PENERAPAN PLATFORM DIGITAL MARKETING SHOPEE BAGI UMKM KOTA SURABAYA

Wahidahwati Wahidahwati -  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia
Rika Rahayu* -  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
Mar’atus Zahro -  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia
Dewi Maryam -  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia
Ardilla Ayu Kirana -  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v7i2.6684

New Normal saat ini memaksa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menjual dan memasarkan produknya secara online agar bisa tetap bertahan. Ada banyak UMKM di Kecamatan Asemrowo dengan berbagai produk UMKM, namun pada saat pandemi Covid-19 mengalami penurunan penjualan bahkan mati. Untuk itu tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan UMKM di Kecamatan Asemrowo melalui strategi digital marketing dengan platform shopee. Keuntungan dari strategi digital marketing, mulai dari meningkatkan brand awareness hingga kenaikan omset penjualan secara online. Mitra usaha yakni para pelaku UMKM yang terdiri dari pengusaha makanan yang terus berinovasi dalam memasarkan produk secara digital (Shopee). Kegiatan implementasi digital marketing dilakukan melalui tahapan survei mitra, pelatihan dan pendampingan, pembuatan media sosial bagi UMKM Kecamatan Asemrowo, dan evaluasi atas implementasi virtual marketing untuk memperluas cakupan penjualan dan keberlangsungan usaha di tengah tantangan persaingan dan lesunya perekonomian saat ini.

Keywords
SME’s in Asemrowo; Brand Awareness; Digital marketing; Shopee
  1. A. Halim, "PENGARUH PERTUMBUHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN MAMUJU," GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, vol. volume 1, no. 2, pp. 157 - 172, 2020.
  2. Pemerintah Kota Surabaya, 2022. [Online]. Available: https://www.surabaya.go.id/id/berita/65672/dari-program-umkm-hingga-padat.
  3. Sanjaya, R. Josua Tarigan, Creative Digital Marketing Teknologi berbiaya Murah, Inovatif dan Berdaya hasil gemilang., Jakarta: PT. Alex Media Komputindo, 2009.
  4. Badan Pusat Statistik, "Kecamatan Asemrowo dalam Angka 2022," 2022. [Online]. Available: https://surabayakota.bps.go.id/publication/2022/09/26/40257d22ec9f04cdd0e64f66/kecamatan-asemrowo-dalam-angka-2022.html.
  5. Apriadi, Deni dan Saputra, A. Y., "E-Commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian," Jurnal RESTI, vol. 1, no. 2, 2017.
  6. Wahyuni, Nuraida and Gunawan, Akbar and others, "Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon," Jurnal Pengabdian Dinamika, vol. 5, no. 1, 2018.
  7. Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., dan , "Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM," Journal IMPACT: Implementation and Action, vol. 2, no. 2, pp. 119-130, 2020.
  8. Chaffey, Dave and Ellis-Chadwick, Fiona and Mayer, Internet marketing: strategy, implementation and practice, Pearson Education, 2015.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-02-02
Published: 2023-09-26
Section: Articles
Article Statistics: