Strategi Holistik Guru Pendidikan Pancasila dalam Membangun Karakter Moral Siswa di Era Transformasi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.12053Abstrak
Pendidikan moral dan karakter merupakan fondasi penting dalam pembentukan kepribadian siswa sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi holistik yang diterapkan oleh guru Pendidikan Pancasila dalam memperkuat karakter moral siswa di Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi interpretatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap guru kelas V, guru kelas VI, dan kepala sekolah di SDN 1 Kekeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi holistik yang meliputi penyisipan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, pembiasaan perilaku positif, keteladanan guru dalam kehidupan sehari-hari, serta pelaksanaan program-program sekolah berbasis karakter seperti JUMBU, PPH, SEHAM, SABER, dan MABIT. Strategi ini tidak hanya menyasar aspek kognitif, tetapi juga mencakup dimensi afektif dan psikomotorik siswa secara simultan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan holistik yang diterapkan guru mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan transformatif bagi pembentukan karakter moral siswa secara menyeluruh.
Referensi
Arafik, Holipah, & Pioloka, P. (2024). Efektivitas Metode Hafalan Dalam Mengajarkan Doa Harian Kepada Anak Sdn No.179/1 Ladang Peris. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5, 84–94.
Azhar, & Djunaidi, A. (2018). PENERAPAN NILAI-NILAI MORAL DAN KARAKTER DALAM. Civicus, 6(1).
Efendi, N. A., Masyithoh, S., & Helwiyah, W. (2024). Promoting character development in primary school: A moral education approach. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 3(2), 85–90. https://doi.org/10.59944/jipsi.v3i2.290
Faslia, Salsafira, Sabaria, Rhamadani, S. S., & Putri, A. (2024). Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Experiental Learning di SD Negeri Keraton. 4, 14669–14676.
Harefa, D., & Hulu, F. (2024). Mathematics Learning Strategies That Support Pancasila Moral Education : Practical Approaches For Teachers Universitas Nias Raya. 3(2), 51–60.
Hariyanto, Jahiban, M., & Herianto, E. (2019). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Strategi Guru Pendidikan Pancasila Dalam Penguatan Karakter Siswa SMPN 2 Mataram Strategy Teachers of Pancasila Education and Citizenhip In Powered of Character The Students of Mataram Yunior High School 2. 6(1), 1–17.
Herianto, E. (2017). The effect of learning strategy, achievement motivation, and communication skill toward learning outcomes on the course PMPIPS-SD at PGSD. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 4(5), 1–11. https://doi.org/10.21744/irjmis.v4i5.528
Herianto, E. (2021). How to apply HOTS-based e-learning in higher education? Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 2(2), 157–169. https://doi.org/10.47175/rielsj.v2i2.256
Herianto, E. (2025). Pembelajaran inovatif: Perspektif filsafat ilmu. Yogyakarta: Deepublish.
Herianto, E., Ismail, M., Dahlan, D., Basariah, B., & Tripayana, I. N. A. (2021). Pelatihan penyusunan alat evaluasi non test bagi guru madrasah di Mataram. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 428–440. https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.16330
Husnunnadia, R., & Slam, Z. (2024). Pencegahan Bullying di Sekolah: Mengimplementasikan Pendidikan dan Kewarganegaraan Untuk Penguatan Hak dan Kewajiban Anak. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 28–42. https://doi.org/10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp28-42
Junaidi, J., & Rohmani, R. (2024). Effective Learning Strategies in Improving Elementary School Students’ Character: A Systematic Literature Review. International Journal of Multidisciplinary Approach Research and Science, 2(03), 1104–1113. https://doi.org/10.59653/ijmars.v2i03.885
Kusumawardani, F., Akhwani, Nafiah, & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1–10.
Lestari, S. N., Wati, R. K., & Faridli, E. M. (2025). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 1 Karanglewas. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(1), 21–30.
Li, C., Chen, C., & Yang, H. (2023). Research on the Integration Practice of Moral Education and Life Education in Primary School. Curriculum and Teaching Methodology, 6(7), 16–21. https://doi.org/10.23977/curtm.2023.060703
Mamkua, & Sutrisno. (2023). Pendidikan Karakter Perspektif Studi Islam : Peran Guru Membentuk Karakkter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SD IT. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 104–109. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4226/http
Muchtarom, M., Winarno, & Suryono, H. (2019). Implementasi penguatan pendidikan karakter untuk mengembangkan kecerdasan moral di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(3), 47–61. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n3.2019
Nabilah, L., Lutfiana, R., & Widodo, R. (2021). Penguatan Karakter Generasi Emas Indonesia Melalui Implementasi Proyek Penguatan ProfilPelajar Pancasila di Sekolah. Pancasila Dan KewarganegaraanPancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 65–77.
Ni’mah, N. T. A., Siregar, M. A. F., Pane, A. A., Manurung, C. S. L., & Rajagukguk, N. A. (2024). Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.396
Popovici, A. (2023). Designing And Implementing Moral Education In Romanian Primary School. Proceedings of the 9th International Conference Education Facing Contemporary World Issues (Edu World 2022), 3-4 June, 2022, University of Pitești, Pitești, Romania, 5, 421–429. https://doi.org/10.15405/epes.23045.44
Rahmawati, S., Astuti, D., & Fadriati. (2024). Peran guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Indo-Math Edu Intellectuals Journal, 5(3), 3026–3038.
Ramadhani, T., Widiyanta, D., Sumayana, Y., Santoso, R. Y., Puspita Dian Agustin, & Al-Amin. (2024). The Role Of Character Education In Forming Ethical And Responsible Students. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 5(2), 110–124. https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i2.3064
Saharani. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra.
Sarah, S., Wardatunnisa, Y., Ratnasari, Y., & Nursa’ban, E. (2024). Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 05(02).
Wahyuni, S., Erita, Y., & Fitria, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 19 Silungkang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1878-1888
Yulistina, Y., Ismail, M., Alhadika, M., & Zubair, M. (2024). STRATEGI Guru Pendidikan Pancasila DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VlI DI SMPN 3 WOJA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4(3), 137–144.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.