PEMBERDAYAAN SISWA BERKEBUTUHAN KUSUS DENGAN PELATIHAN MEMBATIK DI SDLB KARANGREJO KABUPATEN MADIUN

Budiyono Budiyono -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Darmadi Darmadi -  Universitas PGRI Madiun
Yoga Ardian Feriandi* -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v7i1.4961

Siswa berkebutuhan khusus memiliki kemampuan dibawah rata-rata dibandingkan dengan siswa pada umumnya, oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menggali potensi siswa berkebutuhan khusus agar dapat memiliki ketrampilan. Siswa berkebutuhan kusus memerlukan pendidikan yang dapat meningkatkan ketrampilan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengungkapkan kemampuan ABK setelah diberikan pelatihan membatik. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan yakni melalui pembinaan, pendidikan dan pelatihan yang di tujukan pada siswa SDLB Karangrejo Madiun. Hasil dari kegiatan ini ABK setelah diadakan pelatihan ketrampilan nya meningkat dan bahkan dapat menghasilkan corak batik kemakmuran dan corak tersebut telah berhasil patenkan.

Keywords
pemberdayaan; anak berkebutuhan kusus; membatik
  1. E. U. Dewi and M. Ratnasari, “Gambaran Pola Asuh Orang Tua yang Memiliki Anak Autis,” Surabaya: Akper William Booth Surabaya., 2013.
  2. M. T. Ilahi, Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
  3. Hurlock, Perkembangan Anak, jilid 1. Jakarta: Erlangga. Jakarta: Erlangga, 2013.
  4. E. Suharto, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama, 2013.
  5. S. Sharma and M. Taneja, “The effect of training on employee performance,” Int. J. Recent Technol. Eng., 2018.
  6. R. Heidjrachman and S. Husnan, Manajemen Personalia. Jogjakarta: BPFE UGM, 2001.
  7. S. Suryana, “Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan,” Edukasi, 2020.
  8. R. Fitriana, W. B. Tarunajaya, and K. Akbar, “Pelatihan Protokol Kesehatan Bagi Pemandu Wisata Pedesaan di Kabupaten Belitung,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2021.
  9. R. Utamy, S. Ahmad, and S. Eddy, “Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia,” J. Educ. Res., 2020.
  10. Nitisemito, Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM, 1992.
  11. I. Hasiana, Aulia Insani, Aisyah, and Ahmad Fachrurrazi, “Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini Di Desa Tawar Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto,” J. Abadimas Adi Buana, 2020.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-02-21
Published: 2023-08-08
Section: Articles
Article Statistics: