SOSIALISASI MEDIA EDUKATIF INTERAKTIF “BIOPORI” BERBASIS VIRTUAL REALITY BAGI PEMUDA KARANG TARUNA

Rizqi Fitri Naryanto* -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Mera Kartika Delimayanti -  Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
Kriswanto Kriswanto -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Ari Dwi Nur Indriawan -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Imam Sukoco -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Yusuf Subagyo -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Wahyu Danang Eko Saputro -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Ahmad Athoillah -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v6i1.4146

Karang Taruna adalah salah satu organisasi pemuda yang keberadaanya terstruktur merata di seluruh Indonesia dari tingkat RT/RW, desa/kelurahan, dan kecamatan. Pemuda penerus bangsa sangat terbiasa dengan pemanfaatan teknologi terkini di bidang TIK, salah satunya adalah teknologi Virtual Reality (VR). Pada kegiatan program pengabdian dosen kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dengan media interaktif berbasis VR kepada pemuda karang taruna tentang teknologi Biopori. Teknologi Biopori merupakan salah satu alternatif pencegah banjir yang dapat dilakukan oleh seluruh khalayak masyarakat dengan membuat lubang resapan di sekitar lingkungannya. Bencana banjir yang kerap melanda kota Semarang disebabkan salah satunya oleh resapan air yang sudah jauh berkurang jumlahnya. Oleh sebab itu, apabila terjadi hujan dengan intensitas sedang dalam kurun waktu lama, akan menyebabkan banjir. Pemberian edukasi akan lebih mengena kepada anak muda khususnya pemuda karang taruna dengan memberikan sosialiasi teknologi biopori. Hasil yang telah didapatkan adalah para peserta merasa sangat antusias dengan teknologi Virtual Reality (VR) karena dapat menggambarkan kondisi yang sebenarnya walaupun melalui sebuah film. Selain itu, para pemuda karang taruna menjadi paham dan mengerti tentang teknologi Biopori dapat mencegah banjir. Oleh sebab itu, sosialisasi kepada masyarakat khususnya tentang teknologi biopori sangat tepat diberikan dengan teknologi VR khusunya bagi pemuda karang taruna.

Keywords
bencana banjir, biopori, media edukatif interaktif, virtual reality, pemuda karang taruna.
  1. Zakiyah, “Pemberdayaan Generasi Muda melalui Karang Taruna,” Pemberdayaan Generasi Muda melalui Karang Taruna, Jan. 25, 2018. https://sumbarprov.go.id/home/news/14061-pemberdayaan-generasi-muda-melalui-karang-taruna.html
  2. Dinas Kependudukan, “Geografis dan Penduduk Kelurahan Bulustalan,” Kota Semarang. https://bulustalan.semarangkota.go.id/geografisdanpenduduk
  3. E. Kurnia, “Karang Taruna Masa Kini,” Karang Taruna Masa Kini. https://fajarcirebon.com/karang-taruna-masa-kini/
  4. I. Syambudi, “Kerusakan Lingkungan Penyebab Banjir Semarang, Bukan Sekadar Hujan,” Feb. 09, 2021. https://tirto.id/kerusakan-lingkungan-penyebab-banjir-semarang-bukan-sekadar-hujan-f97j
  5. M. I. Pradika, S. R. Giyarsih, and H. Hartono, “Peran Pemuda Dalam Pengurangan Risiko Bencana Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Wilayah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,” J. Ketahanan Nas., vol. 24, no. 2, p. 261, Aug. 2018, doi: 10.22146/jkn.35311.
  6. W. Wibawanto, Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, 1st ed. Cerdas Ulet Kreatif Publisher, 2017. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/313161626_Desain_dan_Pemrograman_Multimedia_Pembelajaran_Interaktif
  7. Y. D. R. Putri, “2D & 3D Modelling Monumen Bersejarah Yogyakarta sebagai Media Edukasi Interaktif berbasis Virtual Reality,” vol. 4, no. 1, p. 7, 2018.
  8. A. T. Fardani, “Penggunaan Teknologi Virtual Reality Untuk Sekolah Menengah Pertama Pada Tahun 2010-2020,” p. 11.
  9. A. B. G. Sang, P. W. Buana, and I. K. A. Purnawan, “Permainan Edukasi Labirin Virtual Reality Dengan Metode Collision Detection Dan Stereoscopic,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., p. 65, Aug. 2017, doi: 10.24843/LKJITI.2017.v08.i02.p01.
  10. M. Juliandari, “EFEKTIVITAS LUBANG RESAPAN BIOPORI TERHADAP LAJU RESAPAN (INFILTRASI),” J. Teknol. Lingkung. Lahan Basah, vol. 1, no. 1, Sep. 2013, doi: 10.26418/jtllb.v1i1.3441.
  11. N. Karuniastuti, “TEKNOLOGI BIOPORI UNTUK MENGURANGI BANJIR DAN TUMPUKAN SAMPAH ORGANIK”, [Online]. Available: http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/76/68

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-09-29
Published: 2022-03-30
Section: Articles
Article Statistics: