KOLABORASI MUSUEM GEOLOGI DAN SEKOLAH VOKASI ULBI DALAM MODELING DIGITAL PENGELOLAAN DATA KOLEKSI
DOI : 10.24269/pls.v8i2.10364
The Geological Museum plays a vital role in preserving and disseminating geological knowledge to the public. Collaboration with the ULBI Vocational School in developing digital modeling for geological collection data management provides significant benefits, such as increased collection management efficiency, more systematic data organization, and safer preservation of collections. This digitization process minimizes physical contact with the collections, helping to preserve valuable geological artifacts. Challenges in this collaboration include rapid technological advancements and differences in perception between the museum and the vocational school. Through effective communication and regular staff training, this collaboration is expected to strengthen information management and improve public services at the Geological Museum.
Museum Geologi memiliki peran vital dalam melestarikan dan menyebarluaskan pengetahuan geologi kepada masyarakat. Kerja sama dengan Sekolah Vokasi ULBI dalam mengembangkan pemodelan digital pengelolaan data koleksi geologi memberikan banyak manfaat signifikan, seperti peningkatan efisiensi manajemen koleksi, penyusunan data yang lebih sistematis, dan pemeliharaan koleksi dengan lebih aman. Proses digitalisasi ini meminimalkan kontak fisik terhadap koleksi, sehingga membantu melestarikan artefak geologi yang berharga. Tantangan yang dihadapi dalam kerja sama ini meliputi perkembangan teknologi yang cepat dan perbedaan persepsi antara pihak museum dan pihak sekolah vokasi. Melalui komunikasi yang baik dan pelatihan rutin bagi staf museum, kerja sama ini diharapkan mampu memperkuat pengelolaan informasi dan meningkatkan pelayanan publik di Museum Geologi.
- Armiyati, L., & Firdaus, D. W. (2020). Belajar Sejarah Di Museum: Optimalisasi
- br Sitepu, Y. L. N., Tarigan, M. P. A., & Siregar, C. R. M. (2024). Sistem Penyimpanan Kemuseuman. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(3), 101-108. doi:https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.933
- Dekanatvokasi. (2022). Museum Geologi Menggandeng Sekolah Vokasi untuk transformasi digital. Retrieved from https://sekolahvokasi.ulbi.ac.id/2022/09/museum-geologi-menggandeng-sekolah.html
- Firdaus, M. R., & Martana, S. P. (2023). Pengaruh Kualitas Fasilitas Pelayanan terhadap Lama Waktu yang Dihabiskan Pengunjung di Museum Geologi. PROSIDING TEMU ILMIAH, 11(1), E001-E006.
- Gustikowendha, E. D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sdn 4 Galanggang (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
- Herryanto, R. (2022). Konservasi koleksi di museum layang-layang Indonesia (Bachelor's thesis, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah).
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (n.d.). Kerja sama. KBBI. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kerja%20sama
- Layanan Edukasi Berbasis Pendekatan Partisipatori. Jurnal Artefak, 7(2), 81-90.
- Macdonald, G., & Alsford, S. (1991). The museum as information utility. Museum Management and Curatorship, 10, 305-311. https://doi.org/10.1016/0964-7775(91)90064-X.
- Museum Definition - ICOM Nederland. (n.d.). ICOM Nederland. Retrieved October 13, 2024, from https://icom.nl/en/about-icom/museum-definition
- Museum Geologi. (2023). Pembekalan Konservator Koleksi Museum Geologi. Laporan internal, Museum Geologi, Bandung, Indonesi
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2015). Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2015 tentang Museum.
- Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
- Wakhid, A. (2022, November 24). Pusat Preservasi Perpustakaan Nasional RI. Pusat Preservasi Perpustakaan Nasional RI. Retrieved October 13, 2024, from https://preservasi.perpusnas.go.id/artikel/127/pelestarian-koleksi-langka--dengan-metode-digitalisasi--


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.