Pengaruh perubahan remapping ecu terhadap torsi dan daya pada sepeda motor honda cb 150 r

Ary Widianto -  Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Pononorogo, Indonesia
Yoyok Winardi* -  Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Pononorogo, Indonesia
Muh. Malyadi -  Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Pononorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v2i02.5721

ABSTRAKPerkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya dibidang transportasi darat memicu para enginers berlomba lomba menemukan cara yang efektif dan efisien agar kendaraan tersebut khusunya kendaraan roda 2 berbasis EFI lebih bertenaga tanpa harus merubah komponen mesin yaitu dengan cara reset ulang ECU. Penelitian ini ditujukan untuk menyelidiki pengaruh remapping ECU pada sepeda motor Honda CB 150 R terhadap perubahan torsi dan daya. Variabel yang diteliti yaitu remapping RPM 11500 12000 12500. Pengujian torsi dan daya dilakukan menggunakan dynamometer dengan menggunakan bahan bakar pertalite pada percepatan gigi 4. Hasil dari penelitian yang telah dilakukanmenunjukan bahwa sepeda motor Honda CB 150 R menggunakan ECU standar menghasilkan daya tertinggi 14,7 HP pada putaran mesin 9500 RPMdan torsi tertinggi 13,21 NM pada putaran mesin 7000 RPM. Setelah ECU di remapping daya tertinggi 15,3 HP pada RPM 9500 dan torsi tertinggi 13,65 NM pada 7000 RPM pada variabel perubahan 1 yaitu 11500 RPM. Ada perbedaan kenaikan daya sebesar 0,6 HP dan torsi 0,41NM. Dapat disimpulkan dari penelitian remapping ECU Honda CB 150 R mengalami kenaikan dan berpengaruh pada torsi dan daya.
  1. S. Mintoro, “Optimasi Kinerja ECU ( Electronic Control Unit ) Melalui Pemrograman Remapping Pada Mesin EFI,” J.T. Komputer SEMNAS IIB DARMAJAYA Kotabumi, pp. 458–471, 2017.
  2. A. Jeklin, “Perancangan Pcb Ecu Programable Mesin Matic 125Cc Berdasarkan Variasi Ecu (Electronic Control Unit),” J.T. Mesin Univ. Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, no. July, pp. 1–23, 2016.
  3. H. Purwaningsih, “Optimasi Efisiensi Motor Bakar Sistem Injeksi Menggunakan Metode Simulasi ArtificialNeutral.Network,”J.T.Mesin.Univ.Diponegoro Semarang, pp. 161–164, 2014.
  4. S.A.F.Aziz,S.Ramadhani,“Studi Eksperimental Pengaruh Mapping Sudut Pengapian Dan Bahan Bakar terhadap Performa Mesin matic Injeksi,”J.T.Mesin Univ.17 agustus 1945 surabaya,2020
  5. H. Leonard, A. Umbu, S. Mahendra, F. Fatra, “Pengaruh Variasi Derajat Pengapian Terhadap Performa Mesin 4 Tak 100 Cc,”J.T.Mesin Otomotif Universitas Ivet, vol. 3, no. 2, 2021.
  6. A.A.Azhari, “Pengaruh Mapping Ecu Ignition Timing Terhadap Performa Mesin Astro 108 Cc Dengan Sistem Injeksi Berbahan Bakar Pertamax dan Ethanol ,”J.T.Mesin Univ.Muhammadiyah Ponorogo, 2021
  7. T. Irwanto, “Pengaruh Remapping Derajat Pengapian Pada Penggunaan Bahan Bakar Campuran Bensin Dan Methanol Terhadap Unjuk Kerja Mesin Motor Bensin 4 Langkah 100 Cc,”J.T.Mesin Univ.Sebelas Maret Surakarta, 2011.
  8. P. Yulianto and A. Muliawan, “Pengaruh Variasi Putaran Mesin Terhadap Daya Pada Egine Cummins KTTA 38 C,” J.T.Mesin Univ.Trunajaya Bontang ,vol. 05, no. 1, pp. 23–32, 2016.
  9. A. Hermanto, "Pengaruh Perubahan Lift Pada Cam Shaft Terhadap Torsi Dan Daya Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z," J.T. Mesin Univ. Muhammadiyah Ponorogo, vol. 1, 2017.
  10. Darmawansyah, "Pengaruh Pembebanan Dan Putaran Mesin Terhadap Torsi Dan Daya Yang Dihasilkan Mesin Matari MGX200/SL," J.T. Mesin Univ. Muhammadiyah Pontianak, pp. 1-65,2015.
  11. D.G.Prasetya, " Perbandingan Unjuk Kerja dan Konsumsi Bahan Bakar Antara Motor yang Mempergunaka CDI Limiter dengan Motor yang Mempergunakan CDI Unlimiter," J.T.Mesin Univ. Negeri Semarang, 2013.
  12. I. Yuswanda, "Analisa Kevakuman dan Perbedaan MAP Sensor pada Perubahan RPM Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Mobil Toyota Kijang EFI 2000," J.T. Mesin Univ. Muhammadiyah Ponorogo, 2021.
  13. A. Muhajir, "Perubahan Waktu Pengapoan (Ignition Timing) Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor dengan Bahan Bakar Premium, Pertalite Pertamax Plus," J.T. Mesin Univ. Negeri Semarang, 2016.
  14. F.F Ramadhan, I.G.E. Lesmana, "Peningkatan Daya Torsi dengan Menggunkan Sofware 'Bitedit' Di Mesin I-Vtec Type Honda Jazz," J.T. Mesin Univ Pancasila Jakarta, vol. 5, no. 2, pp. 39-50,2020.
  15. I.G Ngurah, P. Tenaya, I. G. K. Sukandana, I. G. Ngurah, and B. Surya," Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja Mesin." J.T. Mesin Univ. Udayana Bali, vol. 6, no. 2, pp. 105-114, 2013.
  16. S. Ibnu, Y. Efendi "Peningkatan Performa Sepeda Motor dengan Variasi CDI Programmable," J.T. Mesin Otomotif Univ. Yogyakarta, vol. 1, no.1, pp. 59-67, 2015.
  17. I. Puspitasari, N. Wahyudi, K. Winangun, F. N. Rofiq, "Aplikasi Gas HHO Pada Sepeda Motor Injeksi Dengan Modifikasi ECU AFTERMARKET (Timing Pengapian)," Rekayasa Mesin, pp. 553-562,2022.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-08-16
Published: 2022-11-03
Section: Articles
Article Statistics: