PETISI ONLINE SEBAGAI MODAL SOSIAL (Studi Fenemologi Situs www.change.org pada Tahun 2015)

Penulis

  • galih puji mulyoto STKIP PGRI Ngawi
  • Galih Puji Mulyadi Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.24269/jpk.v2i2.508

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada fenomena masyarakat dalam partisipasi politik dengan petisi online melalui website www.change.org pada tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah deksriktif kualitatif, dengan menggunakan metode fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini pada website www.change.org. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai Petisi online. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi berupa teks-teks dari petisi online. Sedangkan analisis data adalah dengan mengorganisasikan data dan pengelolaan data tersebut. Langkah terakhir adalah menarik kesimpulan berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap mekanisme dan wacana yang terkandung dalam teks pada website tersebut selama durasi waktu penelitian. Berdasarkan hasil analisis, penulis menemukan bahwa partisipasi politik pada website www.change.org: telah mengalami pergeseran makna. Website www.change.org juga membangkitkan semangat demokrasi partisan serta menghasilkan agensi subyek. Teks-teks yang diproduksi oleh pengguna menciptakan tindakan kolektif dengan membangun kedekatan dan kesamaan nasib antar pengguna merupakan indikasi sebagau harapan baru untuk modal sosial di era digital. Selain itu, petisi online sebagai transformasi perjuangan baru masyarakat terhadap kebijakan publik/korporasi yang bertentangan dengan keadilan sosial

Referensi

Fairclough, Norman. (1995a). Media Discourse. London: Edward Arnold.

Fairclough, Norman. (1995b). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. London: Longman.

Putnam, RD. (1995). Bowling Alone: America’s Declining Social Capital. dalam Journal of Democracy, Vol.6, No.1, halaman 65-78.

Spellerberg, Anne (1997). Towards a Framework for the Measurement of Social Capital†dalam David Robinson (ed), Social Capital dan Policy Development. Wellington: The Institute of Policy Studies. halaman 42-52.

Steinfield, Charles. et.al. (2012). Online Social Network Sites and the Concept of Social Capital. Paper. Frontiers in new media research. New York; Routldge. pp. 115-131.

Internet:

Facebook Press Room. (2010). http://www.facebook.com/press/info.php?statistics

http://tekno.kompas.com/read/2015/03/26/14053597/pengguna.internet.indonesia.tembus.88.juta. diakses 8-11-2015.

http://news.liputan6.com/read/2395153/6-kemenangan-terbesar-rakyat-melalui-petisi-online-selama-2015, diakses 8-11-2015.

Diterbitkan

2017-07-29

Cara Mengutip

mulyoto, galih puji, & Mulyadi, G. P. (2017). PETISI ONLINE SEBAGAI MODAL SOSIAL (Studi Fenemologi Situs www.change.org pada Tahun 2015). JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(2), 1–13. https://doi.org/10.24269/jpk.v2i2.508

Terbitan

Bagian

Artikel