Kontribusi Pemasaran Pengalaman dan Ekuitas Merek dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Yamaha

Ilham Ilham* -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
Fitri Kumalasari -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
Hanif Kurniadi -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v7i1.9252

Penelitian ini berfokus untuk mengeksplorasi dampak pemasaran pengalaman dan ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan terhadap sepeda motor merek Yamaha di dealer Hasjrat Abadi Cabang Kolaka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh pelanggan yang pernah melakukan pembelian sepeda motor merek Yamaha di dealer Hasjrat Abadi Cabang Kolaka. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 140 orang. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling berbasis varian Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran pengalaman berdampak secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan terhadap sepeda motor merek Yamaha di dealer Hasjrat Abadi Cabang Kolaka. Hal ini terbukti dengan nilai estimasi sampel asli yang menunjukkan pengaruh positif sebesar 0.353. Selain itu, ekuitas merek juga memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan terhadap sepeda motor merek Yamaha di dealer Hasjrat Abadi Cabang Kolaka. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar 2.801 >164, dengan taraf signifikansi p-value 0,003 < 0,05 untuk pemasaran pengalaman, dan nilai estimasi sampel asli yang menunjukkan pengaruh positif sebesar 0.429. Hal ini juga didukung oleh nilai t-statistik sebesar 4.165 >164, dengan taraf signifikansi p-value 0,000 <0,05 untuk ekuitas merek.

  1. Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.687
  2. Asbar, Y., Siregar, W. H., & Lestari, S. A. (2020). Analisis experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan ayam penyet di kota Lhokseumawe. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(1), 39–47. https://doi.org/10.24036/jkmb.10890100
  3. Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2020). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan OVO pada Masa Physical Distancing. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.24269/asset.v3i1.2652
  4. Diana, R., & Mardian, I. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas. Jurnal Manajemen, 13(2).
  5. Hutajulu, M., Tawas, H., & Rogi, M. (2022). Pengaruh Experiental Marketing, Kualitas Makanan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Pada Ayam Geprek Bensu Manado. 2109 Jurnal EMBA, 10(4), 2109–2120.
  6. Ismanto, Stiadi, M., & Sukardi, U. (2023). Perceived Brand Value and Consumer Involvement On Brand Loyalty. Cemerlang, 3(4), 42–52.
  7. Juliana, J. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Pada Pengguna Sepatu Nike di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(4), 11–18. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i4.4986
  8. Kurniadi, H. (2023). Penilaian Produk dan Gratis Biaya Kirim Pada Keputusan Pembelian di Shopee. Buletin Studi Ekonomi, 28(02), 220–228.
  9. Lestari, Y., & Djuwita, A. (2019). Pengaruh Experiental Marketing pada Loyalitas Pengguna Shopee ( Studi pada pengguna Shopee di Indonesia ). E-Proceeding of Management, 6(2), 5055–5068.
  10. Lina, I. N. R., Widodo, J., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi. Syntax Idea, 4(1).
  11. Manengkey, V. M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Experiental Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Kebun Strawberry D’MOOAT. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 64. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23558.64-71
  12. Muljani, N. (2021). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Studi pada Restoran Boncafe di Surabaya). Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 210–221. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index
  13. Perizky, A. (2021). Analisis Pengaruh Experiental Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di PT. Pos Indonesia Pekanbaru. Bahtera Inovasi, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.31629/bi.v5i1.3538
  14. Ramdani, C. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Lotte Indonesia. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 5(4), 969–977. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i4.572
  15. Rindengan, C. M., Mananeke, L., & Poluan, J. (2018). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Karombasan di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2988–2997.
  16. Runiaty, R., & Muhajirin, M. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk Laptop Acer (Studi Kasus Pada Toko Johan Foto & Komputer Kota Bima). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1841
  17. Saputro, A. M., Riawan, R., & Kristiyana, N. (2023). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Salesman, Harga, dan Produk Kompetitor terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopiko di Costumer Base Retail. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.24269/asset.v6i2.8140
  18. Silfina, S., Titing, A. S., & Kurniadi, H. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Keterlibatan Konsumen terhadap Loyalitas Merek pada Produk Ms Glow. GLORY ( Global Leadership Organizational Research in Management, 1(4), 325–339.
  19. Soleh, A., Ermaini, E., Daniel, P. A., & Rahayu, Y. (2021). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Konsumen Store Berrybenka di Kota Jambi. Journal Development, 9(2), 77–95. https://doi.org/10.53978/jd.v9i2.180
  20. Sumilat, A. G., Mangantar, M., & Maramis, J. B. (2021). Komparasi Kinerja Keuangan pada Perusahaan Otomotif di BEI (Studi pada Perusahaan dengan Single Segmen Vs Multi Segmen) Comparison of Financial Performance in Automotive Companies on the Idx (Study on Companies With Single Segment Vs Multi Segment). Jurnal EMBA, 9(1), 787–796. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/32582/30808
  21. Sya’idah, E. H., Jauhari, T., Fauzia, I. N., & Safitri, M. N. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(3), 204. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i3.1106
  22. Syafruddin, M., & Junaid, M. R. (2019). Pengaruh Komunitas Merek dan Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Komunitas Suzuki Karimun di Makassar). Bongaya Journal of Research in Management, 2(2), 98–107. https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/index.php/BJRM
  23. Utomo, W., Triastity, R., & Susanti, R. (2019). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 19(3). https://doi.org/10.17651/ONOMAST.63.22
  24. Wijaya, S., & Wikurendra, E. A. (2022). Literature Review: Analisis Brand Equity terhadap Loyalitas Pelanggan Di Puskesmas. Human Care Journal, 7(1), 244. https://doi.org/10.32883/hcj.v7i1.1602
  25. Wijaya, V., & Chairy. (2019). Pengaruh Service Environment, Customer Knowledge dan Customer Relation Management terhadap Service Quality dan Dampaknya Terhadap Brand Equity. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2).
  26. Wiwik, W., & Julia, R. (2018). Pengaruh Experiental Marketing terhadap Loyalitas Pengunjung Taman Wisata Edukasi D’Kandang Depok. Ejournal.Bsi.Ac.Id, 2(1), 64–73. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2900/pdf
  27. Wonua, A. R., Astaginy, N., & Ismanto. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Karya Ilmiah Mahasiswa. Penerbit Literacy Institute.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-05-12
Published: 2024-06-15
Section: Articles
Article Statistics: