Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa (Studi Kualitatif Deskriptif di SMP Pu Hua)

Authors

  • Septi Nur Laeli Lestari Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wildan Nurul Fajar Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Efi Miftah Faridli Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.12139

Abstract

Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa (Studi Kualitatif Deskriptif di SMP Pu Hua) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter mandiri siswa di SMP Pu Hua Purwokerto, untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendorong dalam membentuk karakter mandiri di SMP Pu Hua Purwokerto Tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan empat tahapan yaitu collecting data, reduksi data penyajian data, dan kesimpulan. Analisis data serta pengolahan data menggunakan software NVivo 12 Plus untuk melakukan koding. Hasil penelitian menunjukan bahwa, bahan ajar berupa ATP, modul ajar, model pembelajaran berupa problem based learning dan project based learning, melalui metode pembelajaran presentasi, diskusi, studi kasus dan berbasis proyek. Evaluasi yang digunakan pada Pembelajaran pendidikan Pancasila berupa study case yang bertujuan untuk meningkatkan HOTS yang dapat membentuk karakter mandiri siswa SMP Pu Hua. Terdapat faktor pendorong dan penghambat dalam membentuk karakter mandiri. Melalui pembelajaran pendidikan pancasila, seperti dukungan dari stakeholders, program kegiatan sekolah yang mengarah pada karakter mandiri, visi misi sekolah, motto sekolah, orang tua membantu dalam membentuk karakter mandiri siswa. Sedangkan faktor yang menghambat seperti pola asuh yang kurang tepat, usia, lingkungan, globalisasi. Pembelajaran pendidikan pancasila dalam pelaksanaannya dikemas menarik dengan penggunaan komponen yang sesuai sehingga menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran pendidikan pancasila dan membentuk kerakter mandiri siswa.

References

Abdillah Khairi, F. (2021). PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PELAJARAN SOSIOLOGI SMA NEGERI 1 PEJAGOAN.
Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (2001). Ilmu Pendidikan (p. 65). Rineka Cipta.
Amelia, R., Nur, P., Linashar, A., Truvadi, R., Trinita, A., Fauzi, I., & Salam, B. (2023). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia: Tinjauan dan Implikasi. In ADVANCES in Social Humanities Research (Vol. 1).
Arifin, J., & Binamadani, S. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA CHARACTER ESTABLISHMENT THROUGH PANCASILA EDUCATION. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.460
Azeti, S., Mulyadi, H., & Purnama, R. (2019). Peran motivasi belajar dan disiplin belajar pada prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. In Journal of Business Management Education | (Vol. 4, Issue 2).
(Badan Standar, K. dan A. P. K. P. K. R. dan T. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ditpsd.Kemendikbud.Go.Id.
Badan Standar, K. dan A. P. K. P. K. R. dan T. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Branson. Margaret S. (1999). Belajar Civic Education dari Amerika (1999th ed.). Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKIS) dan The Asia Foundation (TAF).
Cicilia, I., Santoso, G., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter. JurnalPendidikan Transformatif, Vol. 01No. 03(2022), 146–155.
Delima Kiska, N., Rizani Putri, C., Joydiana, M., Annisa Oktarizka, D., Maharani, S., Jambi Jl Muaro Bulian mendelo barat, U., & kab Muaro jambi, jambi. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 4179–4188.
Eko Priyanto. (2019). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENERAPKAN MODEL PROJECT CITIZEN DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER MAHASISWA.
Ermayani, T. (2015). PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA MELALUI KETERAMPILAN HIDUP.
Fanny, C., & Mardiani Zain, I. (2024). PENGIMPLEMENTASIAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZZIZ DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Vol. 12, Issue 2). https://www.ejournalugj.com/index.php/Edunomic/article/view/9525
Faridli, E. M., Harsono, H., Fauziati, E., & Musiyam, M. (2024). Membangun budaya anti-korupsi: implementasi prinsip-prinsip Mohammad Hatta dalam pembelajaran di universitas muhammadiyah Purwokerto. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1)(1), 200–208. https://doi.org/10.29210/1202423800
Fierna, M., Lusie Putri, J., Putriani, F., Santika, H., & Nadhif Mudhoffar, K. (2023a). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5576
Fierna, M., Lusie Putri, J., Putriani, F., Santika, H., & Nadhif Mudhoffar, K. (2023b). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2).
Fierna, M., Lusie Putri, J., Putriani, F., Santika, H., & Nadhif Mudhoffar, K. (2023c). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2).
Fuadiy, M. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN SEBUAH STUDI LITERATUR. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1)(3), 173–197. https://doi.org/10.26417/ejms.v4i3.p88-95
Hafid, A., Sudirman, & Nerwina. (2024). PENGARUH APERSEPSI FUN STORY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 216 TALUNGENG KABUPATEN BONE. In Global Science Education Journal (Vol. 6). https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/ges/article/view/1790
Haris, E., Dyan, P., Ayu, M. N. A. K. P. W. W. H. D. B. H. Y. I., Takdir Alamsyah Ni, N. M., & Sholikhah Stefen Efendi Subiantoro Tito Parta Wibowo, matu. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER.
Hotimah, H. (2020). document (12). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2 No 2. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Julianti, I., Windiyani, T., & Hikmah, N. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 Nomor 03. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/18108
Kartini, A., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Implementasi Pendidikan Pancasila Dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda di Era Digital. 9 (2), 405–418. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.136
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi pembelajaran,Pendekatan pembelajaran dan Metode Pembelajaran. DeePublish.
Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179
Lukitosari, Z. O., & Rahmat, R. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler PMR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 166–172. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.421
Madiong, B., Mustapa, Z., & Chakti, A. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan : Civic Education. Celebesmediaperkasa.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. In Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. PT.RemajaRosdakarya.
Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. In Jurnal Civics (Vol. 14). https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.17007
Nurhasanah, Y., Pahdulrahman, I., Rahma, F., Sari, I., Darma, H. D., Plani, H. T., & Hudi, I. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Identitas Nasional di Era Globalisasi Generasi Z. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2, 256–262.
Priyanto, E., Kartikawati, R., & Fajar, W. (2017). Membangun Karakter Mahasiswa Melalui Lesson Study Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=efO8D40AAAAJ&citation_for_view=efO8D40AAAAJ:qjMakFHDy7sC
Priyanto, E., & Thambu, N. A. (2022). PEMBANGUNAN NILAI MORAL DAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PURWOKERTO. Khazanah Pendidikan, 16(1), 173. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13411
Putri, A., Azzahra Arrasuli, B., & Putri Adelia, R. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/276/270
Rahmatiani, L., & Saylendra, N. P. (2021). Pembentukan Civic Disposition Peserta Didik Berbasis Kompetensi Abad 21. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 54–63. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i2.6216
Rahmawati, K. (2021). STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15300
Ramdhani, D., Syifa Dilla Khansa, & Prihantini Prihantini. (2023). Penggunaan Media Quizizz Untuk Mengetahui Peningkatan Pemahaman Materi Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.548
Rika. (2019). Peranan Pendidikan Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Takalar.
Sadeli. (2024). AKTUALISASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBANGUN WAWASAN KEBINEKAAN GLOBAL. 18(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.21707
Sadeli, E. (2016). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER. Publikasiilmiahums, 49(kewarganegaraan dan pendidikan agama. Rendahnya karakter bangsa ini menjadi perhatian penting kita semua. Kepedulian pada karakter telah dirumuskan pada fungsi dan tujuan pendidikan bagi masa depan bangsa ini.), 47–58.
Sadeli, E. H. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA MELEK POLITIK SISWA SMA NEGERI 2 PURWOKERTO THE EFFECTS OF CIVIC EDUCATION LEARNING ON STUDENTS’ POLITICAL LITERACY IN SMA NEGERI 2 PURWOKERTO. In Jurnal Sosiohumaniora (Vol. 2, Issue 1).
Santoso, G., Yuznianti Raisya, L., Azzahra, S., Octavia Rachmadani, N., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2023). Pentingnya Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Transformatif, 02, 87–94.
Sari, R., Ulfatun Najicha, F., & Artikel, I. (2022). MEMAHAMI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony
Sartika, W. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PPKn dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci. Universitas Jambi.
Setiawati, T., Setiawan, T., Muhammad, P., Kementerian, S., & Teknologi, D. (2023). SMP/MTs KELAS VIII PENDIDIKAN PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA. https://buku.kemdikbud.go.id
Solissa, E., Hayati, A., Rukmana, Muharam, Mardikawari, & Irmawati. (2024). Mengembangkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Menuju Society 5.0. Jurnal On Education, 6 No 2. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/4928
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (2nd ed.). ALFABETA.
Sutrisno, & Fajar, W. (2024). Pemanfaatan Media Podcast Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Generasi Z. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 231–233. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1358
Tambun, S., & Rotua Sitorus, R. (2023). Pelatihan Aplikasi NVivo untuk Riset Kualitatif Bidang Akuntansi kepada Para Peneliti di Universitas Dhyana Pura. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Tarigan, E., Hartini, S., Hairumansyah, S. J., Gressia, N., Nasution, A., Claudia, F., & Tarigan, F. (2024). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Efikasi Diri Pada Mahasiswa Fakultas Sosial Sains Program Studi Ilmu Hukum Universitas Panca Budi Medan. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org
Victorynie, I., Husnaini, M., & Amili, N. (2020). Model of religious character education: A case study in Al-Hilal Islamic Primary School Bekasi, Indonesia foundation from the family and strengthened through the Islamic education system in schools. Journal of Social Studies (JSS), 16(2), 103–120. https://doi.org/10.21831/jss.v16i2
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Penerbitadab.
Wahyudin, Y., & Mahipal. (2018). PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DAN PEMBINAAN KARAKTER. 1(1), 33–40. https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20190823152737.pdf
Wahyuni, E. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning (1st ed.). DEEPUBLISH. CV. Budi Utama.
Wardhani, D. Jk. S., Asmawulan, T., Muhammadiyah Surakarta Jl Yani, U. A., & Tengah, J. (2023). Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka (Vol. 9, Issue 2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/52951/22459
Waruwu, W., Warnius, E., Setia, W., Enisabe, J., & Korespondensi, J. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka. 1(2). https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.120
Widiatmaka, P. (2022). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK. 5(1). http://kriminalitas.com
Wijayanti, F., Ichzha Maulana, W., Bayu Astana, C., Syafiq, A., & Kumalasari, D. (2024a). Analisis Muatan Karakter Kewarganegaraan Dalam Sejarah Pergerakan Nasional Siti Walidah. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp43-53
Wijayanti, F., Ichzha Maulana, W., Bayu Astana, C., Syafiq, A., & Kumalasari, D. (2024b). Analisis Muatan Karakter Kewarganegaraan Dalam Sejarah Pergerakan Nasional Siti Walidah. Tahun, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp43-53
Yamalia. (2024a). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. 7(1), 53–60. https://ejournal.unaja.ac.id/index.php/JVT/article/view/1162
Yamalia, ikke. (2024b). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.
Zulfikar, M. F., & Dewi, A. D. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA (Vol. 6, Issue 1).
Zurohman, A., Bahrudin, B., Islam, U., Hasan, Z., Raya, J., Sudirman, P., 360, N., Kraksaan, K., & Timur, J. (2021). Peran PKn dalam Membentuk Warga Negara Berpancasila. Journal Civics & Social Studies, 89, 24–30.
Zuroidah, E. (2022). Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja. https://maddah.uinkhas.ac.id/index.php/maddah/article/view/8.

Published

2025-07-31

How to Cite

Lestari, S. N. L., Fajar, W. N., & Faridli, E. M. (2025). Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa (Studi Kualitatif Deskriptif di SMP Pu Hua). JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 10(2), 138–152. https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.12139

Issue

Section

Artikel