Penguatan Karakter Generasi Emas Indonesia Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.24269/jpk.v10.n1.2025.pp31-42Abstract Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi P5 di SDN 2 Karangsari dapat membentuk karakter generasi emas pada peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat mengoptimalkan tenaga pendidik dalam mengimplementasikan P5 guna membentuk generasi emas Indonesia. Selain itu, dapat menjadi referensi tenaga pendidik untuk menerapkan implementasi P5 sebagai program penguatan karakter generasi emas. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di sejumlah sekolah yang melaksanakan program P5. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu Implementasi P5 yang dilakukan di SDN 2 Karangsari mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan melalui kegiatan Sampah Kita Menjadi Karyaku merupakan langkah strategis dalam membangun kesadaran lingkungan sejak usia dini. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan peserta didik pentingnya pengelolaan sampah dengan pendekatan kreatif, yaitu mengubah limbah rumah tangga seperti plastik, kertas, dan kardus menjadi kerajinan tangan yang bernilai estetika dan ekonomis. Dalam konteks ini, P5 tidak hanya berorientasi pada penguasaan pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti critical thinking, creativity, collaboration, communication, character dan citizenship.Kegiatan "Sampah Kita Menjadi Karyaku" menunjukkan dampak positif yang signifikan. Tidak hanya kebersihan lingkungan sekolah meningkat, tetapi peserta didik juga memperoleh pengalaman berharga dalam mengelola sampah, berpikir kritis dan kreatif, mandiri serta gotong-royong.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.
Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001–1006. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373
BPS. (2023). Statistik Pendidikan 2023. Badan Pusat Statistik.
Daryanto, A. S. (2024). Potret Pendidikan di Indonesia. Mutiara Aksara.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Iyan, A., Farhan Nurdiansyah, M., Fikri Zulfikar, M., Rustini, T. (2024). Penerapan P5 pada Materi Pembelajaran Identitas Diri Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).
Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553
Kemdikbud. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemdikbud.
Kemdikbud. (2023). Profil Pelajar Pancasila. Kemdikbud.Go.Id. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek.
Komalasari, I., Lestari, R. Y., Legiani, W. H., & Pancasila, P. P. (2024). Strategi Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Pandeglang. 7(20), 8799–8809.
Lutfiana, R. F., Syahri, M., Nurhadianto, & Dianti, P. (2024). Implementasi Model Pembelajan Inovatif sebagai Penguatan Kompetensi Siswa Abad 21 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Civic Hukum, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v9i1.32344
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153
Melati, P. D., & Rini, E. P. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) dalam Kurikukulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2808–2819.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Mu’tadin, Z. (2022). Pengembangan Kemandirian pada Anak. Universitas Gadjah Mada.
Noviyanto, W. Y., & Wardani, N. S. (2021). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Tematik Muatan IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1).
Nurhasanah, R. (2024). Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 77(1), 77–83. https://doi.org/10.26539/teraputik.812456
Pratiwi, E., & Nanna, A. W. I. (2023). STEM dan Profil Pelajar Pancasila. Jejak Pustaka.
Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60
Rosalino, S., Julia, J., & Gusrayani, D. (2024). Analisis Perkembangan Keterampilan 4C Siswa Melalui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Rekayasa Teknologi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1870. https://doi.org/https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4107
Rozak, A. (2021). Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islamic Education, 3(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.218
Sanjaya, F. N., Wicaksono, A. G., & Hanafi, M. F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Salah Satu Sarana Pendidikan Karakter di SD Negeri 02 Papahan, Tasikmadu Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/14144/10881
Semiawan, C. R. (2009). Kreativitas dan Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana. PT Indeks.
Simanungkalit, P. N. B. (2023). Hubungan Kegiatan Profil Pelajar Pancasila dengan Karakter Bergotong-royong Siswa kelas V Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v7i2.19154
Soro, S. H., Suherman, M., Mulyadi, B., Setiani, E. E., & Silviana, K. (2024). Strategi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Ibu Dewi 1 Kabupaten Cianjur. 5, 2305–2312.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, R&D dan Penelitian Terapan) (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.
Vitri, V., Grahito Wicaksono, A., & Hanafi, M. F. (2024). Analisis Profil Pelajar Pancasila pada Elemen Mandiri Untuk Membentuk Siswa Kelas II B di SD Negeri Joglo No 76 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).
Wahyuni, S. (2022). Manajemen Kolaborasi Antara Guru Dengan Peserta Didik Pada Kegiatan Belajar Mengajar Era New Normal Di Smp Negeri 1 Lhoksukon Aceh Utara. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.47887/amd.v3i2.93
Widyadhana, S. A., & Mashudi, E. A. (2024). Dampak Negatif Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4685–4694.
Yuliantika, L. R., Sudarmiani, & Widianti, N. A. (2024). Upaya Peningkatan Karakter Kreatif Peserta Didik Melalui Forida di Kelas V SDN Oro oro Ombo Tahun 2023/2024. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1–8.
Yuniardini, F., & Ar Rosyid, H. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Pada Masa Society 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 150–160.
Yuniarti, R., Hamzah, A., Febrieanitha Putri, Y., Dewi, K., & Marlina, L. (2024). Implementasi Dimensi Kreatif Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 1–14.
Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Konstruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Civic Hukum, 7(1), 71–87. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20582
Zuriah, N. et all. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK MUHAMMADIYAH 01. 9(November), 204–213.
Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001–1006. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373
BPS. (2023). Statistik Pendidikan 2023. Badan Pusat Statistik.
Daryanto, A. S. (2024). Potret Pendidikan di Indonesia. Mutiara Aksara.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Iyan, A., Farhan Nurdiansyah, M., Fikri Zulfikar, M., Rustini, T. (2024). Penerapan P5 pada Materi Pembelajaran Identitas Diri Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).
Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553
Kemdikbud. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemdikbud.
Kemdikbud. (2023). Profil Pelajar Pancasila. Kemdikbud.Go.Id. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek.
Komalasari, I., Lestari, R. Y., Legiani, W. H., & Pancasila, P. P. (2024). Strategi Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Pandeglang. 7(20), 8799–8809.
Lutfiana, R. F., Syahri, M., Nurhadianto, & Dianti, P. (2024). Implementasi Model Pembelajan Inovatif sebagai Penguatan Kompetensi Siswa Abad 21 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Civic Hukum, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v9i1.32344
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153
Melati, P. D., & Rini, E. P. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) dalam Kurikukulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2808–2819.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Mu’tadin, Z. (2022). Pengembangan Kemandirian pada Anak. Universitas Gadjah Mada.
Noviyanto, W. Y., & Wardani, N. S. (2021). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Tematik Muatan IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1).
Nurhasanah, R. (2024). Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 77(1), 77–83. https://doi.org/10.26539/teraputik.812456
Pratiwi, E., & Nanna, A. W. I. (2023). STEM dan Profil Pelajar Pancasila. Jejak Pustaka.
Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60
Rosalino, S., Julia, J., & Gusrayani, D. (2024). Analisis Perkembangan Keterampilan 4C Siswa Melalui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Rekayasa Teknologi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1870. https://doi.org/https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4107
Rozak, A. (2021). Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islamic Education, 3(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.218
Sanjaya, F. N., Wicaksono, A. G., & Hanafi, M. F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Salah Satu Sarana Pendidikan Karakter di SD Negeri 02 Papahan, Tasikmadu Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/14144/10881
Semiawan, C. R. (2009). Kreativitas dan Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana. PT Indeks.
Simanungkalit, P. N. B. (2023). Hubungan Kegiatan Profil Pelajar Pancasila dengan Karakter Bergotong-royong Siswa kelas V Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v7i2.19154
Soro, S. H., Suherman, M., Mulyadi, B., Setiani, E. E., & Silviana, K. (2024). Strategi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Ibu Dewi 1 Kabupaten Cianjur. 5, 2305–2312.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, R&D dan Penelitian Terapan) (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.
Vitri, V., Grahito Wicaksono, A., & Hanafi, M. F. (2024). Analisis Profil Pelajar Pancasila pada Elemen Mandiri Untuk Membentuk Siswa Kelas II B di SD Negeri Joglo No 76 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).
Wahyuni, S. (2022). Manajemen Kolaborasi Antara Guru Dengan Peserta Didik Pada Kegiatan Belajar Mengajar Era New Normal Di Smp Negeri 1 Lhoksukon Aceh Utara. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.47887/amd.v3i2.93
Widyadhana, S. A., & Mashudi, E. A. (2024). Dampak Negatif Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4685–4694.
Yuliantika, L. R., Sudarmiani, & Widianti, N. A. (2024). Upaya Peningkatan Karakter Kreatif Peserta Didik Melalui Forida di Kelas V SDN Oro oro Ombo Tahun 2023/2024. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1–8.
Yuniardini, F., & Ar Rosyid, H. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Pada Masa Society 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 150–160.
Yuniarti, R., Hamzah, A., Febrieanitha Putri, Y., Dewi, K., & Marlina, L. (2024). Implementasi Dimensi Kreatif Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 1–14.
Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Konstruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Civic Hukum, 7(1), 71–87. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20582
Zuriah, N. et all. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK MUHAMMADIYAH 01. 9(November), 204–213.
Downloads
Published
2025-01-31
How to Cite
Nabiilah, L. N. S., Lutfiana, R. F., & Widodo, R. (2025). Penguatan Karakter Generasi Emas Indonesia Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 10(1), 31–42. https://doi.org/10.24269/jpk.v10.n1.2025.pp31-42
Issue
Section
Artikel
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.