Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Metode Snowball Throwing Di Kelas X-8 SMAN21 Surabaya

Nabila Syahira* -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Listyaningsih Listyaningsih -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Kristiwi Estuningsih -  SMA Negeri 21 Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v9.n2.2024.pp164-170

Penelitian ini membahas model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan pentingnya keterampilan berpikir kritis, dengan tujuan menggabungkan metode snowball throwing dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian yang berfokus pada pemahaman siswa tentang konsep kebangsaan, nasionalisme, dan upaya mempertahankan NKRI ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang melibatkan dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, implementasi, pengumpulan data, dan refleksi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X-8 di SMA Negeri 21 Surabaya yang dipilih secara acak sebagai sampel, dengan instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan observasi selama proses pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dengan metode snowball throwing berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan peningkatan signifikan pada semua indikator yang diamati, yakni rata-rata sebesar 20%. Temuan ini sejalan dengan penelitian terdahulu yang menunjukkan efektivitas PBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan integrasi metode snowball throwing menambah dimensi kolaboratif yang memperkuat hasil pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dengan menunjukkan bahwa kombinasi metode snowball throwing dan model PBL dapat secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Keywords
Problem-Based Learning; Critical Thinking; Throwing Snowballs
  1. Adhi Kusumastuti & Ahmad Mustamil Khairan. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. In Fitratun Annisya & Sukarno (Ed.), Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
  2. Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. lorea Volume 5 No. 1, Mei 2019 (45-53).
  3. Ambar Ningsih, W. S., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85–93. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i2.16
  4. Amin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3), 25–36.
  5. Anisah, Aziz, S. S., & Bowo, F. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Investigasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Manajerial, 15(1), 1–4.
  6. Apsari, Y. (2018). Snowball throwing in teaching grammar. Lingual, 10(1), 52-59.
  7. Aripin, I. (2018). Pengembangan Soal-soal Pilihan Ganda Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia Untuk Jenjang SMA. Jurnal Mangifera Edu, Vol. 3 No. 1 Tahun 2018, hal 13-25.
  8. Desiyana, Rizka. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Thowing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA SD Negeri 151 Seluma.
  9. Dhea. (2021). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Faslia, F. (2021). Pengunaan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1834-1839.
  11. Gambu, Bernambus. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Lembor Tahun Ajaran 2019/2020. EDUNET: The Journal of Humanities and Applied Education, Volume 1, No 1. hlm 29-38.
  12. Gani, S. A., Yusuf, Y. Q., & Erwina, R. (2017, November). The effectiveness of snowball throwing technique in teaching reading comprehension. In National Conference on Teachers' Professional Conference (Vol. 1, pp. 18-28).
  13. Handayani, T., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing terhadap hasil belajar Peserta didik. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 2(1).
  14. Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79.
  15. Putra, R. A., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 426-433.
  16. Siahaan, K. W. A., Damanik, D. H. S., Tambunan, S. S., Simanjuntak, M., & Sihombing, D. (2021). Implementasi model quantum teaching dan metode snowball throwing terhadap minat dan prestasi belajar kimia. Jurnal ekonomi, sosial & humaniora, 2(07), 16-24.
  17. Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439-444. Diambil dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184
  18. Susanty, H. (2016). Use of the snowball throwing technique for teaching better ESL speaking. English Education Journal, 7(1), 117-129.
  19. Wardani, A., Mytra, P., & Fitriani, F. (2021). Profil Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Awal. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i1.641
  20. Yampap, U., & Kaligis, D. A. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 125-134

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-05-22
Published: 2024-07-30
Section: Artikel
Article Statistics: