Edukasi Pengolahan Sampah pada SD dan MI Kandangsemangkon

Auliya Puteri Hapsari* -  Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
Nur Fadlilah Sukmawati -  Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
Rizka Devi Nur Safitri -  Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI : 10.24269/jteb.v3i2.7831

Desa Kandangsemangkon merupakan desa pesisir yang yang terletak di wilayah Kabupaten Lamongan. Desa tersebut berada di pesisir laut Jawa dengan ketinggian 5 m di atas permukaan air laut. Dengan luas wilayah sebesar 4,58 km2 dengan jumlah penduduk lebih dari 12.000 jiwa, Desa Kandangsemangkon belum memiliki TPA. Mayoritas penduduk di desa Kan- dangsemangkon merupakan nelayan. Hal tersebut membuat warganya lebih memilih untuk membuang sampah ke laut. Hal ini didukung dengan desa tersebut yang berada di pesisir laut. Perilaku menjaga kebersihan lingkungan sekitar perlu ditanamkan sejak dini. Hal tersebut yang mendasari program kerja Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Gresik Pro- gram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar berupa Edukasi Pengolahan Sampah SD/MI Desa Kandangsemangkon. Metode yang digunakan adalah observasi SD/MI Desa Kan- dangsemankon, perizinan, sosialisasi dan evaluasi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi siswa sd untuk menjaga lingkungan serta bagaimana cara pengolahan sampah. Hasil dari kegiatan edukasi pengolahan sampah yaitu menumbuhkan kesadaran siswa untuk mengolah kembali sampah menjadi barang yang bisa digunakan, membentuk kebiasaan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya, menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya pengolahan sampah, dan menjadikan siswa sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Keywords
Edukasi, Pengolahan sampah, SD/MI
  1. Nindya Ovitasari, K. S., Cantrika, D., Murti, Y. A., Widana, E. S., & Kurniawan, I. G. A. (2022). Edukasi Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik di Desa Rejasa Tabanan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 352. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4986
  2. Yudiyanto, Yudistira, E., & Tania, A. L. (2019). PENGELOLAAN SAMPAH (R. Ummah, Ed.; 1st ed.). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Metro Bekerja Sama dengan Sai Wawai Publishing.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-09-09
Published: 2023-10-04
Section: Articles
Article Statistics: