Pengaruh Persepsi, Pemahaman Investasi, dan Pelatihan terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Di Ponorogo)

Alma Fuadzin Dzilmantoro* -  Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Ardyan Firdausi Mustoffa -  Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Nurul Hidayah -  Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/japp.v4i1.5720

Investasi merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara. Kita sebagai generasi muda memiliki peran yang penting untuk ikut andil dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi negara kita ke arah yang lebih baik, salah satunya yaitu dengan ikut serta mensukseskan program pemerintah dalam hal peningkatan jumlah investor baru dikalangan generasi muda khususnya pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi, pemahaman investasi dan pelatihan terhadap minat investasi mahasiswa di Ponorogo. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di Ponorogo dengan pertimbangan berstatus sebagai mahasiswa aktif tahun akademik 2020/2021 di Perguruan Tinggi di Ponorogo dimana perguruan tinggi tersebut memiliki Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, yang berjumlah 4814 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, dari hasil perhitungan diperoleh sampel sebesar 98 sampel mahasiswa. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dengan skla pengukuran likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, artinya semakin baik persepsi seseorang tentang investasi maka akan semakin tinggi pula minat berinvesatsi di pasar modal. Pemahaman investasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, artinya semakin baik pemahaman investasi seseorang maka akan semakin tinggi minat berinvesatsi di pasar modal. Pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, artinya semakin baik pelatihan yang dilakukan maka akan meningkatkan minat dalam berinvestasi. Persepsi, pemahaman investasi dan pelatihan berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap minat investasi. Artinya semakin baik persepsi, pemahaman investasi dan pelatihan, maka akan meningkatkana minat seseorang dalam berinvestasi.”
Keywords
Capital Market, Investment Interest, Perception, Investment Understanding, Capital Market Training
  1. Aditama, R. R., & Nurkhin, A. (2020). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Dengan Pengetahuan Investasi Dan Manfaat Investasi Sebagai Variabel Intervening. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 27-42. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej/article/view/38922 diakses pada tanggal 23 Desember 2021
  2. Asriana, N., Bacmid, S., Syaifullah, M. S., & Jalil, A. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Modal Minimal Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 3(2), 82-100. http://jurnaljipsya.org/index.php/jipsya/article/view/50 diakses pada tanggal 29 November 2021
  3. Cahya Putri, L. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi, Literasi Keuangan, Dan Modal Minimal Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). http://eprints.umpo.ac.id/6615/ diakses pada tanggal 29 November 2021
  4. Galeri Investasi BEI. www.idx.co.id/produk/galeri-investasi-bei-komunitas-pasar-modal/ diakses pada tanggal 29 November 2021
  5. Hasanudin, H., Nurwulandari, A., & Safitri, R. K. (2021). Pengaruh Pegetahuan Investasi, Motivasi dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Keputusan Investasi yang Dimediasi Oleh Minat Investasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3),494-512. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1575 diakses pada tanggal 29 November 2021
  6. Jaenudin, J., & Sukardi, H. A. (2021). Pengaruh Persepsi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Saham di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan (JEMPER), 3(2), 125-133. http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/jemper/article/view/743 diakses pada tanggal 29 November 2021
  7. Japar, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal Dan Motivasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Feb Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Jurnal Ilmiah Neraca FEB-UMPP, 15(1), 1-13. http://repository.ump.ac.id/10116/ diakses pada tanggal 29 November 2021
  8. Kaidah, N. (2019). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Investasi Terhadap Minat Investasi Saham Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/5836/1/SKRIPSI%20NUR%20KAIDAH.pdf diakses pada tanggal 2 Januari 2022
  9. Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis pengaruh pengetahuan investasi, pelatihan pasar modal, modal investasi minimal dan persepsi risiko terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal (studi pada PT Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 2(1), 49-70. https:// jurnal.polines.ac.id / index.php / akunbisnis / article / view/ 1524 diakses pada tanggal 29 November 2021
  10. Mahendrayani, P. Y. (2021). Pengaruh Pemahaman Investasi, Penggunaan Teknologi Media Sosial Dan Hubungan Pertemanan Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://repo.undiksha.ac.id/6887/ diakses pada tanggal 29 November 2021
  11. Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2015). Kemampuan pelatihan pasar modal memoderasi pengaruh pengetahuan investasi dan penghasilan pada minat berinvestasi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 10(2), 105-118. https:// ojs.unud.ac.id / index.php / jiab / article/download/16825/11092 diakses pada tanggal 29 November 2021
  12. Mumtaz, Fahmi. (2010). Investasi: Keinginan atau Kebutuhan? Available from : www.mumtaz.wordpress.com
  13. Nurlaily, A. E. (2020). Analisis Minat Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo Untuk Berinvestasi BEI IAIN Ponorogo (Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo) http://etheses.iainponorogo.ac.id/10389/ diakses pada tanggal 23 Desember 2021
  14. Rahmadana, M. F., Rozaini, N., & Ramdansyah, R., (2019). Risiko Sistemik Perbankan Syariah Di Indonesia. Yayasan Kita Menulis.
  15. Ssunariaraswati, H. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pasar Saham Di Indonesia. JAD: Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara, 3(2), 153 163. https:// lms.stiedewantara.ac.id /index.php/ JAD/article/view/696 diakses pada 7 Agustus 2022
  16. Saraswati, K. R. A., & Wirakusuma, M. G. (2018). Pemahaman atas investasi memoderasi pengaruh motivasi dan risiko investasi pada minat berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi, 24(2), 1584-1599. https:// ojs.unud.ac.id /index.php/Akuntansi/article/view/38835 diakses pada tanggal 29 November 2021
  17. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
  18. Sunariyah. (2011). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP STIM YPKM
  19. Undang-Undang No.8 tahun 1995 tentang Pasar Modal
  20. Wawancara Penanggungjawab Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo Bapak La Ode Sugianto S.pd, MM pada tanggal 7 Juni 2022.
  21. Wibowo, A. (2019). Pengaruh pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal investasi, dan pelatihan pasar modal terhadap minat investasi (Studi kasus mahasiswa FE Unesa yang terdaftar di Galeri Investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 198. https://core.ac.uk/download/pdf/230764342.pdf diakses pada tanggal 6 Juli 2022

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-08-16
Published: 2024-11-29
Section: Articles
Article Statistics: