Pendidikan Kewarganegaraan Global Sebagai Resolusi Konflik Sosial
DOI : 10.24269/jpk.v6.n2.2021.pp43-54
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan kewarganegaraan global sebagai resolusi konflik sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kepustakaan, yaitu mengumpulkan data dari artikel ilmiah, laporan penelitian atau hal-hal lain yang relevan dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan global selalu berorientasi pada upaya dan peran warga negara dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai warga negara yang baik. Konflik sosial di era global saat ini terjadi bukan hanya karena konflik internal antar masyarakat tetapi juga karena pengaruh globalisasi sehingga perlu dilakukan upaya yang strategis dan sistematis dalam upaya penyelesaian permasalahan tersebut diantarinya melalui pembelajaran pendidikan berbasis resolusi konflik online, sekolah pendidikan perdamaian berbasis, mediasi rekan sebagai bentuk resolusi konflik sosial
- Agbaria, A. K. (2011). “The Social Studies Education Discourse Community on Globalization: Exploring The Agenda of Preparing For The Global Age”. Journal of Studies in International Education, 15 (1), hlm. 57-74.
- Association for Conflict Resolution. (2007). Standars for school-based peer mediation programs. Washington, D.C.: Association for Conflict Resolution.
- Bourke, L., Bamber, P., dan Lyons, M. (2012). “Global Citizens: Who Are They?”. Education, Citizenship and Social Justice, 7 (2), hlm. 161-174
- Carter, C. C. (2008) Voluntary standards for peace education. Journal of Peace Education, 5(2), pp. 141-155. https://doi.org/10.1080/17400200802264347
- Cogan, I. J, (1999). Developing the Civil Society: The Role of Civic Education. Bandung: CICED
- Cohen, R. (2003). Students Helping Students: Peer Mediation. In T. Jones, & R. Compton (Eds.), Kids Working It Out: Stories and Strategies for Making Peace in Our Schools. San Francisco: Jossey-Bass.
- David Kerr. (1999). Citizenship Education: an International Comparison. Enggland: National Foundation for Educational Research (NFER)
- Dill Jefferey, S. (2012). The Moral Education of Global Citizenship. Global Sociaty. pp. 541-456. DOI: 10.1007/s12115-012-9599-8.
- Duarte B. Morais & Anthony C. Ogden. (2011). Initial Development and Validation of the Global Citizenship Scale. Journal of Studies in International Education. 15(5). pp. 445-466
- Elly Malihah. (2011). Membangun Kesepahaman Budaya Indonesia Dan Malaysia Menuju Masyarakat Berwawasan Global. (2011): Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(1). pp. 1-6.
- Fulya Turk. (2018). Evaluation of the Effects of Conflict Resolution, Peace Education and Peer Mediation: A Meta-Analysis Study. International Education Studies, 11(1), pp. 26-43. DOI: 10.5539/ies.v11n1p25
- Guruppkn.com. (2016). Retriver Novermber 08, 2018, from https://guruppkn.com/contoh-konflik-sosial-dalam-masyarakat
- I Wayan Rai. (2011). Manajemen Konflik Sosial Sebagai Prakondisi Dalam Pelayanan Ipteks Bagi Masyarakat. Jurnal Ngayah, 2(2), pp. 2-11
- Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2006). Peace education for consensual peace: the essential role of conflict resolution. Journal of Peace Education, 3(2), pp. 147-174. DOI: https://doi.org/10.1080/17400200600874792
- Johnson, W. D., & Johnson, T. R. (1995). Teaching Students To Be Peacemakers. Edina, MN: Interaction Book Co.
- Jurdi, Syarifuddin. (2010). Sosiologi Islam & Masyarakat Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media
- Lenhart, V. & Savolainen, K. (2002) Human rights education as a field of practice and of theoretical reflection. International Review of Education, 48(3/4), pp. 145–158.
- Liputan6.com. (2018). Retriver November 08, 2018, from https://www.liputan6.com/news/read/3502366/wapres-jk-dampak-negatif-teknologi-hoax-berujung-konflik-sosial
- Mukhamad Murdiono. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Wawasan Global Warga Negara Muda. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXIII(3), pp. 349-357 DOI:http://dx.doi.org/10.21831/cp.v3i3.2379
- Noam Ebner. (2016). Negotiation and Conflict Resolution Education in the Age of the MOOC. Negotiation Journal; Oxford, 32(3), pp. 231-260. DOI: 10.1111/nejo.12156
- Republik Indonesia. (2015). Peraturan pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penanganan Konflik Sosial.
- Sagaf S. Pettalongi. (2013). Islam dan Pendidikan Humanis dalam Resolusi Konflik Sosial. Cakrawala Pendidikan, 2(2013), pp. 172-183. DOI:http://dx.doi.org/10.21831/cp.v0i2.1474
- Shahla Zahabioun, Alireza Yousefy, Mohammad H Yarmohammadian & Narges Keshtiaray. (2013). Global Citizenship Education and Its Implications for Curriculum Goals at the Age of Globalization. International Education Studies. pp.195-206. DOI: 10.5539/ies.v6n1p195
- Sommers, M. (2003). Peace Education: Opportunities and Challenges. Presentation at essential role of conflict resolution. Journal of Peace Education, 3(2), pp. 147-174.
- Supriyanto Pasir. (2013). Pendidikan Resolusi Konflik Berbasis al-Qur’an. Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), pp. 181-210. DOI: http://dx.doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.5
- Sutrisno. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Global. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), pp. DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1880
- Tricia S. Jones. (2006). Combining conflict resolution education and human rights education: thoughts for school-based peace education. Journal of Peace Education, 3(2), pp. 187-208. DOI: 10.1080/17400200600874826
- Turnuklu, A. (2006). Sınıf ve Okul Disiplinine Çağdaş Bir Yaklaşım: Onarıcı Disiplin. Ankara: Ekinoks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.