Strategi Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Literasi Sekolah Di Ma Al Islamiyah Uteran Geger Madiun

Azwan Najibuddiin* -  Ma Al Islamiyah Uteran Geger Madiun, Indonesia
Sutrisno Sutrisno -  Universitas Muhammadiiyah Ponorogo, Indonesia
Sunarto Sunarto -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp53-66

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui strategi perencanaan implementasi profil pelajar Pancasila berbasis literasi sekolah di MA Al Islamiyah Uteran Geger Madiun. 2) Untuk mengetahui strategi pelaksanakan implementasi profil pelajar Pancasila berbasis literasi sekolah di MA Al Islamiyah Uteran Geger Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di MA Al Islamiyah Uteran Geger Madiun dengan jumlah siswanya mencapai 115 siswa dengan rincian 63 siswa laki-laki dan 52 siswa perempuan. Adapun penelitian ini, dalam pengumpulan data dengan menggunakan prosedur wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) strategi perencanaan implementasi profil pelajar Pancasila berbasis literasi sekolah di MA Al Islamiyah Uteran diwujudkan melalui 4 penyusunan program yaitu: pembuatan program pembiasaan, penyisipan nilai karakter dalam KBM, program pondok dan pembuatan program ekstrakurikuler. 2) Strategi pelaksanakan implementasi profil pelajar Pancasila berbasis literasi sekolah di MA Al Islamiyah diwujudkan melalui pelaksanaan program pembiasaan, penyisipan nilai karakter dalam KBM, program pondok dan pelaksanaan program ekstrakurikuler.
Keywords
Implementasi Pelajar Pancasila Literasi Sekolah
  1. Abbas. 2018. “Pengembangan Profesionalisme Guru (Achmad Dasuki).” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (1):639–56.
  2. Adha, M. M., Parikesit, H., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PKn di Masa Pandemi Covid-19 demi Masyarakat Taat PSBB.
  3. Andriani, B., Sutrisno, S., & Sunarto, S. (2017). PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI MTs MUHAMMADIYAH 01 TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN. EDUPEDIA, 1(1), 50-66.
  4. Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35-48.
  5. Aini, Prastya Nor, dan Abdullah Taman. 2012. “Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10(1):48–65. doi: 10.21831/jpai.v10i1.921.
  6. Anif Istianah, Sukron Mazid, Sholihun Hakim, Rini Puji Susanti. 2021. “‘Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus.’” Gatra Nusantara 19 No.1(Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya dan Pendidikan):59–68.
  7. Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.
  8. Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 44
  9. Ayu, Niken, dan Dinar Utami. 2020. “Penerapan Nilai-Nilai Qur ’ Ani Dalam Membangun Karakter Siswa Program Studi Pendidikan Agama Islam.”
  10. Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.
  11. Buchari, Agustini. 2018. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 12(2):106. doi: 10.30984/jii.v12i2.897.
  12. Dhani, Rikha Rahmiyati. 2020. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum.” Jurnal Serunai ™Administrasi Pendidikan 9(1):45–50. doi: 10.37755/jsap.v9i1.251.
  13. DWIKA, F. (2012). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir) (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).
  14. Fathani, A. T., & Qodir, Z. (2020). Agama Musuh Pancasila? Studi Sejarah Dan Peran Agama Dalam Lahirnya Pancasila. Al-Qalam, 26(1), 117-128.
  15. Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia.
  16. Fauzi, Fadil Yudia, Ismail Arianto, dan Etin Solihatin. 2013. “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Ppkn Unj Online 1(2):1–15.
  17. Hafizuddin, Muhammad, dan Bin Che. 2016. 25(3):1–23.
  18. Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan Revolusi Industri 4.0. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 6(1), 70-78.
  19. Herawati, H., & Mulyani, D. (2016). Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk pada Ud. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. UNEJ e-Proceeding, 463-482.
  20. Hermansyah, Agus Kichi, S. Suyono, dan Muakibatul Hasanah. 2017. “Desain Pembelajaran Berbicara Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Kemanusiaan Melalui Bermain Peran.” Jurnal Edukasi 4(1):38. doi: 10.19184/jukasi.v4i1.5089.
  21. Ikbal, A. F. H. (2019). Moralitas Kemanusiaan Berdasarkan Fakta Sosial Émile Durkheim dan Ayat-Ayat Sosial M. Quraish Shihab (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
  22. Isjoni, I., Fikri, A., Riantama, M. Y., & Yuliantoro, Y. (2019). PEWARISAN NILAI-NILAI BUDAYA RUMAH LONTIOK KEPADA GENERASI MUDA. Jurnal Akrab Juara, 4(4), 193-202.
  23. JUZAILI, M. G. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH SUNAN KALIJAGA LIRBOYO KOTA KEDIRI.
  24. Juliani, Asarina Jehan, dan Adolf Bastian. 2021. “Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 257–65.
  25. Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 15-26.
  26. Kusuma, Febrian Widya, dan Mimin Nur Aisyah. 2012. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10(2):43–63. doi: 10.21831/jpai.v10i2.912.
  27. Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.
  28. Maduki, H. (2017). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (ME) A (Vol. 30). Duta Media Publishing.
  29. Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11-22.
  30. MARULY, H. U. R. (2021). PEMIKIRAN DAN GERAKAN DAKWAH MOH. NATSIR DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM DIINDONESIA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
  31. Masitoh, Siti. 2018. “Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045.” Proceedings of The ICECRS 1(3):13–34. doi: 10.21070/picecrs.v1i3.1377.
  32. Maulana, M. (2017). Konsep dasar matematika dan pengembangan kemampuan berpikir kritis-kreatif. UPI Sumedang Press.
  33. Mulyo Teguh. 2017. “Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti.” Prosiding Seminar Nasional 18–26.
  34. Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter.
  35. Nikmah, S. A. (2019). MANAJEMEN MI UNGGUL (STUDY KASUS PADA MI MODERN BANI ADAM KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019) (IAIN SALATIGA).
  36. Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181.
  37. Ningsih, Dewi Puspita, dan Izza Maulida. 2019. “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV di SDN I Gapuk.” Jurnal Pendidikan 3(1).
  38. Oktavianti, Ika, Eka Zuliana, dan Yuni Ratnasari. 2017. “Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah.” Prosiding Seminar Nasional 1(1):35–42.
  39. PRADITA, N. E. (2018). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN.
  40. Pratiwi, Ratih, dan Anatia Trisiana. 2020. “Pentingnya Peran Guru PKn dalam Membangun Moral Anak Bangsa.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 10(1):32–40.
  41. Rahma, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: teori dan aplikasi. Kencana.
  42. Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151-174.
  43. Rosmaya, Elin. 2018. “Menumbuhkan Minat Baca Anak Mengunakan Media Big Book Untuk Menciptakan Budaya Literasi Di Sd 1 Balagedog, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.” Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar 1(1):42. doi: 10.33603/caruban.v1i1.1179.
  44. Rusnaini, Raharjo, Anis Suryaningsih, dan Widya Noventari. 2021. “Intensifikasi Profil pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa.” Jurnal Ketahanan Nasional 27(2):230–49.
  45. Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7(1).
  46. Saputri, G. L., W. Wardono, 2019. “Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating” PRISMA, Prosiding 2:563–71.
  47. Sejarah, Pendidikan, dan Universitas Lampung. 2021. “E d u k a s i.” 13(02):91–108.
  48. Setyaningsih, F., & Wardani, D. A. W. (2020). Konsep Nilai Moderasi dalam Kitab Sarasamuscaya. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 72-81.
  49. Saomi, M. R., & Muvid, M. B. (2020). ISLAM DAN CORONA: Upaya Mengkaji Covid-19 dengan Pendekatan Islam. Goresan Pena.
  50. Sholeh, Makherus. 2016. “Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Budaya Religius di Sekolah (Studi di SD LPI Zumrotus Salamah Tulungagung).” Al-Adzka, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6(01):129–50.
  51. Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
  52. Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
  53. Sunarto, S. (2010). lmplementasi Program Pendukung Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Daerah Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Dimensi, 2(1), 57-78.
  54. Suragangga, I. M. N. 2017. “Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 3.
  55. Suraya, Suraya, Agustina Zubair, dan Diah Wardhani. 2019. “Literasi Membaca Anak-Anak Di Pesisir Pantai Sawarna, Lebak Banten.” Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan 3(1):62–74. doi: 10.30813/jpk.v3i1.1556.
  56. Susanto, Heri, Bambang Subiyakto, dan Helmi Akmal. 2020. Buku Profesi Keguruan.
  57. Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.
  58. Susilo, Agus, dan Sarkowi Sarkowi. 2018. “Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi.” Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah 2(1):43. doi: 10.17509/historia.v2i1.11206.
  59. Suswanto, A. (2020). KEMAMPUAN KEMAMPUAN MENGELOLA PROGRAM BELAJAR MENGAJAR (Suatu Konsep Teoritis Dalam Pembentukan Guru Profesional). Murabbi, 3(1).
  60. Sutrisno, S., dan Mukhamad Murdiono. 2017. “Pengembangan modul pendidikan anti korupsi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas x sekolah menengah atas.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 4(1):55–66. doi: 10.21831/hsjpi.v4i1.9789.
  61. Sutrisno, S. (2021). AKHLAK MENUNTUT ILMU MENURUT ISLAM (Studi Kitab Al-Akhlak Lil Banin Karya Syeikh Umar Bin Achmad Baradja) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
  62. Syahid, Ahmad. 2008. “KUALITAS PENGAJARAN GURU AGAMA DAN.”
  63. Tunardi. 2018. “Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi.” Perpustakaan Nasional Republik Indonesia 25 (3)(3):69–70.
  64. WIBOWO, A. A. (2013). IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI KEJAKSAAN NEGERI SURAKARTA (Studi Tentang Hak Informasi Publik) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA).
  65. Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
  66. Yadi Ruyadi. 2010. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal (Penelitian terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah).” Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI (November):576–94.
  67. Yani, A. (2008). Pendidikan kewarganegaraan.
  68. Yudiati, E. (2020). Hasil Penelitian: Analisis Kebutuhan Untuk Resiliensi Pada Ibu Dari Anak Autis. Jurnal Psikologi.
  69. Zubaidah, Siti. 2016. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.” Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21 (Desember):1–17.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-11-21
Published: 2022-12-01
Section: Artikel
Article Statistics: