SOSIALISASI PANDUAN PRAKTIS MENGHINDARI HOAX PEMILU MELALUI KETERAMPILAN BERSOSIAL MEDIA DI DESA KESIMAN PETILAN
Abstract
Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, peran media sosial dalam menyebarkan informasi menjadi semakin signifikan terutama dalam konteks politik dan Pemilu. Desa Kesiman, Petilan sebagai bagian dari masyarakat yang terhubung secara digital merasa perlu untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya dan dampak negatif dari penyebaran berita palsu atau hoax terutama terkait dengan proses Pemilu. Salah satu kegiatan ini yaitu sosialisasi yang melibatkan masyarakat, tokoh desa serta pemuda desa sebagai target utama. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan bersosial media, kritis dalam mengonsumsi informasi, dan kemampuan membedakan antara berita yang sah dan hoax. Hasil pendekatan menunjukkan bahwa sosialisasi panduan praktis tersebut berhasil meningkatkan pemahaman masyarakat Desa Kesiman Petilan tentang potensi bahaya hoax Pemilu. Selain itu, partisipasi aktif dalam kegiatan sosialisasi ini juga menghasilkan peningkatan keterampilan bersosial media, memperkuat literasi digital, dan membentuk sikap kritis terhadap informasi yang diterima. Diharapkan bahwa upaya ini dapat berkontribusi positif dalam menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan cerdas, khususnya dalam menghadapi konteks Pemilu di masa depan.
References
Dedikasi Madani, J., Aman, yang, dan Bermartabat, D., Dengan Hati, B., Dengan Benci, B., Muslim, A., & Hakim, L. (2023). Sosialisasi stop hoax dalam mewujudkan pemilu 2024. Jurnal Dedikasi Mandalika Bulan Juli, 2(1), 60–65.
Dewi, N. K. T., Mandira, I. M. C., Kusuma, P. S. A. J., & Wijaya, G. C. (2023). Pembuatan Design Logo Dalam Penunjangan Umkm “Entil†Makanan Khas Desa Penatahan. Abdimas Galuh, 5(1), 617. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9973
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408
Gustrinanda, R., & Tanjung, T. (2023). Pengaruh Berita Hoax Terhadap Kepercayaan Masyarakat Dalam Pemilu di Indonesia. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 158–163.
Hamson, Z. (2021). Politik Uang di Pemilu Indonesia: Sebuah Tinjauan. Journal of Communication Sciences (JCoS), 4(1), 36–44. https://doi.org/10.55638/jcos.v4i1.667
Hayati, K. (2023). Sosialisasi Pencegahan Hoaks Menjelang Pemilu 2024. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 3(1), 21–27.
Iswardhana, M. R., Zakinah, M., Maharani, G. A., Tayan, W. G., & Nuraini, A. (2023). Kampanye Gunakan Hak Suara dan Jangan Golput pada Pemilu 2024 Untuk Generasi Muda. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 117–122. https://doi.org/10.54259/pakmas.v3i1.2014
Kelibay, I., Kamaluddin, K., Nurjannah, S., Kadir, M. A. A., Rusdi, R., Refra, M. S., Rosnani, R., Kalagison, M. D., Rumakat, L. Q. M., & Boinauw, I. (2023). Sosialisasi Politik Sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 442–449. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.155
Noorikhsan, F. F., Ramdhani, H., Sirait, B. C., & Khoerunisa, N. (2023). Dinamika Internet, Media Sosial, dan Politik di Era Kontemporer: Tinjauan Relasi Negara-Masyarakat. Journal of Political Issues, 5(1), 95–109. https://doi.org/10.33019/jpi.v5i1.131
Rangki, L., Alifariki, L. O., & Dalla, F. (2020). Upaya pencegahan dan penanggulangan transmisi covid 19 melalui program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 266–274.
Risvantry, U., & Erdansyah, F. (2020). Analisis Desain Brosur Pendidikan pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al – Munadi Medan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 153–160. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.242
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428
Setiawan, E., & Susanty, M. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Sosial yang Baik dan Benar. TERANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, 5(1), 38–45.
Suwarni, E., Rosmalasar, T. D., Fitri, A., & Rossi, F. (2021). Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 157–163. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.28
Yusrin, Y., & Salpina, S. (2023). Partisipasi Generasi Millenial dalam Mengawasi Tahapan Pemilu 2024. Journal on Education, 5(3), 9646–9653. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1842
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License