Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan Pacitan

Rofi Rudiawan* -  SMA Negeri Tulakan Pacitan, Indonesia
Hadi Cahyono -  Universitas Muhamamdiyah Ponorogo, Indonesia
Ambiro Puji A -  Universitas Muhamamdiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp23-35

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan. 3) Untuk mengetahui upaya dalam mengatasi hambatan praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SMA Negeri Tulakan. Adapun dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan prosedur wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut:1) Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan diwujudkan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan budaya sekolah. 2) Faktor pendukung: guru yang sudah sertifikasi, kerja sama wali murid, kurikulum yang sudah baik, pengawasan kepala sekolah, sarana, dan prasarana yang lengkap,  sifat asli dan kepribadian peserta didik. Sedangkan faktor penghambat : ada guru dan staf belum sertifikasi, jarak rumah peserta didik yang jauh, koleksi buku kurang, keterbatasan guru dalam mendesain modul pembelajaran yang baik, dan bawaan karakter negative peserta didik. 3) Upaya dalam mengatasi hambatan dalam praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan yaitu mengikutkan guru dalam kegiatan workshop atau pelatihan, bekerja sama dengan tiga serangkai dalam akses informasi dan jurnal, mengikutsertakan guru mapel penggerak, serta pendampingan pemanfaatan IT, melakukan pendampingan kepada peserta didik.

Keywords
Karakter Profil Pelajar Pancasila SMA Negeri Tulakan
  1. Agung, I. (2017). Peran fasilator guru dalam pendidikan karakter ( PPK ). PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119.
  2. Asmaroini, A. P. (2016). Praktik nilai-nilai pancasila bagi peserta didik di era globalisasi. CITIZENSHIP: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 440–450.
  3. Asmaroini, A. puji. (2019). Praktik Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Pramuka. 7, 28–39.
  4. BPPPK Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. In Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
  5. Azzahra, K. S., & Dewi, D. A. (2021). Praktik Pancasila Bagi Pembentuk Karakter Bangsa Sebagai Proses Pembelajaran Terhadap Masyarakat. Jurpis : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 86–100.
  6. Batu, J. L., Teti Berliani, & Nugroho, P. J. (2020). Manajemen Program Pendidikan Karakter Di Smk Karsa Mulya Palangka Raya. Equity in Education Journal (EEJ), 3(2), 103–109.
  7. Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 269–288.
  8. Hidayati, A. (2016). Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 1–195.
  9. Indonesia, (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  10. Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 76–84.
  11. Karo. (2018). Nilai-nilai Kepemimpinan Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 594–597.
  12. Kurnia, R., & Sulfia, M. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pemikiran Zakiah Daradjat. FITRA, 3(2), 77–86.
  13. Ningsih, T. (2015). Praktik pendidikan karakter.
  14. Pahlevi, F. S. (2014). Peningkatan Kualitas Pendidikan Moral. Al-Adabiya : Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, Vol. 9 No., 21–44.
  15. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementrian Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024, (2020).
  16. Purnama, C. S. (2020). Pemikiran Soedjatmoko tentang Pendidikan dan Relevansinya pada Abad Ke-21 di Indonesia. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 3(58), 185–197.
  17. Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Praktik Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.
  18. Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi
  19. Peserta didik. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.
  20. Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Praktik Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial, 3, 78–87.
  21. Sakman, & Bakhtiar. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Dan Degradasi Moral Di Era Globalisasi. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 14(April), 01–08.
  22. Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
  23. Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–13.
  24. Wisnujati, et al (2021). Mereka Belajar Merdeka Mengajar. In Nuevos sistemas de comunicación e información.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-11-15
Published: 2022-12-01
Section: Artikel
Article Statistics: