Media Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Instagram sebagai Sarana Belajar Mengungkapkan Pendapat Peserta Didik

Ismaya Indri Astuti* -  , Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v6.n2.2021.pp12-22

Sejak diberlakukannya sekolah daring akibat Pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan adanya perubahan dalam sistem pembelajaran, di tingkat dasar maupun menengah. Dengan diberlakukannya sistem Pembelajaran Daring atau disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tentunya tidak terlepas dari internet, maka peran media sosial bisa digunakan sebagai alternatif untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Pada proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di tingkat sekolah menengah harus melibatkan aspek afektif dan psikomotor yang menuntut dan partisipasi aktif dari peserta didik, dengan begitu harus menggunakan media pembelajaraan yang bervariatif. Peserta didik harus terlibat dalam pengambilan keputusan, cerdas dan kritis dalam berpikir, serta bertindak secara independen. Dalam upaya membentuk kepercayaan diri peserta didik dalam berpendapat, maka peserta didik dituntut untuk berani berbicara, bertanya, dan menyanggah ketika proses pembelajaran berlangsung. Meskipun terkendala tidak bisa belajar secara tatap muka langsung, maka dengan menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran menjadi alternatif Guru dalam mengajarkan kepada peserta didik bagaimana cara mengeluarkan pendapat yang baik dan benar. Peserta didik akan mempelajari dan mempraktekkan cara menyuarakan dan menuliskan segala pikiran dan gagasan di media sosial dengan baik dan bijak. Pembelajaran mengenai bagaimana seharusnya etika kebebasan berpendapat dan berekspresi di media sosial dan menyadari bahwa sikap bebas dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah atau tugas dalam kegiatan belajar secara optimal.

Keywords
Pembelajaran Daring, Media Sosial, Kebebasan Berpendapat
  1. C.N.B.C. (2021). Instagram Ahead of Snapchat in Popularity Among Teens. https://www.cnbc.com/2020/10/22/instagram-ahead-of-snapchat-in-popularity-among-teens-piper-jaffray.html
  2. Chun, D., Smith, B., & Kern, R. (2016). Technology in language use, language teaching, and language learning. Modern Language Journal, 100, 64–80. https://doi.org/10.1111/modl.12302
  3. Dewey, J. (1997). Experience and education. USA: Published by agreement with Southern. Illinois University Press.
  4. Gutek, L. L. (1974). Philosophical Alternatives in Education. Charles E. Merril Publishing Company.
  5. Kemdikbud. (2019). Kemendikbud Imbau Guru dan Siswa Bijak Menggunakan Media Sosial. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/kemendikbud-imbau-guru-dan-siswa-bijak-menggunakan-media-sosial
  6. Pintekid. (2020). Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Musim Pandemi. https://pintek.id/blog/minat-belajar-siswa/
  7. Sofyan, H. (2005). Pengembangan Kultur Sekolah. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
  8. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfa Beta.
  9. Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press.
  10. Sunarko, W. (2008). Psikologi Pengajaran dan Penerapan Pada Peserta Didik. Pustaka Ilmu.
  11. Supratiknya, A. (2003). Komunikasi Antarpribadi, Tinjauan Psikologis. Kanisius.
  12. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (p. 19). (2020).
  13. Undang-Undang Dasar Negera Republik Indonesia Tahun 1945. (1945).
  14. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. (n.d.).
  15. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (n.d.).
  16. Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi Masyarakat Multikultural. Gavin Kalam Utama.
  17. Zencovich, V. Z. (2008). Freedom of Expression: A Critical and Comparative Analysis. Routledge-Cavendish.
  18. Zhang, L. (2013). Mobile phone teachnology engageent in EFL classroom. International Conference on Software and Computer Science (ICSECS, 171– 173.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-09-28
Published: 2022-01-12
Section: Artikel
Article Statistics: