Makna Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan
DOI : 10.24269/jpk.v9.n2.2024.pp103-112
Konsep moderasi beragama masih mencari titik temu untuk menjadi gagasan yang sangat matang. Terlebih di Indonesia dengan kondisi keanekaragaman budaya dan juga terdapat beberapa agama di dalamnya, moderasi beragama merupakan suatu keharusan. Sebagai negara yang memiliki perbedaan-perbedaan tersebut, masih ditemukan masalah sosial seperti konflik antar suku dan budaya di masyarakat, adanya diskriminasi maupun masalah sosial lainnya. Maka, pendidikan damai dan moderasi beragama muncul untuk meredam potensi-potensi negatif. Artikel ini bertujuan untuk mengkontruksi makna moderasi beragama dalam perspektif pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Partisipan dalam kegiatan ini adalah para guru Pendidikan kewarganegaraan di lingkungan SMA dan MA di Kabupaten Cirebon. Data penelitian diambil pada Januari sampai April 2024 menggunakan wawancara, observasi dan literatur. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendidikan damai dan moderasi beragama di Indonesia memang dibutuhkan. Hal ini karena Indonesia memang memiliki berbagai kondisi yang membuat masyarakat perlu untuk menjadi moderat, paham pencegahan konflik dan juga paham akan resolusi konflik. Dengan begitu, Indonesia akan tetap menjadi negara multikultur yang memiliki begitu banyak perbedaan latar belakang budaya, agama dan juga bahasa. (2) Baik itu pendidikan damai, pendidikan kewarganegaraan maupun moderasi beragama sebetulnya memiliki tujuan yang sama dalam mengembangkan aspek kognitif, afektif dan skill.
Keywords
Moderasi Beragama; Pendidikan Kewarganegaraan; Multicultural;
- Abror Mhd. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi ( Kajian Islam dan Keberagaman ). Rusydiah, 1(1), 137–148.
- Adya Winata, K., Solihin, I., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Konstekstual. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 82–92. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index
- Agama, B. L. dan D. K. (201 C.E.). Tanya Jawab Moderasi Beragama. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI (Issue August).
- Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
- Alabdulhadi, M. M. J. (2019). Religious tolerance in secondary Islamic Education textbooks in Kuwait. British Journal of Religious Education, 41(4), 422–434. https://doi.org/10.1080/01416200.2019.1585329
- Ar, E. H. (2015). Pengarus Utamaan Pendidikan Damai (Peaceful Education) Dalam Pendidikan Agama Islam solusi ALternatif Upaya deradikalisasi Pandangan Agama). At-Turats, 9, 6–13.
- Atmanto, N. E. (2017). PENDIDIKAN DAMAI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI DAERAH PASCA KONFLIK (Studi di SMA St. Fransiskus Asisi Bengkayang dan SMA Shalom Bengkayang). Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 3(2), 155–168. https://doi.org/10.18784/smart.v3i2.513
- Dwi Hapsari W, E. R. (2017). Manajemen Konflik Antarbudaya Pada Organisasi Internasional. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 11. https://doi.org/10.14710/interaksi.6.2.11-19
- Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 111–123. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii
- Hatami, W. (2020). ANIME JEPANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PKN. IX(2), 52–66.
- Hurri, I., & Munajat, A. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Panduan untuk Mahasiswa, Pendidik, dan Masyarakat Secara Umum.
- indarwati, sulton, sulton, & J.M, A. (2022). Moderasi Antar Umat Beragama dalam kajian Ilmu Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 36–46. https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp36-46
- Ismail, A. I., Nata, A., Bachmid, A., Lubis, A., Bakti, A. F., Arief, A., Asep Usman Ismail, A. A., CBE., Rahim, H., Huzaemah T. Yanggo, J. M., Hidayat, K., Lubis, M. R., Madjid, M. D., M. Ikhsan Tanggok, Masykuri Abdillah, M. A. S., Said Agil Husin Al Munawar, S. M., Mulyati, S., Kamil, S., Suwito, Kh, U. M., … Zulkifli. (2021). Moderasi Beragama: Perspektif Antropologi Sosial Budaya. In Konstruksi Moderasi Beragama: Catatan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Issue July).
- Kusnawi Basyir. (2013). Pancasila dan Kewarnegaraan.
- Lessy, Z., Widiawati, A., Alif, D., Himawan, U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137–148.
- Lombardo, L. X., & Polonko, K. A. (2015). Peace education and childhood. Journal of Peace Education, 12(2), 182–203. https://doi.org/10.1080/17400201.2015.1046424
- Mahifal, S., & MH. (2011). Relevansi mata kuliah pendidikan kewarganegaraan dalam era globalisasi. 1–15.
- Mardhiah, A. (2019). PROSES MEMBANGUN BUDAYA DAMAI MELALUI PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN. Jurna Intelektualita, 7(2), 109–121. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
- Norhidayah. (2022). Penerapan Moderasi Beragama dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(3), 187–197. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i3.141
- Rusmayani. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Islam Siswa di Sekolah Umum. Jurnal Penanaman Nilai Nilai Moderasi, April, 786–788.
- Snauwaert, D. T. (2020). The peace education imperative: a democratic rationale for peace education as a civic duty. Journal of Peace Education, 17(1), 48–60. https://doi.org/10.1080/17400201.2020.1713068
- Suratman, E., & Pakpahan, G. K. R. (2021). Moderasi Beragama dalam Perspektif Hukum Kasih. Prosiding Pelita Bangsa, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.1177/1468795X17700645.8
- Sutrisno, Sapriya, Komalasari, K., & Rahmat. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Global Sebagai Resolusi Konflik Sosial. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraaan, 6(2), 25–34. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp25-34
- Winata, K. A., Sudrajat, T., Yuniarsih, Y., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Peran Dosen dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Mendukung Program Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan, 8(2), 98–110. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.449
Copyright (c) 2024 JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.