Penerapan Metode Peramalan (Forecast) Penjualan pada Dzikrayaat Business Center Ponorogo

Retno Widya Pramesti* - 
Rosyida Rahma Izzati - 

DOI : 10.24269/japp.v2i1.4894

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peramalan (forecasting) penjualan” dan metode apa yang tepat digunakan untuk meramalkan penjualan pada Dzikrayaat Business Center Ponorogo untuk “menentukan target penjualan di masa yang akan datang sehingga tidak terjadi kelebihan maupun kekurangan persediaan atau stock barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui media perantara, yaitu berupa dokumentasi seperti data penjualan” bulan Januari sampai dengan Juli 2021 serta studi pustaka . Hasil perhitungan peramalan (forecast) penjualan baju koko modern menggunakan “Metode Trend Setengah Rata-Rata, Metode Trend Moment, Metode Trend Kuadrat Terkecil” untuk periode bulan Agustus 2021 sampai Desember 2021 selalu mengalami peningkatan pada penjualan produknya. Namun berbeda jika menggunakan Metode Trend Garis Lengkung penjualan produk terus mengalami penurunan setiap bulannya.Untuk metode yang tepat digunakan adalah menggunakan Metode Setengah Rata-Rata, karena Metode ini memiliki nilai SKP terkecil dari pada meode lainnya yaitu sebesar 81,054.

Keywords
Sales Forecasting Method, Standard Forecasting Error (SKP)
  1. Adisaputro, G dan Marwan A. 2013. Anggaran Perusahaan. 2nd ed. BPFE. Yogyakarta. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. Data UKM Online di pukm.jatimprov.go.id/info/dataukm diakses pada 09 November 2021.
  2. Heizer dan Render. 2011. Operating Management edisi ke-9 Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba empat.
  3. Iik, A. 2017. Analisis Penerapan Forecasting dalam Penentuan Anggaran Penjualan dan Implementasinya Terhadap Peningkatan Penjualan Perusahaan. Jurnal Manajemen4(1).
  4. Kasmir. 2017. Pengantar Manajemen Keuangan. 2nd ed. Kencana. Jakarta.
  5. Kusumastuti Endah et al. 2021. Analisis Perbandingan Tiga Metode Peramalan Penjualan Pada UMKM Adorable Project. Jurnal of Accounting and Finance 6(02): 107-117.
  6. Mulyani, S et al. 2021. Analisis Metode Peramalan (Forecasting) Penjualan Sepedah Montor Honda dalam Menyusun Anggaran Penjualan pada PT Trio Montor Martadinatan Banjarmasin. JurnalEkonomi dan Bisnis 14(1): 178-188.
  7. Nafarin, M. 2015. Penganggaran Perusahaan. 3nd ed. Salemba Empat. Jakarta.
  8. Sugiyono. 2019. Metode Kuantitatif Kualitatif dan R&D. 2nd ed. Alfabeta. Bandung.
  9. Swasta, Basu. Manajemen Penjualan. 3nd ed. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-02-11
Published: 2022-07-14
Section: Articles
Article Statistics: