Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen

Ivana Tita Dianamurti* -  STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, Indonesia
Dila Damayanti -  STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v6i1.7336

Saat ini industri perdagangan mengalami perkembangan yang sangat pesat dan persaingan yang cukup ketat, sehingga mengharuskan perusahaan untuk terus mempertahankan usahanya serta melakukan banyak inovasi agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi keinginan konsumennya. Faktor-faktor lain tak luput dari kualitas pelayanan juga menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan demi pengalaman belanja yang menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah harga, kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi penjualan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan teknik Non-Probability Sampling jenis Accidental Sampling, yakni pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, maka siapapun yang ditemui peneliti dapat dijadikan sampel apabila memeuhi syarat dan standar penelitian. Penelitian ini akan menggunakan populasi yaitu pengunjung Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta dan peneliti nantinya hanya menggunakan 100 responden dengan cara menyebarkan angket berupa quesioner. Dalam menganalisis datanya menggunakan uji SEM PLS. Hasil penelitian memperlihatkan jika harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, juga kepuasan konsumen secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sementara promosi penjualan tidak memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan keputusan pembelian.

  1. Al, S. et, 2017. kualitas pelayanan.
  2. Bahrudin, M., dan Zuhro, S., 2016. Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan E- Commerce. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 4(1), hal.36–52. https://doi.org/10.37012/jtik.v4i1.284.
  3. Denny Kristian & Rita Widayanti, 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Univeristas Kristen Krida Wacana”. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Vol.16, No.1.
  4. Guntur, D.E.M., 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.
  5. Hidayah, I.A., 2022. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produkterhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Toko Pakaian Jassy ( Itc Surabaya ). Jurnal Ilmu Riset Manajemen, 11(11), hal.1–17.
  6. Kotler, K., 2009. Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
  7. Kotler dan Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
  8. Leni Anggriani, N. dan Hamali Yusuf, A., 2020. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada Pt Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. Journal of Management, 3(Juni), hal.14.
  9. Martono, M., & Iriani, S.S., 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Batik Sendang Duwur Lamongan. Surabaya: UNESA.
  10. Ningtias, A.A. dan Budiarti, A., 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Bimbingan Belajar Alfagamma Surabaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(1), hal.1–16.
  11. Putri, R.Yo.T., 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Dimediasi Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Persaudaraan ART GLASS. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(7), hal.1–14.
  12. Safitri, R.A., 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, terhadap Keputusan Pembelian Gamis di Krajan. ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2).
  13. Sudarnice, Titing, A.S. dan Sriwahyuni, E., 2022. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Vivo (Studi Kasus pada Ziola Aneka Jaya Kolaka). ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1).
  14. Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  15. Tawas, H. dan Pandensolang, J., 2015. Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola Pada Pt. Bangun Wenang Beverges Company Di Manado. Jurnal Emba, 3(3), hal.1113–1124.
  16. Zakaria, D. dan S., 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 6,1-18.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-06-12
Published: 2023-07-07
Section: Articles
Article Statistics: