Perancangan Algoritma Optimasi Menggunakan Particle Swarm Optimization (PSO) Untuk Model Wind Turbine Farm

Jawwad Sulthon Habiby* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Aris Triwiyatno -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Trias Andromeda -  Universitas Diponegoro, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v1i01.4123

Di Indonesia dengan tuntutan energi listrik yang terus meningkat, produksi bahan bakar yang berupa batu bara dan minyak bumi mungkin akan mencapai batasnya dalam beberapa dasawarsa, disertai peningkatan sejumlah kasus cuaca ekstrim dan pemanasan global. Oleh karena itu, perlu dicari semacam solusi terhadap pemenuhan listrik dengan pemanfaatan energi alternative terbarukan yang cukup berpotensi di Indonesia. Salah satu energi alternatif terbarukan yang saat ini adalah penggunaan teknologi turbin angin dimana energi angin yang diperoleh bebas dari alam, akan diubah sedemikian rupa hingga menjadi energi listrik. Dalam tesis ini dipelajari tentang efek dari penggunaan turbin angin dengan jarak hub yang berbeda di sebuah wilayah produksi pembangkitan listrik tenaga angin, untuk mencari jarak dan jumlah turbin terbaik yang digunakan. Disajikan sebuah formulasi matematis dalam membangun sistem multi-turbin. Mengingat turbin angin dengan jarak dan jumlah turbin yang bervariasi maka model tersebut diselesaikan menggunakan metode Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO). Dengan hasil konfigurasi turbin yang terbaik akan diperoleh biaya yang minimum dan  pembangkitan daya yang maksimum.

  1. J. K. Haugland, “Optimization Models for Turbine Location in Wind Farms,” 2012.
  2. J. M. Jonkman, “Modeling of the UAE Wind Turbine for Refinement of FAST _ AD Modeling of the UAE Wind Turbine for Refinement of,” no. December, 2003.
  3. R. W. Righter, Wind energy in America : a history. University of Oklahoma Press, 2008.
  4. A. Tummala, R. Kishore, D. Kumar, V. Indraja, and V. H. Krishna, “A review on small scale wind turbines,” Renew. Sustain. Energy Rev., vol. 56, pp. 1351–1371, 2016.
  5. S. W. Funke, S. C. Kramer, and M. D. Piggott, “Design optimisation and resource assessment for tidal-stream renewable energy farms using a new continuous turbine approach,” Renew. Energy, vol. 99, pp. 1046–1061, 2016.
  6. W. Zhong, “Optimization of Wind Farm Layout : A Refinement Method by Random Search Optimization of Wind Farm Layout : A Refinement Method by Random Search,” 2013.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-09-22
Published: 2021-11-23
Section: Articles
Article Statistics: