PEMBIMBINGAN PENGGUNAAN GOOGLE MEET DAN BANDICAM UNTUK GURU SEKOLAH LUAR BIASA

Anisa Nur Andina* -  Universitas Amikom Purwokerto, Indonesia
Nadilla Al Azhar -  Universitas Amikom Purwokerto, Indonesia
Ujiani Ujiani -  Universitas Amikom Purwokerto, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v7i2.5596

Selama pandemi Covid-19 yang belum usai, banyak penyesuaian yang harus dilakukan termasuk konsep belajar dari jarak jauh. Pendidikan merupakan proses untuk meningkatkan kecerdasan siswa. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, proses pelatihan dan pembelajaran menggunakan berbagai metode, salah satunya adalah e-learning. Prosesnya menggunakan internet yang dapat diakses dan diproses kapanpun dan dimanapun. Selain itu, inovasi pembelajaran semakin meningkat sehingga kami tidak hanya menggunakan metode konvensional khususnya pengajaran untuk anak berkebutuhan khusus. Karena mengajar anak berkebutuhan khusus tentu berbeda dengan mengajar untuk anak normal, oleh karena itu diperlukan metode khusus seperti penggunaan Google Meet dan Bandicam yang dapat membantu guru dalam melakukan pembelajaran dari jarak jauh. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih guru-guru di SLB B Yakut Purwokerto dalam mengimplementasikan e-learning menggunakan Google Meet dan Bandicam. Hasil yang didapatkan adalah guru SLB B Yakut Purwokerto bisa mengimplementasikan dan menggunakan Google Meet dan Bandicam untuk mengajar secara maksimal untuk anak berkebutuhan khusus.

Keywords
Anak berkebutuhan khusus; pembelajaran jarak jauh; metode pembelajaran
  1. Bhattacherjee, A. , & Hikmet, N. (2007). Physicians’ resistance toward healthcare information technology: A theoretical model and empirical test. European Journal of Information Systems , 16 (6), 725–737.
  2. Chen, E. , & Li, Z. (2011, July 26–28). On the application of multimedia technology in foreign language teaching and learning in China’s colleges: Challenges, problems and implications. 2011 International Conference on Multimedia technology ( 595–597).
  3. Li, L. , Chen, Y. , Li, Z. , Li, D. , Li, F. , & Huang, H. (2018, August 8–11). Online virtual Experiment teaching platform for Database technology and application. 2018 13th International Conference on Computer Science & education (1–5).
  4. Mac Callum, K. , & Jeffrey, L. (2014). Comparing the role of ICT literacy and anxiety in the adoption of mobile learning. Computers in Human Behavior , 39 , 8–19.
  5. Nchunge, D. M. , Sakwa, M. , & Mwangi, W. (2012). User’s perception on ICT adoption for education support in schools: A survey of secondary school teacher’s in Thika district Kenya. International Journal of Humanities and Social Science , 2 (10), 17–29
  6. Somad, Permanarian dan Hernawati, Tati. (1995) Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat.
  7. Thatcher, J. B. , & Perrewe, P. L. (2002). An empirical examination of individual traits as antecedents to computer anxiety and computer self-efficacy. MIS Quarterly.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-07-19
Published: 2023-12-29
Section: Articles
Article Statistics: