Hubungan Tingkat Kedisiplinan Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Bone

Ismail Ismail* -  Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
Maming Genda -  Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
Ilham Ilham -  Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v10.n1.2025.pp11-20

Rendahnya taraf kedisiplinan dalam lingkungan persekolahan menimbulkan penurunan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan kedisiplinan dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Bone. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan mempunyai hubungan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI 4 SMA Negeri 12 Bone. Diperoleh nilai rata-rata tingkat kedisiplinan sebesar 95,81 dan nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 82,21. Hasil pengujian korelasi yang telah dilakukan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,039 < 0,05 sehingga data menunjukkan bahwa ada hubungan antara prestasi belajar dan kedisiplinan siswa SMA Negeri 12 Bone. Oleh sebab itu, tingkat kedisiplinan memiliki hubungan dan dampak yang baik terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Secara keseluruhan, siswa yang memiliki kedisiplinan dalam belajar serta mempunyai strategi belajar yang baik berimplikasi baik pula pada prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti hubungan variabel lain yang mampu mempengaruhi prestasi belajar siswa sebagai wujud dukungan untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.
Keywords
Kedisiplinan, Pelajaran PPKn, Prestasi Belajar
  1. Abadiah, S. (2022). Hubungan Penerapan Kedisiplinan Dengan Penumbuhan Minat Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 27 Barru. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(2), 73–81.
  2. Anggraini, R., & Sukma, D. (2024). Hubungan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. MASALIQ: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 4(3), 750–759. https://doi.org/10.58578/masaliq.v4i3.3069
  3. Anastasya, D. (2017). Kinerja Guru Serta Faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Guru. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66.
  4. Arfandi. (2022). Strategi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Managiere: Journal of Islamic Education Management, 1(2), 253. https://doi.org/10.35719/managiere.v1i2.1780
  5. Alkhaira, S., Aina Khairunisa, G., Buzarmi, & Darhan Satria, T. (2024). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6020–6080.
  6. Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805
  7. Atnawi, A. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di Sdn Murtajih Pamekasan. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.31102/alulum.6.2.2019.1-10
  8. Aulia, G. R. (2021). Pengaruh Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 23(1), 105–120. https://doi.org/10.24252/jumdpi.v23i1.19749
  9. Ayatullah. (2020). Pendidikan Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2, 218–239. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
  10. Bagus Trio Efendi, M., Kinanthy Karamoy, Y., & Nur Budiono, A. (2024). Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 7(1), 50–58. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS
  11. Charolina, T. J. (2022). Hubungan Antara Karakteristik Belajar Dengan Prestasi Belajar Informatika Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 4 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Teknologi https://ejournal.upr.ac.id/index.php/jtekpend/article/download/7724/4285
  12. Elly, R. (2018). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 3(4), 43–53. https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7540%0A%0A
  13. Elywarni, Sa, M., & Isna Alfaien, N. (2024). Hubungan Kedisiplinan Siswa dengan Hasil Belajar Akidah Akhlak di MTSN Kota Bogor Tahun 2023. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 1536–1546. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i4.722
  14. Fidyaningrum, R. A., & Prasetiyo, W. H. (2023). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Kurikulum Merdeka. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 87–96. https://doi.org/10.24269/jpk.v8.n2.2023.pp87-96
  15. Fitri, S. F. N. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Mencegah Degradasi Moral. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 96–102.
  16. Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Ilmu Sosial , 2(April 2020), 36–42. https://almasdi.staff.unri.ac.id/files/2014/02/Potensi-PKS-dan-produk-turunannya-di-Riau.pdf
  17. Harianto, R. P., Zakiah, L., & Sumantri, M. S. (2024). Tingkat Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 165–173.
  18. Hasan, Putra, A., Amin, M., & Astuti, K. P. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(2), 39–44.
  19. Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
  20. Kurniasih, F., & Wijaya, H. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sdn Embung Tangar Kecamatan Praya Barat. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 326–334. https://doi.org/10.58258/jupe.v4i5.937
  21. Lina, H. H. U. (2021). Menumbuhkan Karakter Tanggungjawab AUD melalui Recalling Hadist Kebersihan di TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(4), 309–317.
  22. M Teguh Saefuddin., & Tia Norma Wulan. (2023). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKN Siswa Kelas IX SMPN 1 Lape. Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.
  23. Meyuline, C., Maksum, H., Rifdarmon, Dani Saputra, H., & Alam Kasuma, B. (2024). Korelasi Antara Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TSM di SMK N 1 Padang Gelugur Correlation Between Learning Discipline and Learning Achievement of Class XI TSM Students at SMK N 1 Padang Gelugur. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(3), 263–274. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.180
  24. Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.
  25. Naibaho, D. E., Sipayung, R., & Sofia Tanjung, D. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri 24 Tanjung Bunga. SEJ (School Education Journal, 10(4).
  26. Nailatsani, F., Setiawan, F., Aryulina, D. A., Husaini, A. Al, & Harjanti, G. Y. N. (2021). Pengaruh Manajemen Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama terhadap Prestasi Belajar. Arzusin, 1(1), 18–31. https://doi.org/10.58578/arzusin.v1i1.104.
  27. Nugraheni, R. (2022). Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa SLTA di Purbalingga. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 65–72. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/68435
  28. Ridatul Maria, S. (2024). Adakah Hubungan Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar? Walada: Journal of Primary Education, 3(1), 16–28.
  29. Rudianas Tiasari, C., Suhendra, & Kasman, R. (2024). Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SD Negeri Nanggerang 01. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 620–627.
  30. Sari, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.107
  31. Utami, P., & Welas. (2019). Hubungan Tingkat Kedisiplinan Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Di SMP Negeri Satu Atap 1 Cipaku. 10(2), 71–76.
  32. Wibowo, D. E. (2024). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Ipas Kelas Iv Sd Negeri Se-Kecamatan Martapura Timur. Jurnal Tahsinia, 5(3), 333–346.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-10-01
Published: 2025-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: