Kajian Peran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Manajemen Krisis: Pembelajaran dari Situasi Pasca Konflik

Muhammad Diwanul Mujahidin* -  , Indonesia
Muhammad Turhan Yani -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Harmanto Harmanto -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v10.n1.2025.pp51-61

Konflik diidentifikasi sebagai suatu bentuk interaksi sosial yang tidak bisa dihindarkan dalam kehidupan masyarakat. Konflik juga bisa bermuatan negatif jika menimbulkan perpecahan. Sehingga diperlukan berbagai pendekatan kewarganegaraan sebagai salah satu upaya dalam menghadapi suasana pasca konflik. Artikel ini mengkaji strategi manajemen krisis, dengan menekankan pentingnya peran pendidikan kewarganegaraan yang mengambil pelajaran dari situasi pasca konflik. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis pendekatan-pendekatan yang efektif dalam mengelola pembelajaran saat terjadinya krisis pasca konflik. Hal ini juga bertujuan sebagai tanggung jawab akademis lingkungan pendidikan, khususnya dalam konteks kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode scoping literature review. Hasil penelitian memaparkan bahwa penerapan pendidikan kewarganegaraan yang inklusif, pendekatan berbasis komunitas, serta integrasi nilai-nilai perdamaian dan toleransi merupakan strategi yang berhasil dalam mengatasi tantangan di situasi pasca konflik. Artikel ini menyimpulkan bahwa strategi manajemen krisis yang efektif dalam pendidikan kewarganegaraan dapat berkontribusi signifikan terhadap pembangunan perdamaian dan stabilitas sosial.
Keywords
Pendidikan Kewarganegaraan, Konflik, Manajemen Kritis
  1. Agus, A. I., Nurlim, R., Asnaniar, W. O. S., Alam, R. I., Padhila, N. I., Ernasari, E., & Ramli, R. (2023). Studi Literatur (Systematic, Narative, Scoping, Argumentative, Theorical). Eureka Media Aksara.
  2. Atmaja, J. P., & Salahuddin, M. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Moral Antar Mahasiswa. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 03(02), 39–44. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas
  3. Aulia, S. N., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Generasi Muda. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 268–275.
  4. Benavot, A., Williams, J. H., & Naidoo, J. (2024). Should we not be educating for resilience? Leveraging SDG4 in times of crisis. International Journal of Educational Development, 104, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102929
  5. Ciro, E., Ryder, M., & Sánchez, S. (2024). Peace and reparations in legal drug markets in Colombia. Futures, 157, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.futures.2024.103336
  6. Dakhi, A. Z. (2023). Analsis Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Partisipasi Politik bagi Peserta Didik. Attractive : Innovative Education Journal, 5(1), 421–427. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
  7. Fahmi, R., Latuconsina, H., Djamaludin, D., & Lesmana, S. J. (2024). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau dari Konsep dan Permasalahan Global. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 24(1),1–10. https://doi.org/10.33592/pelita.v24i1.5080
  8. Fauziah, F. (2019). Civic Education di Negara Korea Selatan dan Inggris. Jurnal Foundasia, 10(2), 64–78.
  9. Gole, H., & Marianta, Y. I. W. (2024). Pancasila Sebagai Paradigma Penyelesaian Konflik Pembunuhan Massal Tahun 1966 di Maumere, Flores Timur. Civic Society Research and Ecucation, 2, 14–26. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.
  10. Graf, E., Stempfer, L., Muis, K. R., & Goetz, T. (2024). Classroom emotions in civic education: A multilevel approach to antecedents and effects. Learning and Instruction,90,1–11. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101869
  11. Hadju, Z. A. A. (2019). Anotasi Spirit Unable dan Unwilling Terhadap Kejahatan Perang Israel Palestina. JALREV: Jambura Law Review, 1(2), 167–191. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jalrev/
  12. Harahap, S., Paturochman, I. R., & Lubis, M. (2023). Menanamkan Kritisisme Konstruktif di Perguruan Tinggi: Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengelola Tren Kontroversial Mahasiswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173–181. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3440
  13. Hasanah, U., Putri, M. K., Nafsiyah, A. T., Wulandari, W., & Firdaus, I. I. (2022). Kedudukan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Pendidikan Karakter Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(3), 289–292. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.376
  14. Imelda Saskia, S. (2023). Analisis Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Nasionalisme Warga Negara. Jocer: Jurnal of Civic Education Research, 1(1), 6–10. https://journal.tirtapustaka.com/index.php/jocer
  15. Isa, S. F. P., & Dewi, D. A. (2021). Peran dan Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Karakter Siswa di Era Globalisasi. Harmony, 6(1), 66–71.
  16. Jannah, A. N., N, P. S., Yahya, R. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mewujudkan Sekolah Damai di Tengah-Tengah Kehidupan Masyarakat Pluralis. Jurnal Basicedu, 5(6), 5266–5274. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1604
  17. Nagle, J. (2024). Bridging capital after civil war? Protest, acts of citizenship and public space in Beirut. International Journal of Disaster Risk Reduction, 100, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2023.104199
  18. Nato. (2022, July 7). Crisis Management . https://www.Nato.Int/Cps/En/Natohq/Topics_49192.Htm.
  19. Pattipeilhy, S. C. H., & Sitompul, Y. A. C. (2022). Perang Rusia-Ukraina, Gangguan Transportasi Multimoda, dan Kerawanan Rantai Pasokan Pangan Global. Jurnal Transportasi Multimoda, 20(2), 56–68. https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
  20. Prayogi, R., Komalasari, K., Heru Nurgiansah, T., & Suriaman. (2023). Kajian Perbandingan Civic Education di Eropa dan Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2342–2355.
  21. Putra, I. G. S. Y., Mangku, D. gede S., & Yuliartini, N. P. R. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Korban Perang dalam Prespektif Hukum Humaniter Internasional (Studi Kasus Tawanan Perang Anak Palestina Oleh Israel). Journal Komunikasi Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Ilmu Hukum, 5(2), 243–253.
  22. Rachmawaty, S. (2023). Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Generasi Penerus Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik (JPKP), 1(1), 34–42.
  23. Rahadyan, R., Latupella, G. C., & Setiawati, D. (2024). Dampak Politik Konflik Yaman Tahun 2011. Jurnal Nirwasita, 5(1), 7–13.
  24. Rasyid, M. (2022). Nasib Diaspora Palestina di Kuwait: Antara Rumah Kedua dan Dampak Perang Teluk. Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH), 5(2), 190–198. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSH
  25. Rifki, A. W. (2022). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 46–51. https://journal.actual-insight.com/index.php/didactica
  26. Sold, A., Refaeli, T., & Omar, N. (2024). Arab mothers’ viewpoints: Why their children are removed from home. Child Abuse and Neglect, 152, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2024.106793
  27. Sudirman, I. N., & Sukasani, G. A. (2024). Membentuk Generasi Emansipasi: Peran Kewarganegaraan dan Kurikulum Merdeka di SD. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 193–197.
  28. Sytrisno, S., Sapriya, Komalasari, K., & Rahmat. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Global Sebagai Resolusi Konflik Sosial. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 43–54. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp25-34
  29. Turhan Damar, H., Ordi̇n, Y. S., & Erki̇n, Ö. (2024). Religious attitude and sense of citizenship effect on organ donation in nursing students: A cross-sectional study. Nurse Education in Practice, 76, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2024.103937
  30. Vandita, L. Y., & Taufik, A. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Generasi Muda. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 290–297. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i2.900
  31. Varelasiwi, R. S. (2023). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai penanaman Pendidikan Karakter Siswa dalam Membangun Jiwa Nasionalisme. Proceedings Series of Educational Studies National Conference from Magister of Education Management, 5, 153–160.
  32. Viga, E., & Refstie, H. (2024). Unsettling humanitarian binaries: Civic humanitarianism and relational aid among South Sudanese refugees in Uganda. Geoforum, 150, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2024.103974
  33. Widiatmaka, P. (2022). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di dalam membangun Karakter Bangsa Peserta Didik. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan., 5(1), 1–10.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-12-12
Published: 2025-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: