Analisis Tingkat Validitas Media Prezi Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VI SD

Authors

  • Jihan Amalya Rosyida Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.12185

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN 1 Babat yang memperlihatkan rata-rata nilai pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila berada di bawah kriteria ketuntasan minimal, dimana hal tersebut dinyatakan dalam kategori rendah. Sebagian besar mengalami kesulitan memahami materi karena penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menguji serta menganalisis tingkat validitas media pembelajaran Prezi berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memakai jenis penlitian serta pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (Four D) yakni, define, design, development, dan disseminate, yang melibatkan beberapa para pakar atau ahli dalam media, materi, dan bahasa untuk meninjau, memberi masukan, dan menilai media. Instrumen yang dibutuhkan pada penelitian ini ialah lembar angket penilaian validasi para ahli. Berdasarkan hasil analisis data yang diraih dari semua validator, setiap ahli memberikan penilaian dengan persentase skor di atas 81%. Rata-rata total dari penilaian tersebut mencapai angka 92,3%. Jika mengacu pada kriteria interpretasi validitas, skor tersebut tergolong pada kategori “sangat valid†serta layak untuk dipakai pada pembelajaran.

References

Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 346–352. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.79
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Artama, S., Djollong, A. F., Ismail, Lubis, L. H., Kalbi, Yulianti, R., Mukarramah, Mardin, H., Ibrahim, M. B., Fatih, T. A., Holifah, L., & Diana, P. Z. (2023). Evaluasi hasil belajar. In PT. Mifandi Mandiri Digital.
Ayunda, K., Ruslan, & Ridayani. (2025). Pengaruh penggunaan Gadget terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran. JPK :Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(1), 77–86.
Bastian, A., & Reswita. (2020). Model dan Pendekatan Pembelajaran. 1–17.
Carolina, Y. Dela. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Fitriani, E., Waspodo, M., & Gatot, M. (2022). Monograf Media Flash Card Baca Kata Digital Untuk Anak Usia Dini.
Fitriyah, I., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran Prezi dengan model ADDIE simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 84–97. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42221
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372–378. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.455
Kemdikbud. (2018). Evaluasi Pembinaan Guru Melalui Program Guru Pembelajar Guna Menuju Tingkat Keterampilan Bepikir Tinggi (HOTS).
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.
Muhammad Jakak, P., Nanang Rifa’i, M., & Azizah, B. (2023). Peranan Pancasila dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Di Era Gelobalisasi. JPK :Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 11–21. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index
Ph.D. Ummul Aiman, S. P. D. K. A. S. H. M. A. Ciq. M. J. M. P., Suryadin Hasda, M. P. Z. F., M.Kes. Masita, M. P. I. N. T. S. K., & M.Pd. Meilida Eka Sari, M. P. M. K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Rohmad, S. S. (2021). Pengambangan Istrumen Angket. In K-Media (Vol. 7, Issue 2).
Saleh, M. S., Syahruddin, Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin. (2023). Media Pembelajaran. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran
Suci, A., Aisyah, A., Ramadhan B A Smpn, H., & Kabupaten Tangerang, S. /. (2023). Peranan Media Pembelajaran Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Ppkn. Jurnal Krakatau Indonesian of Multidisciplinary Journals, 1(1), 220–225. http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/index
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Tambunan, S. A. (2021). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di Kelas Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41883
Vidiasti, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif prezi pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (tik) kelas xi di sman 1 pakel. Joeict, (Jurnal of Education Andinformasi Communication Teknology), 3(1), 90.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389
Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiana, & Suwahono. (2021). Model R&D Pendidikan dan Sosial.
Yulia Safitri, & Jupriyanto. (2025). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Budaya dalam Pendidikan Pancasila. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 84–96. https://doi.org/10.51574/judikdas.v4i2.2849
Zulhafizh, Septyanti, E., & Mustika, T. P. (2024). Melacak Kemajuan Belajar Bahasa Indonesia : Inovasi Evaluasi Berbasis Taksonomi Bloom. SANDIBASA II (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 64–83

Published

2025-07-31

How to Cite

Rosyida, J. A., & Agustin, I. (2025). Analisis Tingkat Validitas Media Prezi Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VI SD. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 10(2), 163–172. https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.12185

Issue

Section

Artikel