Implementasi Dimensi Kebhinekaan Global dalam Pendidikan Karakter di SMPN 2 Kecamatan Pulung, Ponorogo
DOI : 10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp84-92
Penanaman pendidikan karakter kepada peserta didik melalui profil pelajar pancasila merupakan salah satu strategi pemerintah untuk mengembangkan karakter pelajar indonesia dengan mengandung elemen berkebhinekaan global dimana elemen tersebut menekankan pada penguatan karakter dalam menjaga budaya luhur, lokalitas, serta identitas bangsa. Penguatan dimensi kebhinekaan global yang tercantum dalam profil pelajar oancasila menjadi hal yang penting untuk mempertahankan identitas negara. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil analisa implementasi dimensi kebhinekaan global dalam pendidikan karakter di SMPN 2 kec. Pulung kab. Ponorogo. Penelitan ini menggunakan teknik penelitian kualitatif, dengan menggunakan metodologi penelitian dekriptif kualitatif yang meneliti tentang implementasi dimensi kebhinekaan global dalam pendidikan karakter di smpn 2 kecamatan pulung ponorogo.
Keywords
Karakter, Kebhinekaan Global
- Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok, Nurul Hidayati, Ahmad Wisnu Saputra, Mira Soraya, & Siti Aminatur Rizkiyah. (2023). Pendampingan Anak Dalam Mempertahankan Budaya Luhur Melalui Perwujudan Profil Pancasila. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v3i2.2975
- Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440–450. https://doi.org/10.25273/CITIZENSHIP.V4I2.1077
- Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Dan Pembelajaran Siswa Min Jati. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah, 7(1), 1–4.
- Ghozali, S. (2020). Strategi dalam Pengembangan Karakter Pelajar Pancasila. Attaqwa Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 200–212.
- Irwan. (2018). Dinamika dan perubahan sosial pada komunitas lokal. Deepublish.
- Januar Mahardhani, A. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berkarakter Cinta Tanah Air. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 56–63. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp56-63
- Khoirunnisa, S., & R., M. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Yang Beracuan Pada Kebhinekaan dan Pancasila Pada Kegiatan Sekolah SMA Negeri1 Palembang. ADIJAYA Jurnal Multidisiplin, 1(1), 146–154.
- Magfirani, R. T., & Romelah, S. (2023). Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 1(5), 100–108.
- Nopan, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.
- Patria, W. N. dan A., & M. (2023). Analisis Elemen Dimensi Berkebhinekaan Global Dalam Ekstrakulikuler Karawitan Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1947–1960.
- Purna, T. H., Prakoso, C. V., & Dewi, R. S. (2023). Pentingnya Karakter Untuk Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 192–202.
- Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun.
- Rizki, A., & Imron. (2020). Pengantar Ilmu Hukum Sebuah Tinjauan Teoritis. Dalam CV. Social Politic Genius.
- Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Wijayanti, D. N., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio, 18(1), 172–184. https://doi.org/10.29408/EDC.V18I1.12518
- Yudha, R. A., & Aulia, S. S. (2023). Penguatan Karakter Kebhinekaan Global Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 596–604. https://doi.org/10.31316/JK.V7I1.4853
- Zulyadi, R., Surjanti, S., Mahardhani, A. J., Manullang, S. O., Widiantoro, A. D., & Suprihatin, S. (2024). K-nearest neighbors method prediction of the anti-corruption behavior index by region of residence. 110004. https://doi.org/10.1063/5.0184125


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.