Penerapan Penggunaan Buku Kegiatan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Civic Disposition Mahasiswa

Novitasari Novitasari* -  Universitas Tidar, Indonesia
Yasnanto Yasnanto -  Universitas Tidar, Indonesia
Sukron Mazid -  Universitas Tidar, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v9.n2.2024.pp113-119

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku kegiatan Project Based Learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan civic disposition mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian campuran dengan metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Terdapat 8 langkah dalam penelitian dan pengembangan Borg dan Gall, antara lain: (1) studi kepustakaan; (2) survei lapangan; (3) penyusunan instrument; (4) uji coba terbatas; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lebih luas; (7) penyempurnaan produk akhir; (8) desiminasi dan implementasi. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengambil data adalah angket, test, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa buku kegiatan PJBL yang telah disusun memenuhi unsur kelayakan untuk digunakan, penerapan penggunaan buku kegiatan PJBL berbasis kearifan lokal dilaksanakan melalui dua tahapan, yaitu pelaksanaan dan pelaksanaan, serta memiliki pengaruh terhadap perubahan civic disposition mahasiswa. Penggunaan buku kegiatan PJBL berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perubahan civic disposition mahasiswa. Namun, perubahan tersebut tidak mengarah kepada peningkatan tetapi mengarah kepada penurunan karena rata-rata skor yang dihasilkan pada posttest mengalami penurunan dibandingkan dengan rata-rata skor pretest. Berdasarkan hasil dan simpulan yang diperoleh, saran bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian serupa adalah menggunakan pendekatan kualitatif agar dapat diketahui penyebab yang lebih rinci tentang penurunan civic disposition pada mahasiswa setelah menggunakan buku kegiatan PJBL pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
Keywords
Project-based Learning; Kearifan Lokal; Civic Disposition; Pendidikan Kewarganegaraan.
  1. Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Insyasiska, D. d. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21.
  3. Kemendikbud. (2022). Prinsip dan Prosedur Pengembangan Modul Ajar. Retrieved from https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5010596304153-Prinsip-dan-Prosedur-Pengembangan-Modul-Ajar
  4. Komalasari, K. (2011). Kontribusi Pembelajaran Kontekstual untuk PengembanganKompetensi Kewarganegaraan Peserta Didik SMP di Jabar . MIMBAR, 47-55.
  5. Latief, M. (2009). Penelitian Pengembangan. Retrieved from https://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/09/Pengemb.pdf
  6. Mulyono, B. (2017). Reorientasi Civic Disposition dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Warga Negara yang Ideal. Jurnal Civics, 14(2), 218-225.
  7. Murniarti, E. (2016). Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/28-Erni-Murniarti.pdf
  8. Pebriana, T. d. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(2), 134-141.
  9. Sa'adah, E. &. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Keterampilan Psikomotorik pada Materi Elektrokimia. Jurnal pendidikan: Teori, Penelitian & Pengembangan, Vol. 3(8), 1023-1026.
  10. Sari, I. e. (2015). Matematika Antara yang Menggunakan Metode Pembelajaran Project-Based Learning dengan yang Menggunakan Metode Pembelajaran Work-based Learning. Eduma, 4(2).
  11. Sari, J. &. (2019). Kelayakan Bahan Ajar Modul pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1-10.
  12. Untidar. (2020). Peraturan Rektor Universitas Tidar Nomor 7 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Universitas Tidar Tahun 2020-2024. Retrieved from https://untidar.ac.id/wp-content/uploads/2020/12/SALINAN-PERATURAN-REKTOR-NOMOR-7-TAHUN-2020-TENTANG-RENSTRA-UNTIDAR-TAHUN-2020-2024.pdf

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-03-01
Published: 2024-07-29
Section: Artikel
Article Statistics: