IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN KEAGAMAAN ANAK USIA DINI (STUDI ATAS DAMPAK PENERAPAN SOCIAL DISTANCING DI TK ISLAM SE KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

Titien Andryani S* -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Imam Mawardi -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Imron Imron -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI : 10.24269/muaddib.v1i2.4363

This study aims to describe the implementation of online distance learning in Islamic kindergartens in Gunungkidul Regency. With research at TK IT Tunas Mulia, TK II Waladun Sholihun, TK ABA Al Mujahidin. The type of research used is descriptive qualitative with a case study approach. The results showed that the online implementation used various applications, namely google meet, zoometing, whatshap video call. The learning of religious habituation carried out is reading the Qur'an or Iqro, depositing the memorization of juz ama and daily prayers. Making daily worship journals at home. The quality of online learning is determined by the participation of parents, the quality of the material provided by the school, and the preparation of the curriculum. Constraints faced by the internet network that has not been evenly distributed and the limitations of Android ownership
Keywords
Online Learning, Religious Habituation, Learning Quality
  1. Abdul Majid. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  2. Astono, Dkk 2020. Keberadaan Dimasa pandemic Covid 19, Yogyakarta: Deeplublish
  3. Anshori Isa. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Mts Al-Asyhar Bungah Gresik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Doi: 10.30868/im.v3i02.803
  4. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.
  5. -------------------------. 2015 . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta
  6. Ayuningtyas Novita. (2019). 10 Jenis Komunikasi Daring, Jarang yang Tahu Ini Penjelasan Macamnya. Diakses dari https://m.liputan6.com/tekno/read/3910588/10-jeniis-komunikasi-daring-jarang-yang-tahu-ini-penjelasan-macamnya pada tanggal 10 Januari 2021, pukul 11.55 WIB
  7. Bilfaqih Y & Qomarudin Nur M. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish.
  8. Dadan Suryana,2016 Pendidikan Anak Usia Dini”Stimulasi Dan Perkembangan Anak”, Jakarta: Kencana
  9. Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  10. Depdiknas. 2007. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
  11. Eti Hadiati,2019. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. JurnalIlmiah Pendidikan Anak Uisa Dini, Vol. 2 No. 1(2019
  12. Firti . Mardi, 2020 Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Child Education: UIN SUKA
  13. Guba, Egon G. Yvonna S. Lincoln. 1981. Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publisers
  14. Husaini Usman. 2006 ,Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
  15. Jasuri, 2015 Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Madaniyah Edisi VIII, Januari 2015
  16. Ihsana. 2015. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan. Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: UHAMKA Press
  17. Kuntarto. Eko, 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jurnal Syekh Nurjari, Vol 3 no 1
  18. Lilis Madyawati,2016 Strategi Pengembangan Bahasa,Jakarta: Kencana
  19. M.a, A., Arifin, S., & Fajri, M. D. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI KULIAH KEMUHAMMADIYAHAN BERBASIS PEMBERDAYAAN KELUARGA DHUAFA. Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman, 1(1), 20–39. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.4365
  20. M. Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online.Bandung: Nuansa Cendekia.
  21. Mansur. Rakhim. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia, Jurnal Education and Learning Journal : Vol. 1, No. 2, Juli 2020, pp. 113-123
  22. Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication
  23. Moleong, Lexy J.. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  24. ------------------------, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  25. Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
  26. Mulyadi, D. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfbeta
  27. Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung Rosda. Cetakan kesembilan.
  28. _______,2004 Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,
  29. Moh. Yamin,2009 Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan, Yogyakarta: Diva Press,
  30. Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. 2007 The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning, Vol.5(3).1.
  31. Rachman. Fauzi 2012 . Islamic Parenting. Jakarta: Erlangga
  32. Saefuddin, Aziz,Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif.Bandung: Remaja Rosdakarya.
  33. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.
  34. Strauss, Anselm dan Yuliet Corbin. 2007. Qualitative Research Basics ( Diterjemahkan) . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  35. Stufelbeem, Daniel L. 1982. “Planning Evaluation Studies”, dalam Isacc, Stephen & Michael, William B. Hanbook in Research and Evaluation for Education and Behavioral Sciences. San Diego, California: Edits Publishers.
  36. Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2020). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19 Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508–520.
  37. Taufiq 2013.Sistem Informasi Manajemen Konsep Dasar, Analisis dan. Metode Pengembangan. Graha Ilmu: Yogyakarta
  38. Widodo. Hendro. 2020. Manajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah dan Pesantren. Bandung : Remaja rosdakarya
  39. Wiswanti. Cica. 2020. Integrasi Nilai Keislaman Dalam Proses Pembelajaran Di Era Mooc (E-Learning) Melalui Strategi Pre-Post Rules. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM Volume 11, Nomor 1, Mei 2020
  40. Yin, Robert K. 2000. Case Study Research: Design and Methods (Edisi Terjemahan M. Djauzi Mudzakir). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-11-20
Published: 2021-11-20
Section: Artikel
Article Statistics: