Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 1 Karanglewas
DOI : 10.24269/jpk.v10.n1.2023.pp21-30
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 1 Karanglewas, dan menganalisa faktor pendorong dan penghambat implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Karanglewas. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui empat tahap yakni collecting data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi data yang dilakukan secara interaktif hingga kegiatan analisis data selesai. Anisis data menggunakan bantuan software Nvivo 12 Plus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat membentuk kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Karanglewas melalui pelaksanaan seluruh tema. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Karanglewas telah dirancang dengan baik sehingga menjadi program yang tersistem. Program P5 dalam pelaksanaanya terdapat pembinaan, pembiasaan, pengawasan, manajemen tim dan waktu, serta program yang dikemas menarik sehingga mendukung pembentukan karakter disiplin pada siswa, Faktor pendorong impelmentasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Karanglewas yaitu keterlibatan aktif warga sekolah yang diantaranya adalah guru, tim fasilitator P5, kepala sekolah, dan siswa, kesadaran siswa akan pentingnya kedisiplinan, nilai-nilai Pancasila yang tertanam dalam diri siswa, fasilitas dan layanan yang memadai. Kemudian faktor yang menjadi penghambat adalah hal yang berasal dari siswa antara lain kebiasaan buruk yang dibawa dari luar sekolah, pengaruh lingkungan di luar sekolah, keterbatasan sosial dan emosional siswa, dan kecenderungan tidak menganggap penting. Hal tersebut yang menghambat terbentuknya kedisiplinan siswa. akan tetapi antara faktor-faktor yang mendorong dan menghambat, faktor pendorong yang lebih signifikan mempengaruhi pelaksanaan P5 di SMP Negeri 1 Karanglewas.
- Anandari, D. P. (2022). Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas V Di Sdn 48 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2),122-128.
- Bandur, A. (2019). Penelitian Kualitatif : Studi Multi-Disiplin Keilmuan dengan NVivo 12 Plus. Jakarta: Mitra Wacana Media.
- Ditjendikdasmen. (2020). Osis Sebagai Wadah Siswa Penggerak (Jenjang SMP). Jurnal Repositori Kemendikbud.
- Djunaidi, A., & Sarimawati, T. (2019). Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Peranan Guru Dalam Membina Sikap dan Kedisiplinan Siswa Melalui Pendekatan Keteladanan Guru di SMP Negeri 2 Donggo. Jurnal Universitas Muhammadiyah Mataram 7(2), 19–26.
- Faiz, F. R. F., Nurhadi, N., & Rahman, A. (2021). Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Pada Sekolah Berbasis Asrama. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 309–326.
- Gordon, Thomas.1996. Mengajar Anak Berdisiplin Diri di Rumah dan di Sekolah : PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
- Insani, F. (2020). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8 (1), 43-64.
- James, William. (1912). The Sensorimotor Embodiment of Habits. Cambridge University Press.
- Kemendikdasmen.(2022). Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Itu Menyenangkan. Jurnal BPMP Provinsi Kalimantan Utara.
- Kemendikbudristek. (2022a). Mengenal Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Merdeka Belajar.
- Kemendikbudristek. (2022b). Pengertian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kemendikbudristek. (2022c). Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Jurnal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Kemendikbudristek. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (edisi revisi 2024). Jurnal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Kemendikbud (2024). Bidik P5: Bangunlah Jiwa dan Raganya. Jakarta: Erlangga Mahameru.
- Lexi J Moleong. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, (Edisi Revisi). Bandung: RemajaRosdakarya.
- Mamonto, S. dkk. (2023). Disiplin Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup.
- Muhbitin, Arifatul. (2019). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi (Osis) Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswi Kelas Viii Putri Mts Darul Huda Mayak Ponorogo. Jurnal IAIN Ponorogo.
- Priyatni, E., Zakaria, I., Supriyanto, A., Fachrunnisa, R., & Suryani, A. (2020). Pemanfaatan Nvivo dalam Penelitian Kualitatif. Pusat Pendidikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang.
- Rufaedah, E. (2021). Peran Guru Bk Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Balongan. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling., 2(1), 8-15.
- Santoso, G. (2020). The Structure Development Model Of Pancasila Education ( Pe ) And Civic Education ( Ce ) At 21 Century 4 . 0 Era In Indonesian. (i), 175–210.
- Skinner, B.F. (1938).The Behavior of Organisms: An Experimental Analysis. Digital Library of India.
- Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Edisi 2). Bandung: Alfabeta.
- Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi.Revisi). Rineka Cipta.
- Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696–703.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.