. Sulistianingsih, E., & Mukminan, M. (2019). The Development Of Web-Based Learning Multimedia For High School Students’ Lithosphere Material. Geosfera Indonesia, 4(1). Https://Doi.Org/10.19184/Geosi.V4i1.9882

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-12-20
Published: 2022-06-10
Section: Artikel
Article Statistics: