Strategi Peningkatan UMKM Melalui Branding dan Pemasaran Online
Abstrak
Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat disebabkan oleh branding dan pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang.Branding yang kuat dan pemasaran online yang tepat dapat membantu terhadap merek dan jangkauan pasar yang luas Namun masih terdapat pemilik UMKM yang belum mengenal pentingnya merek usaha dan pemanfaatan teknologi dalam dunia dagang. Sehingga hal ini menyebabkan sulitnya pengenalan identitas usaha kepada orang banyak sehingga kehilamgan kesempatan dalam pemanfaatan fitur iklan dan promosi yang dapat membantu dalam penjualan secara online. Kegiatan ini sebagai bentuk untuk mengetahui sejauh mana pemahaman UMKM terhadap konsep branding sebagai indentitas usaha dan mengetahui bagaimana strategi pemasaran online pada peningkatan UMKM Desa Sindangkasih Kabupaten Cirebon. Metode dalam penulisanartikel ini menggunakan pelatihan kepada masyarakat yang memiliki usaha mikro kecil menengah dengan bentuk pelaksanaan workshop, pemilihan responden melalui teknik purposive sampling, yaitu memilih peserta yang paling sesuai dengan tujuan pelaksanaan berdasarkan kriteria tertentu. Responden yang dipilih adalah pelaku UMKM di Desa Sindangkasih yang memiliki usaha aktif serta menunjukkan minat dan motivasi tinggi dalam meningkatkan keterampilan branding dan pemasaran online. Hasil
pelaksanaan workshop ini berhasil memperkenalkan branding kepada pelaku UMKM dengan membantu pembuatan merek dari gabungan komponen logo, symbol, nama, garis sebagai perancangan merek branding usaha mereka, juga membantu memperkenalkan marketplace dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, memberikan penjelasan fitur promosi, iklan hal ini dapat menarik perhatian konsumen terhadap produk yang dijual. Hingga mendaftarkan usaha mereka ke E-commerce yaitu sebagai bentuk untuk memperluas jangkauan usaha dagang yang dapat memberikan banyak keuntungan. Pengabdian ini memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kapasitas UMKM dalam menghadapi tantangan di era digital.
Referensi
[1] S. A. Muhammad, A. Winarno, and A.
Hermawan, “Strategi Branding Dalam
Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha
Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green
Bean Kopi,†J. Graha Pengabdi., vol. 3, no. 4, p.
369, 2021, doi: 10.17977/um078v3i42021p369-
376.
[2] A. Supandi and R. S. Johan, “Pengaruh Strategi
Pemasaran Online Terhadap Pendapatan Pelaku
Umkm Di Kecamatan Cilandak,†JABE (Journal
Appl. Bus. Econ., vol. 9, no. 1, p. 15, 2022, doi:
10.30998/jabe.v9i1.13701.
[3] T. Yuniarti, F. Faujiyah, M. A. Rizal, and F. C.
D. Bani, “Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya
Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro
Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta
Selatan,†J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji.
Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2,
pp. 121–126, 2022, doi:
10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202.
Hermawan, “Strategi Branding Dalam
Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha
Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green
Bean Kopi,†J. Graha Pengabdi., vol. 3, no. 4, p.
369, 2021, doi: 10.17977/um078v3i42021p369-
376.
[2] A. Supandi and R. S. Johan, “Pengaruh Strategi
Pemasaran Online Terhadap Pendapatan Pelaku
Umkm Di Kecamatan Cilandak,†JABE (Journal
Appl. Bus. Econ., vol. 9, no. 1, p. 15, 2022, doi:
10.30998/jabe.v9i1.13701.
[3] T. Yuniarti, F. Faujiyah, M. A. Rizal, and F. C.
D. Bani, “Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya
Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro
Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta
Selatan,†J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji.
Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2,
pp. 121–126, 2022, doi:
10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202.
Diterbitkan
2025-09-10
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License