PELATIHAN PENYUSUNAN RPP MODEL 1 LEMBAR VERSI MENTERI NADIEM BAGI GURU SEKOLAH DASAR
DOI : 10.24269/adi.v5i1.2674
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarsiswa, siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya untuk pencapaian suatu kompetensi. Rencana pelakanaan pembelajaran (RPP) memiliki peran penting dalam menuntun guru pada pencapaian tujuan pembelajaran yang memuat langkah-langkah pembelajaran yang sistematis. Kebijakan baru menteri Nadiem yang tertuang dalam surat edaran No. 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan administrasi pembelajaran khususnya terkait rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 menjadi model RPP 1 lembar atau disebut sebagai RPP merdeka belajar. Penyederhanaan bertujuan agar guru lebih memprioritaskan keaktifan siswa dalam pembelajaran, tidak dibebankan oleh administrasi pembelajaran mengingat guru sendiri telah mengetahui komponenkomponen pembelajaran lainnya. Jika dicermati, penyederhanaan komponen RPP kurikulum 2013 mengadaptasi model yang dikembangkan oleh Glaser yang merupakan model dasar dalam menyusun RPP dangan cakupan komponennya yaitu tujuan, prosedur pembelajaran, dan penilaian. Kegiatan pelatihan penyusunan RPP merdeka belajar di SDN ules berdampak positif terhadap pemahaman guru tentang konsep merdeka belajar, mampu menyusun model RPP merdeka belajar yang memerdekakan siswa dan guru.
- Hakiim, L. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
- Retrieved from www.jdih.kemenkeu.go.id. Accesed on 16th March 2020
- Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. (online). Vervalsp.data.kemdikbud.go.id Accesed on 16th March 2020
- SKGK SD/MI. 2006. Standar Kompetensi Guru Kelas SD/MI. (online).
- http://file.upi.edu/Direktori/FIP/Jur_Pedagogik/ Accesed on 14th March 2020
- Kemendikbud. 2019. Surat Edaran No.14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (online) https://www.dapodik.co.id Accesed on 10th March
- Widyasari, W., & Yaumi, M. 2014. Evaluasi program pendampingan guru SD dalam implementasi kurikulum 2013. Lentera pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17 (2), 281-295. https://doi.org/10.24252/1p.2014v17n2a10
- Prastowo, A. 2014. Paradigma baru madrasah dalam implementasi kebijakan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 95-113. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.95-113
- Amalia, F., Kurniawan, T. A., Rahayudi, B., Brata, A.H. 2019. Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5 (3), 318-330. Doi: http://doi.org/10.22146/jkpm.42482
- Hamidah, S., Zubaidah, E., Syamsi, K. 2014. Implementasi kurikulum SD 2013 bagi guru-guru SD di kabupaten Bantul. Laporan PPM Universitas Negeri Yogyakarta. (online) Eprints.uny.ac.id. Accesed on 23th March 2020
- Ritonga, M & Motandang, Y. 2020. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MIN 1 Pasaman Barat. ADIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4(2), 76-82.
- Nuryana & Sahrir, D. C. 2020. Pelatihan kurikulum 2013 edisi revisi 2018 bagi guru di yayasan pendidikan Islam Al-Maunah. 2020. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 1-10. Doi: http://doi.org/30653/002.202051.259
- Pudjianto, U., Adisusilo, A.K., Retnawati,L., and Saurina, N. 2020. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik muslimat nu surabaya dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” ADIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4(1), 22–28