Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Mitraguna Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Rungkut 1 Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.24269/mjse.v12i2.8090Abstract
Pembiayaan Mitra Guna pada BSI merupakan layanan pembiayaan ragam kebutuhan atau multiguna dengan sumber pembayaran dari gaji atau pendapatan pegawai tetap. Banyaknya produk pembiayaan perbankan syariah yang ada di Indonesia mendorong perusahaan bersaing mendapatkan nasabah melalui berbagai strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan  untuk  untuk  mengetahui  dan  menganalisis strategi pembiayaan mitraguna BSI pada KCP Rungkut 1 Surabya untuk meningkatkan jumlah nasabah. Metode  yang  digunakan  adalah  metode  kualitatif  dengan menggunakan teknik interview (wawancara) dan teknik dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui  bahwa  mekanisme  pembiayaan  mitraguna  ada  3  tahapan  yaitu  :  (1) permohonan menjadi nasabah mitraguna  (2) proses verifikasi dokumen nasabah, (3) proses  pencairan  pembiayaan  mitraguna. Dimensi marketing mix  yang  digunakan  ada  empat  yaitu: Produk  (Product),  Tempat (Place), Harga (Price)  dan Promosi (Promotion). Dengan menggunakan analisis  deskriptif  didapatkan  hasil  bahwa  dari  keempat  dimensi marketing mix Promosi adalah yang paling dominan berpengaruh dalam  menarik  minat  nasabah  terhadap  pembiayaan  Mitra  Guna.Â
References
Afsauri, S. (2017). Strategic Management Sustainable Competitive Advantages. Depok : Rajawali Pers.
Aji, H. M. (2019). Manajemen Pemasaran Syariah Teori dan Praktik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Al-Arif, M. N. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Alma, B. (2013). Kewirausahaan . Bandung: Alfabeta.
Arif, N. R. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah . Bandung : Alfabeta .
Handoko, B. S. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Khotler., P. (1996). Marketing Manajemen: Analisis, Planning, Implementasi dan Kontrol, Terj. Hendra Teguh. Jakarta: Erlangga
Muhammad. (2000). Bank dan Lembaga Umat Kontemporer. Yogyakarta: UII Press.
Muhammad. (2015). Manajemen Dana Bank Syariah . Jakarta: Rajawali Pers.
Mursid, M. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Book Section
Endri. (2010). Peran Human Capital Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Empiris. Jurnal Administrasi Bisnis , 179-190.
Internet
L, M. (2019). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia. www.studimanajemen.com.
R, E. (2020). Human Capital Management . id.hrnote.asia.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Musyarakah: Journal of Sharia Economics (MJSE)Â Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.


_1.png)