Pengaruh Risiko Bisnis, Pertumbuhan Penjualan dan Umur Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan

Agus Fuadi* -  Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
Vista Yulianti -  Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
Ani Fitria Noor -  Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
Tarisya Anggraeni Putri -  Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v5i2.6154

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko bisnis, pertumbuhan penjualan, dan umur perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 (JII70). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pertumbuhan penjualan dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

  1. Afinindy, I., Salim, U., & Ratnawati, K. (2021). The Effect of Profitability, Firm Size, Liquidity, Sales Growth on Firm Value Mediated Capital Structure. International Journal of Business, Economics and Law, 24(4), 15–22.
  2. Anggasta, G., & Suhendah, R. (2020). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dividen dan umur perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanegara, 2(April), 586–593.
  3. Arifudin, O., Wahrudin, U., & Rusmana, F. D. (2020). MANAJEMEN RISIKO - Google Books. Widiana Bhakti Persada Bandung.
  4. Dewi, & Sujana, I. K. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26, 85. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i01.p04
  5. Diantari, K. I., & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Opini Auditor dan Pertumbuhan Penjualan Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26, 1103. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i02.p10
  6. Dinayu, C., Sinaga, D. ana, & Sakuntala, D. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Kimia Yang Di Indonesia. Fidusia : Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.24127/jf.v3i1.465
  7. Franita, R. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance dan Nilai Perusahaan. Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.
  8. Ginting, F. G., & Saerang, I. S. (2020). PENGARUH RISIKO BISNIS, RISIKO FINANSIAL DAN RISIKO PASAR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA BANK BUMN PERIODE TAHUN 2011-2018. Maramis… 252 Jurnal EMBA, 8(1), 252–261.
  9. Hanggraeni, D. (2021). Manajemen Risiko Bisnis dan Environmental, Social, and Governance (ESG ... - Dewi Hanggraeni - Google Buku. PT Penerbit IPB Press.
  10. Hidayat, M. (2018). PENGARUH MANAJEMEN PAJAK, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKU- RAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2014-2016. 12(1), 60–71.
  11. Hidayat, T., Yahya, A., Hardiyanti, P., & Permatasari, M. D. (2022). Kebijakan Deviden dan Hutang Serta Keputusan Investasi Dalam Mempengaruhi Nilai Perusahaan ( The Influence Of Divident Policies , Debt Policies , and Investment Decicions on Company Value ) Abstrak. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(01), 57–68.
  12. Indrastuti, D. K. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi TSM, 1(1), 117–126.
  13. Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Corporate Governance: Values, Ethics and Leadership, 77–132. https://doi.org/10.2139/ssrn.94043
  14. Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada.
  15. Linanda, R., dan Afriyenis, W. (2018). Pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap harga saham. Urnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 135–144.
  16. Maralis, R., & Triyono, A. (2019). Manajemen resiko. Deepublish.
  17. OJK. (2019). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2019 Sinergi Dalam Membangun Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah. Otoritas Jasa Keuangan, 53(9), 18.
  18. Paradila, V. R. I., Wijaya, A. L., & Widiasmara, A. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Size Perusahaan, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur sektor Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2017). Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi I, 1, 617–635.
  19. Putri, A. A., & Yuhelmi. (2021). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Umur Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. 8(5), 55.
  20. Putri, P. S. U., & Dwija, I. G. A. M. A. (2016). Opini Auditor Sebagai Pemoderasi Pengaruh Good Corporate Governance Pada Nilai Perusahaan Perbankan Tahun 2012-2014. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17(1), 29–55.
  21. Rely, G., & Arsjah, R. J. (2018). An effecting of foreign ownership structure in firm value towards offshore debt financing in manufacturing firms. Research Journal of Finance and Accounting, 9(12), 46–56.
  22. Saefudin, S., & Gunarsih, T. (2020). Apakah Faktor Eksternal Memprediksi Underpricing Lebih Baik Dibandingkan Faktor Internal? Studi Initial Publik Offering Di Bei Tahun 2009-2017. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1). https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i1.28178
  23. Saputri, N., Mulatsih, L. S., & Trianita, M. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Kepemilikan, Pertumbuhan Penjualan, Risiko Bisnis, dan Earning Per Share terhadap Nilai Perusahaan.
  24. Sigar, P., & Kalangi, L. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 3029–3039. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24054
  25. Suffah, R., Riduwan, A., & (Institution), S. T. I. E. I. (STIESIA) S. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Deviden Pada Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(2), 1–17.
  26. Sulistyo Rahayu, V., Indah Mustikowati, R., & Suroso, A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21067/jrmm.v6i1.4467
  27. Sumiati, & Indrawati, N. K. (2019). Manajemen Keuangan Perusahaan - Google Books. UB Press.
  28. SUSANTI, A., WAFIROTIN, K. Z., & HARTONO, A. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode Tahun 2011-2016. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 11. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.236
  29. Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTI. 6(3), 1248–1277.
  30. Tamba, E. C., Pandiangan, L., Ginting, R. N., & Sitepu, W. R. B. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Likuiditas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Owner (Riset Dan Jurnal Akuntansi), 4(2), 485. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.294
  31. Tunggal, C. A., & Ngatno. (2018). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Dan Umur Perusahaan Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Tahun 2014- 2016) Pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 141–157.
  32. Wahyuni, E. S., & Yuniati, T. (2018). PENGARUH RISK MONITORING COMMITTEE DAN BUSINESS RISK. 1–18.
  33. Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR) - Google Books. Myria Publisher.
  34. Yulianto, & Widyasasi. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanegara, 2, 576–585.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-11-22
Published: 2022-12-31
Section: Articles
Article Statistics: