Pembelajaran Pendidikan Kewarganeraan Berbasis Kecakapan Abad 21 dalam Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan di Pendidikan Kejuruan

Eneng Martini* -  STKIP Pasundan, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v7.n1.2022.pp09-16

Artikel ini membahas tentang model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis kecakapan abad 21 dalam meningkatkan kompetensi kewarganegaraan. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan saat ini berbasis kecakapan abad 21 dalam meningkatkan kompetensi kewarganegraaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi dan studi litelatur dengan lokasi penelitian di Kota Bandung. Subyek penelitian ini adalah siswa, guru mata pelajaran PKn, kepala sekolah dan teman sejawat dari guru mata pelajaran PKn. Hasil dari penelitian bahwa  kompetensi kewarganegaraan di pendidikan kejuruan harus adanya pengembangan literasi digital, dan karakter. Berdarsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Model pembelajaran pendidikan kewarganearaan berbasis kecakapan abad 21 dalam meningkatkan kompetensi kewaragnegaraan di pendidikan kejuruan dalam proses pembelajaran sudah berbasis teknologi dan pendidikan karakter terus ditanamkan dengan berbagai kegiatan baik dalam kelas maupun di luar jam pembelajaran.

21st Century Skills-Based Citizenship Education Learning in Improving Citizenship Competence in Vocational Education. This article discusses the 21st-century skills-based citizenship education learning model in enhancing citizenship competencies. This research activity aims to find out the current citizenship education learning based on 21st-century skills in improving citizenship competence. This study uses a qualitative approach with data collection consisting of interviews, observations and literature studies with research locations in the city of Bandung. The subjects of this study were students, civics subject teachers, principals and classmates of Civics subject teachers. The results of the study that citizenship competence in vocational education must be the development of digital literacy, technology, and character. Based on the results of the study it can be concluded that the learning model of 21st Century skills-based civic education in improving citizenship competence in vocational education in the learning process has been based on technology and character education continues to be embedded with various activities both in the classroom and outside of learning hours.

Supplement Files

Keywords
kecakapan abad 21, kompetensi kewarganegaraan, karakter, literasi digital.
  1. Abdul Rozak, A. U. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan (civic education) Pancasila, Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani. Jakarta: Kencana dan ICCE UIN Jakarta.
  2. Aisyah, S., Effendi, H., & Azmi, F. (2019). Pengembangan Model Kontekstual Berbasis Dalihan Na Tolu dalam PSPI untuk Meningkatkan Pemikiran Kritis Mahasiswa, 3(1), 9–17.
  3. Bengtsson, A. (2015a). Educating European citizenship : Elucidating assumptions about teaching civic competence. https://doi.org/10.1177/1478210315595785
  4. Bengtsson, A. (2015b). Educating European citizenship: Elucidating assumptions about teaching civic competence. Policy Futures in Education, 13(6), 788–800. https://doi.org/10.1177/1478210315595785
  5. Bronson. (1998). The Role Civic Education, A Fortcoming Education Policy Task Force position. Komunitarian Netw.
  6. Budimansyah, D. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung: SPS Universitas Pendidikan Indonesia.
  7. Bukit, M. (2014). Strategi dan inovasi pendidikan kejuruan dari kompetensi ke kompetisi. Bandung: Alfabeta.
  8. Cogan, J. J., & Derricot, R. (1998). Citizenship For 21ST Century An International Perspective on Education. London: Kogan Page.
  9. Galician, M. Lou. (2004). Introduction: High time for “dis-illusioning” ourselves and our media: Media literacy in the 21st century, part I: Strategies for schools (K-12 and higher education). American Behavioral Scientist, 48(1), 7–17. https://doi.org/10.1177/0002764204268774
  10. Hardian Permana, F. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”, Malang, 21, (September 2013), 50–61.
  11. Harli, T. (2013, February). Strategi Pembelajaran Abad 21. Retrieved from http://lpmpjogja.org.org/strategi-pembelajaran-abad-21/
  12. Hewett, K. J. E., & Pletcher, B. C. (2018). The 21st-Century Classroom Gamer, 1–26. https://doi.org/10.1177/1555412018762168
  13. Irwan. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity Berbantuan Internet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Kelas Viii Smpn 3 Lembang. Jurnal Studi Pendidikan, XV.
  14. Komalasar, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values and education. Bandung: Rafika Aditama.
  15. Komalasari, K. (2009). The Effect of Contextual Learning in Civic Education on Students ’ Civic Competence Kokom Komalasari Faculty of Social Science Education , Indonesia University of Education , Indonesia. Journal of Social Science, 5(4), 261–270.
  16. Komalasari, K. (2011). Kontribusi Pembelajaran Kontekstual untuk Pengembangan Kompetensi Kewarganegaraan Peserta Didik SMP di Jabar. Mimbar, xxvii(1), 47–55.
  17. Kustandi, C., & Situmorang, R. (2012). Pengembangan Digital Library Sebagai Sumber Belajar Kurikulum dan Teknologi Pendidikan , FIP Universitas Negeri Jakarta.
  18. Malihah, E. (2011). Pendidikan Kewaraganegaraan Berbasis Gender dalam Upaya membangun Karakter Bangsa. Bandung: Laboratorium PKn UPI.
  19. Muhammad Numan, S. (2001). No Title. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  20. Murti, K. E. (2013). Pendidikan Abad 21 dan Implementasinya pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk Paket Keahlian Desain Interior, 1–23. https://doi.org/10.1111/j.1574-6968.2008.01310.x
  21. Peraturan Presiden tahun 2007 vokasi. (2007). No Title.
  22. Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.
  23. Satrijo, B. (n.d.). Membangun Pendidikan Karakter Generasi Muda Melalui Budaya Kearifan Lokal Di Era Global, 39–49.
  24. Silva, B. E. (n.d.). for 21st-Century.
  25. Triatna, C. (2010). Isu Pembelajaran abad 21 dan implikasinya bagi Pembelajaran di SMK.
  26. Union, C.-F. by the E. + P. of the E. (2016). Framework for the Key Citizenship Competences. Europa.
  27. Winatapura, U. S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Muatan Pendidikan / Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Konteks Sistem Pendidikan. Jurnal Moral Kemasyaratakatan, 1(1).
  28. Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Makasar.

Full Text: Supp. File(s):
Pembelajaran Pendidikan Kewarganeraan Berbasis Kecakapan Abad 21 dalam Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan di Pendidikan Kejuruan
Subject
Type Research Instrument
  Download (70KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2022-01-28
Published: 2022-06-03
Section: Artikel
Article Statistics: