PELATIHAN PENGENALAN DAN PEMROGRAMAN MIKROKONTROLER UNTUK SISWA SMK SURABAYA

Syahri Muharom* -  Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Indonesia
Riza Agung Firmansyah -  Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Indonesia
Yuliyanto Agung Prabowo -  Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v7i2.6026

Perkembangan dunia teknologi pada saat ini telah mencapai titik dimana semua aktifitas dapat digantikan oleh mesin, dimana mesin adalah sebagai alat bantu manusia dalam melakukan banyak hal. Untuk membuat sebuah mesin dapat beroperasi secara otomatis dibutuhkan beberapa bagian, diantaranya software, hardware dan mekanik. Pada pelatihan yang di selenggarakan oleh Program studi Teknik elektro ITATS ini adalah dengan membuat sebuah sistem pengatur kecepatan motor menggunakan mikrokontroler. Target pelatihan ini adalah siswa SMK area Surabaya, pelatihan dilakukan dengan beberapa tahap, proses pembuatan program, proses memasukkan program dalam mikrokontroler untuk mengatur nyala LED dan mengatur kecepatan motor. Dari hasi pelatihan yang telah dilakukan mendapatkan bahwa siswa SMK mampu membuat sebuah program sederhana untuk mengatur menyalakan lampu LED, mengatur kecepatan motor, dimana untuk kecepatan motor di bagi menjadi tiga, kecepatan lambat, sedang dan kecepatan tinggi. Dari pelatihan ini diharapkan siswa SMK mampu membuat sebuah sistem sederhana menggunakan mikrokontroler untuk membuat sebuah sistem otomatis.
Keywords
Mikrokontroler; AVR; Motor; Pelatihan; Pengabdian; Siswa SMK.
  1. R. Ridwana, “Hubungan Industri 4.0 Terhadap Perkembangan Teknologi Perumahan,” Senada Semin. Nas. Manaj. Desain Dan Apl. Bisnis Teknol., Vol. 2, Hlm. 544–551, Feb 2019.
  2. M. Ngafifi, “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya,” J. Pembang. Pendidik. Fondasi Dan Apl., Vol. 2, No. 1, Art. No. 1, Jun 2014, Doi: 10.21831/Jppfa.V2i1.2616.
  3. E. Y. Wijaya, D. A. Sudjimat, Dan A. Nyoto, “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global,” Vol. 1, Hlm. 16, 2016.
  4. Y. M. Jamun, “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan,” J. Pendidik. Dan Kebud. Missio, Vol. 10, No. 1, Art. No. 1, Jan 2018.
  5. T. Suheta, R. A. Firmansyah, Dan S. Muharom, “Program Kemitraan Masyarakat Produksi Kerupuk Terung Di Kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak Kota Surabaya,” Jpm17 J. Pengabdi. Masy., Vol. 4, No. 1, Jan 2019, Doi: 10.30996/Jpm17.V4i1.1994.
  6. P. D. Purnasari Dan Y. D. Sadewo, “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik,” Publ. Pendidik., Vol. 10, No. 3, Art. No. 3, Nov 2020, Doi: 10.26858/Publikan.V10i3.15275.
  7. “Uu No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional [Jdih Bpk Ri].” Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Home/Details/43920/Uu-No-20-Tahun-2003 (Diakses 20 Oktober 2022).
  8. “Peranan Pendidikan Formal Dalam Proses Pembudayaan | Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.” Https://Journal3.Uin-Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Lentera_Pendidikan/Article/View/3806 (Diakses 20 Oktober 2022).
  9. E. Firmansyah, “Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Fkip, Vol. 2, No. 1, Art. No. 1, Mei 2019.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-10-20
Published: 2023-12-15
Section: Articles
Article Statistics: