PEMBUATAN VIDEO IKLAN PRODUK SAMBAL RACHIKAN IBOE SEBAGAI MEDIA PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA

Authors

  • eka dwi nurcahya Akademi Komunitas Negeri Pacitan

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memerlukan iklan video untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing di era digital. Video mampu menarik perhatian lebih baik dibanding teks atau gambar, menyampaikan pesan secara efektif, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Dengan biaya yang relatif terjangkau, video marketing membantu UMKM membangun brand awareness, menjangkau audiens lebih luas, serta meningkatkan kepercayaan dan konversi penjualan secara signifikan. Sambal Rachikan Iboe salah satu UMKM di Kabupaten Pacitan yang masih bertahan pasca wabah Covid 19 mereda. Salah satu produk andalannya adalah aneka olahan sambal siap saji. Guna meningkatkan Kembali omset penjualan maka sejak wabah covid 19 merebak penjualan beralih menggunakan social media. Dengan memperkuat konten video iklan diharapkan dapat meningkatkan engagement social media Sambal Rachikan Iboe yang berujung semakin dikenal dan meningkatkan penjualan. Pembuatan Iklan Video ini dilaksanakan dengan tahapan wawancara dengan pemilik usaha dilanjutkan dengan riset produk untuk disesuaikan dengan Teknik pengambilan gambar dan produksi video. Hasil dari video telah sesuai dengan keinginan dari UMKM Sambal Rachikan Iboe dan digunakan untuk beriklan di sosial media

Author Biography

eka dwi nurcahya, Akademi Komunitas Negeri Pacitan

Prodi Tata Laksana Studio Produksi

References

[1] A. S. S. D. P. Febriyanti, "Peranan Media Sosial Sebagai Media," Jurnal Ilmu Pariwisata dan Bisnis, pp. 45-58, 2022.
[2] R. A. H. T. Putri, "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House di Instagram)," Common, pp. 120 - 134, 2021.
[3] G. Giantika, "Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi," E-Skripsi Universitas Semarang, Semarang, 2019.
[4] K. R. A. N. L. P. S. Richadinata, "Pengaruh Iklan Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Lingkungan Universitas Bali Internasional," E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, pp. 188-208, 2021.
[5] H. A. M. v. N. G. M. D. G. B. F. Voorveld, "Engagement with Social Media and Social Media Advertising: The Differentiating Role of Platform Type," Journal of Advertising, pp. 38-54, 2018.
[6] X. M. L. W. Y. Zhang, "Understanding the Effectiveness of Short-Video Advertising on TikTok and Douyin," . Journal of Consumer Behaviour, pp. 1321-1340, 2021.
[7] L. V. V. T. K. Y. H. S. J. Xu, "Internet Video Advertising: The Impact of Investment on Viewership and Engagement," Information Systems Research, pp. 995-1014, 2020.
[8] D. P. W. A. Sari, "Perancangan dan Pengembangan Video Review sebagai Media Iklan Digital," Jurnal Joint, Universitas Internasional Batam, 2023.
[9] R. I. A. Kurniawan, "Strategi Pemasaran Melalui Pemasangan Iklan di Media Sosial (Studi Kasus Instagram)," Jurnal Komunikasi, Universitas Garut, 2022.
[10] D. L. F. Sahputra, "erancangan dan Pembuatan Iklan Video sebagai edia Promosi pada Qorigins Betta," Jurnal Manajemen Pemasaran, Politeknik Ganesha, 2023.
[11] P. R. Z. Z. Smith, Marketing Communications: Integrating Offline and Online with Social Media, Kogan Page Publishers., 2020.
[12] S. C. M. Herskovitz, "The essential brand persona: storytelling and branding.," Journal of Business Strategy, vol. 31, no. 3, pp. 21-28, 2010.
[13] M. D.-R. S. K. M. Z. D. Pashkevich, "Empowering online advertisements by empowering viewers with the right to choose: The relative effectiveness of skippable video advertisements on YouTube," Journal of Advertising Research, pp. 451-457, 2012.
[14] A. M. H. M. Kaplan, "Siri, Alexa, and Other Digital Assistants: The Future of Customer Interaction," ournal of Business Research, pp. 60-67, 2019.

Published

2025-09-10

Issue

Section

Articles