Perilaku Politik Mahasiswa dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020

Sulton Sulton -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Sunarto Sunarto -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Ardhana Januar Mahardhani* -  (SINTA ID : 6121361) Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk. v7.n1.2022.pp56-61

Fokus dalam penelitian ini adalah melihat perilaku politik mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juli 2021 di Universitas Muhammadiyah Ponorogo.  Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa yang dapat merepresentasikan keadaan dari obyek penelitian. Informan diperoleh menggunakan metode snowball yang berasal dari 24 program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat faktor yang mempengaruhi perilaku politik mahasiswa yaitu struktur kepribadian, lingkungan sosial politik tak langsung, lingkungan politik langsung yang mempengaruhi dan membentuk kepribadian aktor, dan lingkungan politik langsung berupa situasi, kesemuanya menjukkan indikator positif dalam mempengaruhi perilaku. Terdapat satu indikator yang tidak mempengaruhi perilaku adalah lingkungan politik langsung berupa situasi yang menyebutkan bahwa Pemilukada ini bukan merupakan bentuk dari eksternalisasi dan pertahanan diri terhadap situasi.

Student Political Behavior In The Election Of Local Heads Synchronously In 2020. The focus of this research is to look at the political behavior of students at the Muhammadiyah University of Ponorogo. This study uses a qualitative descriptive approach, carried out from April to July 2021 at the Muhammadiyah University of Ponorogo. The number of informants in this study were 100 students who could represent the state of the research object. Informants were obtained using the snowball method from 24 study programs at the Muhammadiyah University of Ponorogo. The results showed that four factors that influence student political behavior are personality structure, indirect socio-political environment, direct political environment that influences and shapes the personality of actors, and direct political environment in the form of situations, all of which show positive indicators in influencing behavior. There is one indicator that does not affect behavior, namely the direct political environment in the form of a situation which states that this General Election is not a form of externalization and self-defense against the situation.

Keywords
Perilaku, Politik, Pemilihan
  1. Ariyani, Y. (2018). PERILAKU POLITIK MENYIMPANG DALAM KONTESTASI PEREBUTAN. Personifikasi, 9(2), 106–115. https://doi.org/10.21107/PERSONIFIKASI.V9I2.5823
  2. Arswendi, R. (2017). Media, Pilkada Serentak, dan Demokrasi. Jurnal Transformative, 3(2), 31–41.
  3. Drajat, A. (2018, December 1). Perilaku dan Partisipasi Politik: Pengertian hingga Bentuk . https://www.portal-ilmu.com/2018/12/perilaku-dan-partisipasi-politik_10.html
  4. Haboddin, M. (2018). Politik Keluarga dalam Pilkada Serentak. Jurnal Transformative, 3(2), 1–15.
  5. Ibrahim, I. (2013). AGAMA DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM (Pandangan Abul A’la Maududi). Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 8(2), 103–116. https://doi.org/10.24042/AJSLA.V8I2.589
  6. Lestari, E. Y., & Arumsari, N. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pemilihan walikota semarang di kota semarang. Integralistik.
  7. Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055
  8. Morrisan. (2016). Tingkat Partisipasi Politik dan Sosial Generasi Muda. Visi Komunikasi.
  9. Nur Wardhani, P. S. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407
  10. SaifulMujani. (2020, July 29). Tingkat Kepercayaan Publik pada TNI dan Presiden Paling Tinggi . https://saifulmujani.com/tingkat-kepercayaan-publik-pada-tni-dan-presiden-paling-tinggi/
  11. Setiawan, I. (2018, December). Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang Menggembirakan (dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi). Prosiding Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10601
  12. sosialpolitik.filsafat.ugm.ac.id. (2017, August 3). PERAN MAHASISWA DALAM SOSIAL POLITIK UNTUK MEWUJUDKAN INDONESIA LEBIH MAJU. https://sosialpolitik.filsafat.ugm.ac.id/2017/08/03/peran-mahasiswa-dalam-sosial-politik-untuk-mewujudkan-indonesia-lebih-maju/
  13. Sulton, S., Mahardhani, A. J., & Sunarto, S. (2021). STRENGTHENING CITIZEN POLITICAL EDUCATION TO MUHAMMADIYAH YOUTH. Didaktika Religia, 9(2), 399–418. https://doi.org/10.30762/DIDAKTIKA.V9I2.3483
  14. Sunarto, S., Sulton, S., & Mahardhani, A. J. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN POLITIK SEBAGAI REPRESENTASI POLITIK KEWARGAAN JELANG PEMILUKADA SERENTAK TAHUN 2020. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43–49. https://doi.org/10.46576/RJPKM.V2I1.878
  15. Wakhidah, A. R. (2020). DEMOKRASI DI KAMPUS : PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM RAYA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO TAHUN 2019 . http://eprints.umpo.ac.id/5962/

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-06-03
Published: 2022-06-03
Section: Artikel
Article Statistics: