Rancang Bangun Mesin Serut Kelapa Portable Skala Rumah Tangga dengan Kapasitas 24 kg/jam

Abi Sakti Nurcahya -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Yoyok Winardi* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Kuntang Winangun -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Nanang Suffiadi Ahmad -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v3i02.7650

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya dan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal salah satunya terciptanya mesin pemarut kelapa. Mesin pemarut kelapa merupakan salah satu produk mesin yang berfungsi sebagai alat untuk menghancurkan daging buah kelapa dengan tujuan untuk memperoleh santan. Terciptanya mesin pemarut kelapa ini di karenakan dari permasalahan yang ada dimasyaraka yang memarut kelapa dengan cara yang masih manual dan dinilai tidak efektif dan efisien. Pada rancang bangun mesin parut kelapa ini mengacu pada kapasitas 120 kg/jam. Sehingga mesin pemarut kelapa ini bia digunakan untuk lingkungan rumah tangga dan skala industry kecil. Maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: Bagaimana proses pembuatan mesin parut kelapa dan bagaimanakah hasil kerja dari proses pembuatan mesin parut kelapa. Tujuan dari rancang bangun mesin parut kelapa ini adalah untuk menciptakan mesin parut kelapa yang memiliki sistem sederhana, lebih efektif dan efisien untuk digunakan serta untuk mendukung perkembangan teknologi mesin parut kelapa yang sudah ada di masyarakat dan industri kecil.

Supplement Files

  1. A. Rijanto Dan I. B. Efendi, “Rancang Bangun Mesin Parut Kelapa Dengan Menggunakan Bahan Bakar Gas,” Warta Ihp, Vol. 35, No. 2, 2018.
  2. O. Wiro Musli, “Rancang Bangun Alat Parut Kelapa Otomatis Berbasis Atmega8535,” 2021. [3] A. Fauzie Akbar, P. Hartono, Dan A. Raharjo, “Perencanaan Mesin Pemarut Kelapa Beserta Pemeras Hasil Parutan,” Jurnal Universitas Islam Malang.
  3. R. Alianda, M. Halil, Dan E. Tonadi, “Rancang Bangun Mesin Parutan Kelapa Skala Rumah Tangga Dengan Kapasitas 10 Kg/Jam,” Majalah Teknik Simes, Vol. Xx. No. X, Hlm. 1–10.
  4. F. Maulidani Izzulhaq Dkk., “Rancang Bangun Mesin 2 In 1 Pemarut Dan Pemeras Jahe”, [Daring]. Tersedia Pada: Https://Journal.Atim.Ac.Id/
  5. R. Alianda, M. Halil, Dan E. Tonadi, “Rancang Bangun Mesin Parutan Kelapa Skala Rumah Tangga Dengan Kapasitas 10 Kg/Jam,” Majalah Teknik Simes, Vol. Xx. No. X, Hlm. 1–10.
  6. G. Gundara Dan S. Riyadi, “Rancang Bangun Mesin Parut Kelapa Skala Rumah Tangga Dengan Motor Listrik 220 Volt”.
  7. Faisz Kasifalham, Bambang Dwi Argo, Dan Musthofa Lutfi, “Uji Performansi Mesin Pemarut Kelapa Dan Pemeras Santan Kelapa,”
  8. Keteknikan Pertanian Tropis Dan Biosistem, Vol. 1, No. 3, Hlm. 204–212, 2013.
  9. L. Roha Tambunan Dan R. P. Silaban, “Rancang Bangun Mesin Pemotong Rumput Dengan Daya Penggerak Motor Bensin.”
  10. J. Sains, A. Supratman, S. Panca Priyana, P. Studi Teknik Mesin, Dan S. Tinggi Teknologi Duta Bangsa Jl Kalibaru Timur Kel Kalibaru Medan Satria Kota Bekasi, “Rancang Bangun Mesin Pemarut Kelapa Dengan Kapasitas 40
  11. Kg/Jam,” 2019.
  12. T. U. Adi Subekhi, A. Maullana, Dan Wawan, “Kaji Ulang Rancang Bangun Mesin Parut Kelapa Portable Kapasitas 7.5 Kg/Jam Dengan Daya 125 Watt.”

Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (528KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2023-08-04
Published: 2023-11-03
Section: Articles
Article Statistics: