PENDIDIKAN NILAI MORAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF GLOBAL

Alfian Dwi Primantoro* -  SMP Terpadu Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/JPK.v1n1.2016.1-8

Pendidikan nilai moral sebagai pemecah masal atau isu-isu Global antara lain
pelanggaran hak-hak asasi manusia (HAM), fenomena kekerasan, dan penyalahgunaan narkotika Yang sekarang ini marak terjadi disemua negara. Banyak langkah-langkah melalui pendidikan nilai moral, melalui perbandingan antar negara, teori nilai moral, pendekatan, metode dan tekhnik pendidikan nilai moral. Solusi tersebut sangat diharapkan untuk menyelesaikan masalah dan isuisu didalam tatanan global

Keywords
pendidikan nilai moral, globalisasi
  1. Afiyah, dkk. 2003. “Strategi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Umum di Kotamadya Yogyakarta: Sebuah Kajian Pembelajaran Afektif”. Jurnal Penelitian Agama. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Belen, S. 2004. “Pendidikan Nilai Diperlukan untuk Menjawab Tantangan Global.” Kompas. Miller, John P. 1976. Humanizing the Classroom: Models of Teaching in Affective Education. New York: Praeger Publisher. Muhadjir, Noeng. 1988. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Suatu Teori Pendidikan. Yogyakarta: Rake Sarasin. Muhaimin, et,al. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Rosdakarya. Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta. Kaswardi, K. (Editor) 1993. Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000. Jakarta: PT Gramedia. Zuchdi, Darmiyati. 2008. Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2017-01-17
Published: 2016-07-27
Section: Artikel
Article Statistics: