MEDIA DAN PILKADA (Analisa Framing Pemberitaan Pemilihan Bupati Kabupaten Ponorogo Tahun 2015 Pada Media Mataraman Edisi 02 – 08 April 2015)

Penulis

  • Ayub Dwi Anggoro Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.24269/ars.v3i2.4

Abstrak

Media dan Pilkada (Analisa Framing Pemberitaan Pemilihan Bupati Kabupaten Ponorogo Tahun 2015 Pada Media Mataraman Edisi 02 – 08 April 2015) Media Mataraman merupakan media lokal yang ada  di   kabupaten Ponorogo.   Dalam  edisi  02-08  April   2015  dari  media tersebut  mengangkat tema  jelang  politik  pilkada  kabupaten  ponorogo  yang mengangkat   dua  calon bupati  kabupaten  Ponorogo. Media Mataraman mengangkat sosok Sugiri Sancoko. Permasalahan  yang  ingin  diungkapkan  dalam  penelitian  ini  adalah bagai mana  wartawan  media  Mataraman  membingkai  berita tersebut.   Dan pesan apa yang ingin disampaikan kepada masyarakat akan berita tersebut.Dengan menggunakan teori analisa framing model pan dan kosicki dengan   itu dapat  dilihat  secara  mendetail  unsur  sintaksis  berita,  unsur  Skrip berita, unsur  Tematik  berita  serta unsur Retoris  berita.  Sehingga  diperoleh  hasil dari anal aisa yang mendalam dari anali sa framing berita.  Metodologi  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pendekatan kualitatif karena lebih banyak melakukan pemaknaan isi berita. Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan dengan wawancara dengan informan,  kemudian data-data tersebut dianalisa dengan menggunakan model analisa pandan kosicki .  Dari  penelitian ini  dapat   memberi kan  kesimpulan  bahwa  dengan melakukan  penelitian  yang  di  lakukan  di  Media Mataraman  bagaimana  seorang  wartawan  dalam membingkai  pesan  yang  di salurkan  dalam  sebuah  teks  berita.  Dari  analisa framing  ini  dapat   dilihat  cara setiap wartawan dalam penulisan berita membangun sudut  pandang.  

Referensi

Elvinaro et al. 2004.”Komunikasi Massa Suatu Pengantar”. Bandung: simbiosa Rekatama media.

Eriyanto.2002.”Analisa Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media”. Yogyakarta: LKIS Printing Center.

http://www.ponorogo.go.id diakses pada senin 29 April 2015 pukul 19.38 WIB.

J Moleong, Lexy.2002.”Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kuntjojo,2009.”Metode Penelitian”. Kediri: diktat diakses pada senin 13 april 2015,

55 WIB.

M. Aziz, Noor.2011.” Pengkajian Hukum Tentang Pemilihan Kepala Daerah”. Jakarta: Badan

Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

MCQuail, Denis.2011.”Teori Komunikasi Massa”. Jakarta:Salemba Humanika.

N Djuraid.2006.”Panduan Menulis Berita”. Malang: UMM Press.

Ruslan, Rosady. 2007.”Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi”. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Sutopo, H.B.2002. ”Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan terapannya dalam

penelitian”. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2016-02-18

Terbitan

Bagian

Artikel