Strategi Membangun Ketahanan Home Industry Unggulan Pariwisata di Destinasi Super Prioritas Mandalika

Angga Sulaiman -  Universitas Nasional, Indonesia
Bhakti Nur Avianto* -  Universitas Nasional, Indonesia
Ahmad Muksin -  Universitas Nasional, Indonesia
Ian Zulfikar -  Universitas Nasional, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v4i1.3870

Makalah ini bertujuan menemukan pola keputusan strategis sebagai upaya untuk membangun ketahanan industri rumahan atau home industry unggulan produk pariwisata di kawasan ekonomi khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan SWOT-AHP yang diharapkan dapat mengungkapkan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola keputusan yang diambil dapat diprediksi keberhasilannya dilihat dari total skor gabungan analisis faktor eksternal dan internal ditunjukkan pada posisi keputusan Kuadran I Artinya keputusan tersebut berada pada kriteria prioritas tinggi untuk dilakukan jika upaya yang dilakukan yaitu: memaksimalkan potensi kekuatan internal berlimpahnya sumber daya manusia dengan meminimalisir kelemahan rendahnya keterampilan tenaga kerja untuk memanfaatkan peluang segmentasi pasar secara luas, sekaligus menghindari ancaman eksternal persaingan industri besar baik dalam maupun luar negeri. Makalah ini memberikan wawasan empiris tentang bagaimana perubahan keputusan yang dibawanya berdampak membangun citra internal Kota Mandalika sebagai destinasi super prioritas pariwisata, namun karena pendekatan penelitian yang dipilih terbatas, diharapkan peneliti lainnya dapat membantu untuk menguji proposisi hasil peneltian yang diajukan lebih lanjut.

 

Kata Kunci : Keputusan Strategis, Faktor Eksternal, Faktor

                       Internal, Home Industry.

  1. Amalia, R., Rakhmawati, L., Afrida, A., dan Pribadi, J. 2019. New Venture Competitive Advantage and Performance: The Role of Strategic Entrepreneurship, Proceedings of the 2nd Aceh Global Conference on Business Economic and Sustainable Development Trends (AGC-BEST) 2019, October 17-18,2019, Banda Aceh, Indonesia.
  2. Ananda, R., 2016. Peran Home Industri dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Kripik di Kelurahan Kubu Gadang). Jurnal Penelitian Mahasiswa - FISIP, 3(2), pp. 1-15.
  3. Briner, R., dan Denyer, D. 2012. Systematic Review and Evidence Synthesis as A Practice and Scholarship Tool, The Oxford Handbook of Evicdence-Base Management (pp 112-129). New York, NY: Oxford University, https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199763986.013.0007
  4. Darajat, A.A., Rizal, M., dan Arifianti, R. 2020. Mengupas Type Models, Frameworks, Dimensi dan Definisi Literatur Review Enterpreneurial Marketing 10 Tahun Terakhir. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 3(1), pp.22-36, DOI: https://doi.org/10.35138/organum.v3i1.63
  5. Fahmi, I., 2014. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. 2nd ed. Bandung: Alfabeta.
  6. Fawaid, A., dan Fatmala, E., 2020. Home Industry sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat. Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 14(1), pp. 110-127.
  7. Gürel, E. and Tat, M., 2017. SWOT Analysis: A Theoritical Review. International Journal of Social Research, 10(51), pp. 994-106.
  8. Harimurti, H. 2012. Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta: BPFE.
  9. Helms, M.M., Rodriguez, M.A., Rios, L.D.L., and Hargrave, W.B, 2011. Enterpreneurial Potential in Argentina: A SWOT analysis. Competitiveness Review, 21(3), pp. 269-287.
  10. Kartasasmita, G., 2012. Pembangunan Untuk Rakyat Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. 9th ed. Jakarta: CIDES.
  11. Korsgaard, S.R., Muller, S., and Tanvig, H.W., 2015. Rural Enterpreneurship in the Rural-betwen Place and Space. International Journal of Enterpreneurial Behavior & Research, 21(1), pp. 5-26.
  12. Kotler, P., and Keller, K.L., 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Indeks.
  13. Muliawan, J.U. 2011. Manajemen Home Industri: Peluang Usaha di Tengah Krisis. Yogyakarta: Banyu Media.
  14. Oreski, D., 2012. Strategy development by using SWOT – AHP. TEM Journal, 1(4), pp. 283-291.
  15. Park, A., and Wang, S, 2010. Community-based Development and Poverty alleviation: An Evaluation of China's poor village investment Progam. Journal of Public Economic, 94(10), pp. 790-799.
  16. Pramitha, D., 2020. Revitalisasi Kepemimpinan Kolektif Kolegial dalam Membangun Efektivitas Komunikasi Organisasi Pesantren (STudi Interaksionisme Simbolik di Pondok Pesantren Jombang). Journal Evaluasi, 4(1), pp. 45-69.
  17. Pramitha, D., 2020. Revitalisasi Kepemimpinan Kolektif-Kolegial dalam Membangun Efektivitas Komunikasi Organisasi Pesantren (Studi Interaksionisme Simbolik di Pondok Pesantren Jombang). EvaluasiL Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), pp. 1-15.
  18. Rangkuti, F., 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara, Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. 9th ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  19. Riyansyah, F., Amin, D.E.S., and Aziz, R., 2018. Pemberdayaan Home Industry dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3(2), pp. 87-109.
  20. Setiawan, A. I., 2012. Dakwah Berbasis Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Kesejahteraan Mad’u. Ilmu Dakwah, 6(2), pp. 374-362.
  21. Steiner, A., and Teasdale, S., 2017. Unlocking the Potential of Rural Social Enterprise. Journal of Rural Studies, 70(1), pp. 144-154.
  22. Talika, 2020. Dispar NTB: Kunjungan Wisatawan Tahun 2019 Capai 3,7 Juta, Data BPS Selalu Berbeda. [Online] Available at: https://www.talikanews.com/2020/01/02/dispar-ntb-kunjungan-wisatawan-tahun-2019-capai-37-juta-data-bps-selalu-berbeda/[Accessed 23 03 2021].
  23. Thamrin, H., Herlambang, R.,Brylian B., Gumawang, A.K.A., and Makmum, A., 2017. A SWOT analysis tool for Indonesian Small and Medium Enterprise. Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), pp. 620-625.
  24. Vaidya, O. and Kumar, S., 2006. Analytic Hierarchy Process: An Overview of Applications. European Journal of Operation Research, 169(1), pp. 1-29.
  25. Yin, R., 2014. Case Study Research and Methods. 5th ed. California: Thousand Oaks.
  26. Sumber Lain:
  27. Profil Kota Mandalika, 2019. Dinas UMKM dan Koperasi Kabupaten Lombok Tengah.
  28. Suara Lombok News, 2020. Dampak Covid-19 Kamar Hotel di Mandalika Banting Harga URL: https://www.suaralomboknews.com/dampak-covid-19-kamar-hotel-di-mandalika-banting-harga [Accessed 23 03 2021]

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-05-29
Published: 2021-06-26
Section: Articles
Article Statistics: