Strategi Peningkatan UMKM Melalui Branding dan Pemasaran Online

Penulis

  • Kelompok 8 KKN Desa Sindangkasih Universitas Swadaya Gunung Jati

Abstrak

Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat disebabkan oleh branding dan pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang.Branding yang kuat dan pemasaran online yang tepat dapat membantu terhadap merek dan jangkauan pasar yang luas Namun masih terdapat pemilik UMKM yang belum mengenal pentingnya merek usaha dan pemanfaatan teknologi dalam dunia dagang. Sehingga hal ini menyebabkan sulitnya pengenalan identitas usaha kepada orang banyak sehingga kehilamgan kesempatan dalam pemanfaatan fitur iklan dan promosi yang dapat membantu dalam penjualan secara online. Kegiatan ini sebagai bentuk untuk mengetahui sejauh mana pemahaman UMKM terhadap konsep branding sebagai indentitas usaha dan mengetahui bagaimana strategi pemasaran online pada peningkatan UMKM Desa Sindangkasih Kabupaten Cirebon. Metode dalam penulisanartikel ini menggunakan pelatihan kepada masyarakat yang memiliki usaha mikro kecil menengah dengan bentuk pelaksanaan workshop, pemilihan responden melalui teknik purposive sampling, yaitu memilih peserta yang paling sesuai dengan tujuan pelaksanaan berdasarkan kriteria tertentu. Responden yang dipilih adalah pelaku UMKM di Desa Sindangkasih yang memiliki usaha aktif serta menunjukkan minat dan motivasi tinggi dalam meningkatkan keterampilan branding dan pemasaran online. Hasil
pelaksanaan workshop ini berhasil memperkenalkan branding kepada pelaku UMKM dengan membantu pembuatan merek dari gabungan komponen logo, symbol, nama, garis sebagai perancangan merek branding usaha mereka, juga membantu memperkenalkan marketplace dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, memberikan penjelasan fitur promosi, iklan hal ini dapat menarik perhatian konsumen terhadap produk yang dijual. Hingga mendaftarkan usaha mereka ke E-commerce yaitu sebagai bentuk untuk memperluas jangkauan usaha dagang yang dapat memberikan banyak keuntungan. Pengabdian ini memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kapasitas UMKM dalam menghadapi tantangan di era digital.

Biografi Penulis

Kelompok 8 KKN Desa Sindangkasih, Universitas Swadaya Gunung Jati

Era teknologi semakin pesat sehingga tidak mungkin dihindari oleh manusia karena manusia akan dipaksa untuk berkembang, di era ini teknologi juga dapat memudahkan kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang, terutama pada sektor perdagangan. Dalam strategi pemasaran suatu produk branding menjadi sebuah elemen yang penting untuk mengidentifikasi sebuah produk untuk membedakan dengan produk lain. Menurut Hamid Branding salah satu elemen penting yang harus dipertimbangkan ketika merencanakan strategi pemasaran suatu produk. Branding termasuk ke dalam jenis-jenis strategi pemasaran yang merupakan keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen.[1] Hambatan serta tantangan yang dimiliki oleh pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan usaha nya sangat beragam meliputi beberapa aspek, dimana aspek satu dengan aspek lainnya saling berkaitan. Disisi lain, kurangnya kemampuan branding dalam memperkenalkan produk kepada pembeli. Selain itu, para pelaku usaha belum memiliki pemahaman terkait manfaat dari branding, kurangnya pengetahuan tentang branding, belum memiliki jiwa wirausaha serta belum menerapkan pelatihan atau pendampingan mengenai teknis strategi branding bagi para pelaku UMKM.[2]
 Dalam era digital, konsumen cenderung mencari suatu produk melalui internet, karena dianggap lebih mudah dan efisien tenaga, selain itu juga terkadang memiliki harga yang cukup miring dibandingkan membeli secara offline.  Biaya pemasaran juga lebih terjangkau dan mudah di akses. Beberapa tantangan pelaku UMKM yang harus dilalui di era modern ini adalah kesulitan dalam mengelola usaha mikronya. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dilakukan pengabdian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman UMKM terhadap konsep branding sebagai indentitas usaha dan mengetahui bagaimana strategi pemasaran online serta dapat meningkatkan kemampuan digitalisasi pada para pelaku UMKM di Desa Sindangkasih. Langkah-Langkah yang diterapkan dalam strategi peningkatan UMKM adalah dengan diadakannya pelatihan dikarenakan banyak UMKM yang belum mengetahui pentingnya pemasaran online dan branding digital. Oleh karena itu, kami juga memberikan pelatihan tentang penggunaan marketplace, seperti Shopee dan Tokopedia.

Referensi

[1] S. A. Muhammad, A. Winarno, and A.
Hermawan, “Strategi Branding Dalam
Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha
Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green
Bean Kopi,” J. Graha Pengabdi., vol. 3, no. 4, p.
369, 2021, doi: 10.17977/um078v3i42021p369-
376.
[2] A. Supandi and R. S. Johan, “Pengaruh Strategi
Pemasaran Online Terhadap Pendapatan Pelaku
Umkm Di Kecamatan Cilandak,” JABE (Journal
Appl. Bus. Econ., vol. 9, no. 1, p. 15, 2022, doi:
10.30998/jabe.v9i1.13701.
[3] T. Yuniarti, F. Faujiyah, M. A. Rizal, and F. C.
D. Bani, “Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya
Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro
Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta
Selatan,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji.
Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2,
pp. 121–126, 2022, doi:
10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202.

Diterbitkan

2025-09-10

Terbitan

Bagian

Articles