TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MEDIA BERBASIS INDIVIDUAL COMPETENCES PADA MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN dan INFORMASI ISLAM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG
DOI : 10.24269/pls.v8i2.10762
Abstract – The use of internet-based media has now become a common thing and almost everyone makes use of it, as well as students who can use the internet to access sources of information for lecture needs, and others. However, on the other hand, this media can make one negligent so that the use of the media becomes less wise which can cause many bad effects. . From the negative impact generated, then gave birth to thoughts and gave rise to the term media literacy so that users understand the importance of having media literacy skills, namely being able to use and make good use of the media. This study aims to determine the level of media literacy skills in Islamic Library and Information Science students at UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung based on individual competences. The population in this study were Islamic Library and Information Science students at UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung from the 2019-2022 class, totaling 399 students. Sampling using stratified random sampling technique and obtained as many as 80 students as respondents. The type of research used is descriptive quantitative to explain how students' media literacy levels are. From the calculations carried out, the results show that the level of student media literacy skills is at a moderate level with a value range of 82-101 which is owned by 42 students. So it can be concluded that media literacy is at a fairly good level and not low, which means that students are able to use and utilize the media well, but there needs to be improvement in a number of ways.
Abstrak – Penggunaan media berbasis internet saat ini sudah menjadi suatu hal yang umum dan hampir semua orang memanfaatkannya, begitu pula mahasiswa yang dapat menggunakan internet untuk mengakses sumber informasi untuk kebutuhan perkuliahan, dan lainnya. Namun, disisi lain media ini dapat membuat lalai sehingga pemanfaatan media menjadi kurang bijak yang dapat menyebabkan banyak dampak buruk, dampak ini bisa saja tidak hanya dialami oleh satu orang yang salah dalam pemanfaatan, tetapi orang lain berkemungkinan ikut terdampak karena kurangnya kemampuan dalam penggunaan internet ini. Dari dampak buruk yang dihasilkan, kemudian melahirkan pemikiran dan memunculkan istilah literasi media agar pengguna mengerti pentingnya memiliki kemampuan melek media yakni dapat menggunakan, dan memanfaatkan media dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi media pada mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung berbasis individual competences. Populasi dalam penelitian ini yakni mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dari angkatan 2019-2022 yang berjumlah 399 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dan didapatkan responden sebanyak 80 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yakni kuantitatif deskriptif untuk menjelaskan bagaiamana tingkat literasi media mahasiswa. Dari perhitungan yang dilakukan, menunjukkan hasil bahwa tingkat kemampuan literasi media mahasiswa berada pada pada tingkatan sedang dengan rentang nilai 82-101 yang dimiliki oleh 42 mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa literasi media berada pada tingkatan yang cukup baik dan tidak rendah yang artinya mahasiswa sudah mampu menggunakan dan memanfaatkan media dengan baik, namun perlu ada peningkatan pada beberapa hal.- Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media pada Pola Komunikasi Masyarakat. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 26–37. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499
- Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65–77. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.63
- Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
- Arnus, S. H. (2018). Literasi Media: Cerdas dan Bijak Menikmati Konten Media Baru. AlMunzir, 10(1), 131–150. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-munzir/article/view/802
- Celot, P., & Pérez Tornero, J. M. (2009). Study on Assessment Criteria for Media Literacy Levels: A comprehensive view of the concept of media literacy and an understanding of how media literacy levels in Europe should be assessed. European Association for Viewers’ Interests, October, 1–92. https://ec.europa.eu/assets/eac/culture/library/studies/literacy-criteria-report_en.pdf
- Damanik, F. N. S. (2012). Menjadi Masyarakat Informasi. Jurnal SIFO Mikroskil, 13(1), 73–82. https://doi.org/10.55601/jsm.v13i1.48
- Dewi, I. R. (2022). Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022
- Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 12–24. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188
- Novianti, R., & Riyanto, S. (2018). Tingkat Literasi Media Remaja Desa dalam Pemanfaatan Interney. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 158–171.
- Noviyanti, D., & Utami, L. S. (2022). Pengguna Internet di Indonesia Habiskan Waktu 8 Jam Sehari, Paling Banyak Cari Informasi. Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2022/03/01/131157/pengguna-internet-di-indonesia-habiskan-waktu-8-jam-sehari-paling-banyak-cari-informasi
- Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 02, 52. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/4198
- Oktamelia, T. (2021). TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MEDIA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG [UIN Raden Fatah Palembang]. http://repository.radenfatah.ac.id/9704/1/SKRIPSI FINAL TITIN OKTIMELIA %281%29.pdf
- Perkasa, G. (2022, September 7). 10 Negara Paling Kecanduan Internet dan Medsos di Dunia, Indonesia? Kompas.Com. https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/07/141417520/10-negara-paling-kecanduan-internet-dan-medsos-di-dunia-indonesia?page=all
- Purwaningtiyas, P. (2019). Literasi Informasi dan Literasi Media. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 12(2), 1. https://doi.org/10.30829/iqra.v12i2.3978
- Rahmawati, A. (2018). Tingkat Literasi Media Mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta Mengenai Informasi Hoax tentang Kebijakan Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi Berdasarkan Individual Competences Framework. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
- Sugihartati, R. (2017). Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer. Kencana.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Alfabeta. CV.
- Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenadamedia Group.
- Tamburaka, A. (2013). Literasi Media. PT Raja Grafindo Persada.
- Tosepu, Y. A. (2018). Literasi Informasi di Era Literasi Digital. 3(1), 61–82. https://amp/s/yusrintosepu.wixsite.com/yoes/amp/2018/03/30/literasi-informasi-di-era-literasi-digital
- Vinka, A. M., & Michele, N. (2021). Pengaruh Teknologi Internet Terhadap Pengetahuan Masyarakat Jakarta Seputar Informasi Vaksinasi Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 1–13. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/544
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.