PELATIHAN FOTO PRODUK UMKM KABUPATEN PACITAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROMOSI DI MEDIA SOSIAL

Eka Dwi Nurcahya* -  Akademi Komunitas Negeri Pacitan, Indonesia
Citra Ratih Prameswari -  , Indonesia
Mochammad Syahrul Munir -  , Indonesia
Gramandha Wega Intyanto -  , Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v6i1.4474

Penyebaran Covid 19 yang masif membuat Pemerintah terpaksa melakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Terbatasnya akses masyarakat terutama menuju pusat ekonomi seperti pasar dan pertokoan membuat para pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami penurunan penghasilan. UMKM di Kabupaten Pacitan berusaha berinovasi dengan system penjualan delivery order. System ini memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya. Mempromosikan barang menggunakan media sosial diperlukan foto yang menarik untuk menggugah minat pembeli. Melihat kebutuhan untuk meningkatkan pengetahuan dalam hasil foto produk yang menarik bagi UMKM maka tim Pengabdian kepada Masyarakat Akademi Komunitas Negeri Pacitan mengadakan pelatihan foto produk dan pengelolaan media sosial untuk media promosi. Hasil kegiatan ini diikuti oleh 28 UMKM dimana menghasilkan foto produk yang digunakan untuk promosi di media sosial mereka. Kendala yang dihadapi adalah hampir 90% UMKM belum mempunyai akun media sosial yang khusus untuk produknya. Dari kegiatan ini dapat ditindak lanjuti ke depannya dengan memfokuskan pada beberapa produk untuk dibantu mem-branding dari penamaan, logo, pengemasan, promosi dan penjualan.

Keywords
Foto produk, UMKM, Media sosial, Pacitan.
  1. BPS, Kabupaten Pacitan Dalam Angka 2021, Pacitan: BPS Kabupaten Pacitan, 2021.
  2. D. Handayani, D. R. Hadi, F. Isbaniah, E. Burhan and H. Agustin, "Penyakit Virus Corona 2019," RESPIROLOGI, vol. 40, no. 2, p. 119, 2020.
  3. Universitas Pasundan, "Universitas Pasundan," Universitas Pasundan, 1 Maret 2012. [Online]. Available: http://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/. [Accessed 3 November 2021].
  4. A. E. Permana, A. M. Reyhan, . H. Rafli and N. R. Aini , "ANALISA TRANSAKSI BELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI," TEKNOINFO, vol. 15, no. 1, pp. 33-37, 2021.
  5. I. R. Servanda, P. R. K. Sari and N. A. Ananda, "PERAN ULASAN PRODUK DAN FOT PRODUK YANG DITAMPILKAN PENJUAL PADA MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP MINAT BELI PRIA DAN WANITA," JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, p. 69, 2019.
  6. S. Fauzi and L. F. Lina, "PERAN FOTO PRODUK, ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING PADA MINAT BELI KONSUMEN DI E-COMMERCE," JURNAL MUHAMMADIYAH ANAJEMEN BISNIS, p. 151, 2021.
  7. A. Saptiyono, E. D. S. Watie and K. A. Febriana, "Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari," Tematik, p. 6, 2021.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-12-14
Published: 2022-07-19
Section: Articles
Article Statistics: