Analisis Implementasi Bauran Pemasaran dalam Perspektif Islam di Perusahaan Bintang Swalayan Ponorogo

Dhika Amalia Kurniawan* -  Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
Moch Dendhy Pratama -  University of Darussalam Gontor, Indonesia

Keberlangsungan suatu bisnis usaha mikro pada persaingan era globalisasi didukung oleh bagaimana maksimalnya pelayanan kepada konsumen. Namun, penerapan bauran pada swalayan umum tidak bias menjamin kehalalan dan kesyariah bagi konsumen muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pemasaran islam dan bauran pemasaran dalam perspektif Islam di Perusahaan Bintang Swalayan Ponorogo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Perusahaan Bintang Swalayan Ponorogo telah menerapkan sebagian nilai-nilai hikmah, kebutuhan, halal, persetujuan timbal balik, dan kesejahteraan (falah). Disamping itu, Perusahaan Bintang Swalayan Ponorogo juga telah menerapkan sebagian komponen bauran pemasaran dalam perspektif Islam yang meliputi : produk, harga, tempat dan promosi.

 

Kata Kunci : Nilai-Nilai Pemasaran Islam, Bauran Pemasaran dalam   Perspektif Islam, Bintang Swalayan Ponorogo

 

Supplement Files

  1. Abuznaid, S. (2012). Islamic Marketing: Addressing The Muslim Market. Journal An-Najah Univ. J. Res (Humanities), Vol. 26 No. 6.
  2. Akbar, D. A. (2016). Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus di PT. Bank BNI Syariah Cabang Palembang. Jurnal I-Economic, Vol. 2 No. 1.
  3. Alom, M. M., & Haque, M. S. (2011). Marketing: An Islamic Perspective. World Journal of Social Sciences, Vol. 1 No. 3.
  4. Amalia, D., & Abidin, M. Z. (2018). Pengantar Pemasaran Islam. Ponorogo: Unida Gontor Press.
  5. Arrisandi, M. R. (2020). Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal (Studi Kasus Produk Makanan dan Minuman di Bintang Swalayan Ponorogo). Ponorogo: IAIN Ponorogo.
  6. Asnawi, N., & Fanani, M. A. (2017). Pemasaran Syariah Teori, Filosofi, dan Isu-Isu Kontemporer. Depok: Rajawali Pers.
  7. Firmansyah, A. (2015). Analisis Implementasi Strategi Marketing Mix pada Manajemen Pemasaran Supermarket TIP TOP dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
  8. Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 7 No. 3.
  9. Jannah, M. (2018). Analisis Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing mix) Berbasis Syariah dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Produk Nozy Juice di Kota Banda Aceh. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.
  10. Mun'im, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Etika Bisnis Islam terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk PT. BERKAT MUKMIN MANDIRI SIDOARJO. Surabaya: Universitas Islam Negeri Surabaya.
  11. Nurhidayatuloh. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Ritel Modern dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
  12. Rahmat, A. (2011). Strategi Pemasaran Swalayan Pamella dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. 1 No. 2.
  13. Setiawan, W., & Sugiharto, S. (2014). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2 No. 1.
  14. Tyas, M. A. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Menjadi Mitra Perspektif Islam Pada BMT Bringharjo Cabang Madiun. Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 1 No. 7.

Full Text: Supp. File(s):
Tidak berjudul
Subject
Type Instrumen Riset
  Download (1MB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2021-04-27
Published: 2021-06-26
Section: Articles
Article Statistics: