Penguatan Kesadaran Demokrasi Masyarakat Kelurahan Gadingrejo Melalui Partisipasi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pada Pemilu 2024
DOI : 10.24269/jpk.v9.n2.2024.pp136-143
Penelitian ini mengfokuskan pada penguatan kesadaran demokrasi di Kelurahan Gadingrejo menjelang Pemilu 2024. Keterlibatan aktif Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dianggap krusial untuk memastikan proses pemilihan yang adil. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan program penguatan kesadaran demokrasi melalui partisipasi aktif KPPS, dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan KPPS, masyarakat, dan pihak terkait. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat kesadaran masyarakat dengan data yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman demokrasi masyarakat Gadingrejo setelah kegiatan edukasi KPPS. Pemberdayaan KPPS juga berkontribusi pada peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum. Meskipun demikian, resistensi sebagian kecil masyarakat dan hambatan logistik menjadi tantangan yang perlu diatasi. Kesimpulannya, penguatan kesadaran demokrasi melalui partisipasi aktif KPPS memiliki dampak positif, namun perlu penanganan lebih lanjut terhadap tantangan yang muncul.
Keywords
Penguatan Kesadaran Demokrasi Masyarakat Partisipasi KPPS Pemilu 2024
- Adi Bayu Mahadian, Ruth Mei Ulina Malau. 2023. “PENINGKATAN KESADARAN POLITIK DENGAN LITERASI DEMOKRASI DI DESA NGLINGGI KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH.” COSECANT (Community Service and Engagement Seminar) 2023 71–75.
- Aini Shifana Savitri, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Implementasi Nilai - Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Di Era Globalisasi.” Inventa 5(2):165–76. doi: 10.36456/inventa.5.2.a3549.
- Azlina, Nur, Asti Maharani, &. Mohammad, Syahrul Baedowi, Mohammad Syahrul Baedowi, Universitas Nusantara, Pgri Kediri, and Article Info. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Indonesian Journal of Instructional Technology 2(02):39–52.
- Bramantyo, Rizki, and Suwarno. 2020. “Membangun Kesadaran Hukum Dan Demokrasi: Revitalisasi Peran Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Siswa SMAN 7 Kota Kediri.” Cendekia 14(2):124–36. doi: 10.30957/Cendekia.v14i2.627.Membangun.
- Chakan, Arron, and Muhammad Fauzan Millenio. 2023. “Protection of Cyberbullying Victims in Indonesia (An Overview of Law and Victimology).” Semarang State University Undergraduate Law and Society Review 3(1):1–26. doi: 10.15294/lsr.v3i1.53757.
- Christmas, Sandy Kurnia, and Piramitha Angelina. 2022. “Efektivitas Kepolisian Sebagai Lembaga Rule of Law Dalam Mengemban Nilai-Nilai Demokrasi.” Tanjungpura Law Journal 6(1):14. doi: 10.26418/tlj.v6i1.46572.
- Emilia, Shelawati, Mutia Andini, and Masduki Asbari. 2022. “Pancasila as a Paradigm of Legal Development in Indonesia.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 01(01):29–32.
- Farisi, M., and R. Y. Maulana. 2020. “Peran Relawan Demokrasi (Relasi) Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2019 Di Provinsi Jambi.” Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 3(2):363–78.
- Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):1224–38. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
- Khairunnisa, Zahrani Qolbi, Nardyawan Arifi Maruf, Adrian Wafi Elhaq, and Khadijah Khadijah. 2021. “Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Berpendapat Dalam Kehidupan Demokrasi Indonesia Melalui Media Sosial Sebagai Mahasiswa.” Jurnal Kewarganegaraan 5(2):794–800. doi: 10.31316/jk.v5i2.1942.
- Khamdan Safiudin, Yudi Hari Rayanto, Bagos Aminulloh, Putri Yulandari, Rifka Hasanul Ula. 2023. “Rekonstruksi Nasionalisme Dan Patriotisme Anak-Anak Sekargadung Melalui Platform Creation Smart House Dan KKN Goes To Playgroup.” Jurnal Pengabdian Mandiri 2(9):1813–24.
- Khamdan Safiudin, Khamdan. 2022. “Revitalisasi Nilai Nilai Kebhinekaan Kepada Forum Anak Kota Pasuruan Melalui Diseminasi Media Sosial.” An-Nas 6(1):40–50. doi: 10.36840/annas.v6i1.561.
- Khamdan Safiudin, Khamdan. 2024. “Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Dolanan Tradisional Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Di SMAN 1 Pasuruan Sebagai Upaya Menuju Generasi Good Citizenship.” IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research E-ISSN 2(1):449–56.
- Mujiwati, Yuniar, Ayu Maya Damayanti, and Khamdan Safiudin. 2023. “The Phenomenon of Cyber Begging in the Perspective of Pancasila Character Values.” Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan) 4(2):127. doi: 10.26418/jppkn.v4i2.67245.
- Nastiti, Dian. 2023. “Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Pembentukan Sikap Demokratis.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4(1):64–76. doi: 10.37478/jpm.v4i1.2433.
- Nugroho, Dian Ade, and Retno Mawarini Sukmariningsih. 2020. “Peranan Komisi Pemilihan Umum Dalam Mewujudkan Pemilu Yang Demokratis.” Jurnal JURISTIC 1(01):22. doi: 10.35973/jrs.v1i01.1449.
- Nuril Lubaba, Meilin, and Iqnatia Alfiansyah. 2022. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9(3):687–706. doi: 10.47668/edusaintek.v9i3.576.
- Pengaraian, Universitas Pasir, and Ryan Prayogi. 2018. “Peningkatan Kesadaran Demokrasi Dalam Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 1(1):52–59.
- Risdiany, Hani, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(4):696–711. doi: 10.36418/japendi.v2i4.140.
- Santoso, Gunawan, Aim Abdul Karim, Bunyamin Maftuh, and Ma Murod. 2023. “Kajian Dinamika Demokrasi Di Indonesia Untuk Menjadi Tokoh Pahlawan Daerah Dan Nasional RI Abad 21.” Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) 02. No. 01(01):224–40.
- Santoso, Gunawan, and Hafaz Fazlur Rahman. 2022. “Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat.” Jupetra: Jurnal Pendidikan Transformatif 1(2):11–17.
- Wandani, Amalia Rizki, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Bermasyarakat.” De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 1(2):34–39. doi: 10.56393/decive.v1i2.225.
- Yuniarto, Bambang. 2020. “Membangun Kesadaran Demokrasi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 9(1):56–72. doi: 10.24235/edueksos.v9i1.6388.
Copyright (c) 2024 JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.