Pengetahuan Remaja Awal dalam Menghadapi Menarch

Ririn Ratnasari* -  , Indonesia

DOI : 10.24269/ijhs.v2i2.1399

RINGKASAN

PENGETAHUAN REMAJA AWAL DALAM MENGHADAPI MENARCH

Ririn Ratnasari

Universitas Muhammadiyah Ponorogo

 

Pubertas merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanak dan dewasa. Tidak ada batas tajam antara akhir masa kanak-kanak dan awal masa pubertas, akan tetapi dapat dikatakan pubertas mulai dengan awal berfungsinya ovarium. Pubertas berakhir pada saat ovarium sudah berfungsi dengan mantap dan teratur. .Menstruasi pertama atau menarche adalah hal yang wajar yang pasti dialami oleh setiap wanita normal. Dari berbagai ciri pubertas tersebut, menarche merupakan masalah yang  mendasar  antara pubertas pria dan pubertas wanita. Berbagai perubahan selama pubertas bersamaan dengan terjadinya menarche meliputi thelarche (perkembangan payudara), adrenarche (pubarche atau perkembangan rambut aksila dan pubis), pertumbuhan tinggi badan lebih cepat, dan perubahan psikis.

Penelitian ini betujuan mengetahui pengetahuan remaja awal dalam menghadapi menarch. Desain Penelitian yang di gunakan adalah deskriptif dimana peneliti ingin mengetahui pengetahuan remaja awal dalam menghadapi menarch.

Hasil penelitian didapatkan 9 responden (25.7%) berpengetahuan baik, 10 responden ( 28,6%) berpengetahuan cukup, 16 responden berpengetahuan kurang.

Hasil penelitian direkomdesikan bagi peneliti selanjutnya agar bisa digunakan untuk bahan penelitian lebih dalam lagi tentang menarch pada remaja, mengingat masih terbatasnya penelitian tentang remaja

Supplement Files

Keywords
pengetahuan, remaja, menarch
Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (71KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2018-12-18
Published: 2019-03-26
Section: Artikel
Article Statistics: