Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Musyawarah Siswa Kelas II di SDS An-Nuriyah

Okta Rosfiani -  Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Aisyah Nuraini* -  Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Iven Nabila Fauziah -  Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Muhammad Adhib Ubaidillah -  Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Siti Fatimah Tu Zahroh -  Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Radja Faturrahman -  Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v10.n1.2025.pp87-96

Kunci utama untuk mengetahui apakah siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran adalah dengan adanya atau tidak adanya hasil belajar yang telah dicapai. Penggunaan model pembelajaran yang efisien sangat penting untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik model Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SDS Islam An-Nuriyah, khususnya pada materi musyawarah yang diajarkan di kelas dua. Penelitian ini menggunakan pendekatan dua siklus berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ada empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat secara signifikan di seluruh siklus, dari 31,3% pada kondisi awal menjadi 78,13% pada siklus pertama dan 96,88% pada siklus kedua. Dengan peningkatan yang nyata dalam hasil belajar siswa dan implementasi PBL, dapat dikatakan bahwa metrik ini berada dalam kategori “sangat baik”. Tentunya, setiap siklus memengaruhi keberhasilan ini siklus pertama menerapkan pendampingan intensif oleh guru dan penambahan media pembelajaran yang relevan, siklus kedua dipengaruhi oleh peningkatan motivasi siswa, keaktifan dalam proses pembelajaran, dan kemampuan mereka bekerja sama dalam kelompok. Penggunaan PBL mendorong siswa untuk lebih terlibat dan bekerja sama dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman mereka terhadap konten topik. Studi ini menemukan bahwa ketika model Problem Based Learning (PBL) digunakan dalam prosedur pembelajaran di kelas, siswa lebih terlibat, bekerja sama, dan bersenang-senang saat belajar. Strategi ini berhasil meningkatkan pendidikan kewarganegaraan siswa kelas dua di SDS An-nuriyah.Metode ini direkomendasikan untuk diterapkan secara berkelanjutan pada materi pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Keywords
Hasil Belajar; PBL; Musyawarah; Penelitian Tindakan Kelas.
  1. Aqib, Z. (2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Yrama Widya.
  2. Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
  3. Aspini. (2020). Implementasi Pemb elajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Sisw a Kelas VI SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 72–79.
  4. Amaliyah, N., Triastuti, R., Noventari W. Penereapan Model Pembelajaran Project Based Learning(PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan. Jurnal PPKn. 12(2), 64-71.
  5. Azzahra, A.F., Utama, .N.W., Wahyuni. N. I., & Fitrianawati. Peningkatan Pemahaman Pembelajaran PKN Melalui Model Pembelajaran PBL Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Srondol Kulon 01. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline. 1(11), 333-337.
  6. Farah, N. A., Ardianti, S. D., & Fajrie, N. (2024). Pengaruh Model PBL Berbantuan Nessa Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Kelas V SD. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 1652–1659.
  7. Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.
  8. Kusumahati, E., Muchtarom, &Yuliandari, E (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Pertisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X E-4 SMA Negeri 1 Karangayar Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal PPKn 12(2), 1-13.
  9. Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. BINTANG, 2(3), 418–430.
  10. Madiong, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Makasar: Celebes Media Perkasa. Millah, A. S., Apriyani, Arobiah., (2023) Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1(2) .
  11. Makiyah, D. F., Robiansyah, D.F. Penerapan Model Galellery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn di Kelas V SDN 1 Wangkelang. Harmony. 8(2), 96-104.
  12. Munthe, A. F., Harahap, M. J., Fajri, Y., (2023). TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
  13. KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan dan Riset 1 (1).
  14. Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.
  15. Nastiti, R.S., Subowo.A (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Kerjasama Dalam Pembelajaran PPKN ( Studi Kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta). Jurnal PPKn.12(2), 14-26.
  16. Nurgiansyah, T.H., Pratama, F. F., Nurchotimah., A. S. I., (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan II (1).
  17. Novia, N. A., Radya Nasyawa, Susilo Tri Widodo, & Junianto. (2023). Penerapan Problem Based Learning Guna Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis Bagi Siswa dalam Pembelajaran PKn SD. Jurnal Basicedu, 7(6), 3923–3930.
  18. Saidurrahman. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan NKRI Harga Mati. Jakarta: KENCANA.
  19. Pipit Muliyah, D. A. (2020). Inovasi Pembelajaran. Journal GEEJ, 191.
  20. Rosfiani, O., Hermawan, C. M., (2019). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI TANGERANG SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
  21. Rosfiani, O., Sri Wahyuni, Miko Dwi Irawan, Wahyu Nurdianto, Angkasa Putra Mandala Guna. (2024) Problem-Based Learning in Civics Education (PKN): A Classroom Action Research in Indonesia. EDUTREND: Journal of Emerging Issues and Trends in Education, 1(3). https://rcsdevelopment.org/index.php/edutrend/article/view/303
  22. Winarno, W. (2022). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5.
  23. Wahyudi, A. S., Eko, B., & Kusuma, G. E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kaibon 01 pada Materi PKn Melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning). MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1662–1669.
  24. Yusna Dewi, (2022). Penerapan Pembelajaran Model Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Positif Pada Pelajaran PKN Di kelas IX-1 MTSN Siabu Tahun Ajaran 2020/2021. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis.3(2), 100-113.
  25. Zamorni. (2005). Pradigma Pendidikan Masa Depan. Journal of Chemical Information and Modeling, 2.
  26. Zaidah, A., & Hidayatullah,A. Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.
  27. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan,5(4), 1627–1634..

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-12-11
Published: 2025-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: